person in charge adalah

Definisi Person In Charge Adalah Serta Tugas Skill yang Diperlukan

Hingga saat ini masih banyak orang belum paham mengenai person in charge adalah. Di dalam dunia kerja, istilah PIC (person in charge) kerap didengar, namun tidak sedikit yang tahu.

Seperti apa saja tugasnya hingga kemampuan yang harus dimiliki seorang PIC. Pekerjaan tersebut mempunyai peranan yang sangat penting untuk tim, utamanya dalam mengatur jalannya sebuah proyek pekerjaan.

PIC merupakan orang yang punya tanggung jawab dalam sebuah perusahaan, baik departemen, proyek, atau tim. Tiap perusahaan pastinya punya PIC lengkap dengan tanggung jawab dan tugasnya masing-masing.

Posisi ini merupakan bagian penting di perusahaan, tapi masih kerap kali disalah artikan dengan supervisor. PIC ini ditunjuk langsung oleh manager perusahaan sesuai keterampilan dan skill yang dipunyainya.

Tugas Person In Charge Adalah

Salah satu tugas dari PIC ialah menyelenggarakan sebuah proyek, dalam hal ini Mereka bertugas mengontrol jalannya pekerjaan sesuai ketentuan. Keberhasilan dari kegiatan atau proyek dipengaruhi PIC.

Sebab mereka bertanggung jawab untuk merencanakan, mengontrol, serta melakukan semua kegiatan dengan baik. Jika seorang PIC tidak dapat mengorganisasikan serta mengelola tugas dengan baik, maka jalannya kurang maksimal.

Selain itu tugas lainnya ialah memberikan kritik, saran, serta ide mengenai sebuah proyek. Hal tersebut dilakukan agar bisa sukses sebab memerlukan analytical thinking yang baik sehingga dapat menghasilkan keberhasilan tinggi.

Selama proses penyelesaian proyeknya, tugas seorang person in charge adalah memberikan kritik mengenai pekerjaan dari timnya tersebut. Kemudian juga bertugas memberikan saran agar dapat memperbaiknya menjadi lebih baik lagi.

Ketika kinerja dari karyawan menurun, maka sebagai PIC Anda harus memberikan motivasi, baik dukungan moral, material, atau semangat. Ini nantinya bisa memberikan dorongan kerja lebih tinggi dari para pekerjanya.

Nantinya kemauan untuk bekerja juga bisa lebih tinggi dan memberikan hasil terbaik, bahkan keberhasilan sebuah proyek juga dapat terjadi. Ada pula tugas lain dari seorang PIC yakni mencari solusi permasalahan.

Biasanya seorang yang ada di posisi ini punya tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas, baik dalam jangka pendek maupun panjang. Ketika mengerjakan sebuah proyek, tentunya ada sejumlah masalah yang kerap dihadapi, jadi Anda tidak boleh panik.

Paling penting tugas person in charge adalah mencari solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah tersebut. Tentunya tanpa ada pihak yang dirugikan dan harus dapat meminimalisir risiko di mana bisa saja terjadi.

Baca juga: Apa itu Marcomm ? marcomm adalah profesi yang erat dengan pemasaran

Skill yang Harus Dimiliki Person In Charge

Memang tugas serta tanggung jawab dari seorang PIC lumayan berat. Sehingga jika Anda ingin menempati posisi ini, maka harus mempunyai skill yang menunjang untuk menyelesaikan semua tugas dan tanggung jawab tersebut.

Bukan hanya harus bisa mengatur serta mengelola jalannya proyek dengan bagus. Namun PIC juga membutuhkan skill lainnya yang dapat membantu mengerjakan semua tugas tanggung jawab, kemampuannya seperti berikut:

  • Komunikasi

Kemampuan pertama yang wajib dipunyai oleh PIC ialah melakukan komunikasi dengan baik. Hal ini mencakup bagaimana Anda menyampaikan informasi dengan efektif dan jelas kepada tim hingga pihak terkait lainnya.

Skill person in charge adalah bisa berkomunikasi dengan baik, sebab jika tidak dikhawatirkan menyebakan kesalahpahaman karena penyampaiannya kurang jelas. Jadi pekerjaan juga terhambat, jadi Anda harus bisa berkomunikasi dengan baik.

  • Pemecahan masalah

Jika Anda menggeluti pekerjaan ini, maka harus mampu menemukan solusi di tiap permasalahan tim. Agar dapat menjalankan hal itu, maka seorang person in charge harus punya kemampuan ini.

Skill seorang person in charge adalah problem solving yang baik. seperti mengidentifikasi sumber masalah, meminimalkan risiko, mencari solusi, serta melakukan pencegahan. Dengan kemampuan ini, PIC bisa menyelesaikan masalah dengan gampang.

  • Interpersonal

Keahlian satu ini didapat seseorang lewat proses latihan atau juga pengalaman. Interpersonal skill sendiri merupakan faktor penting untuk kesuksesan dari seorang person in charge.

Fokus dari interpersonal ini ialah kemampuan dasar seseorang dalam melakukan komunikasi, baik individu, kelompok, atau organisasi serta menyampaikan pendapatnya. Keahlian ini juga mencakup skill efektif mengelola diri ketika bekerja.

PIC merupakan seseorang yang tugasnya mengontrol jalannya sebuah proyek supaya dapat tercapai tujuannya. Posisi ini ditunjuk langsung oleh seorang ketua divisi agar pekerjaan bisa berjalan lancar.

Ketika melakukan semua tugas serta tanggung jawabnya, PIC juga kerap mengalami masalah, terutama managemen proyek. Tidak heran hal penting yang harus dipunyai person in charge adalah skill.

keyword: person in charge adalah

deskripsi: person in charge adalah seorang yang bertugas mengontrol jalannya proyek agar tujuannya tercapai, selain itu menjadi PIC juga harus punya skill.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!