kenapa skill problem solving penting dalam karir

Kenapa Skill Problem Solving Penting Dalam Karir?

Hampir sebagian besar jobseeker bertanya kenapa skill problem solving penting dalam karir. Sebab, kata problem solving tentu tidak asing bagi para jobseeker karena merupakan salah satu kualifikasi yang harus dipenuhi. Lalu, mengapa demikian?

Apakah problem solving yang dimaksud adalah sebuah cara untuk menyelesaikan masalah? Tentu saja tidak. Sebab, terdapat berbagai cara, langkah dan juga metode yang terdapat di dalamnya. Lalu, apa sebenarnya problem solving tersebut?

Mengenal Apa Itu Problem Solving

Sebelum Anda bertanya kenapa skill problem solving penting dalam karir alangkah baiknya jika mengetahui apa itu problem solving. Problem solving jika dilansir dari asq.org yaitu sebuah tindakan penyelesaian masalah dengan melakukan beberapa tahap mulai dari menentukan penyebab masalah, mengidentifikasi, memilih dan menerapkan solusi.

Sederhana yaitu sebuah kemampuan yang memiliki tujuan untuk menemukan solusi yang terbaik dari suatu masalah dengan cara mengidentifikasi penyebab dari masalah tersebut. Masalah tersebut memiliki dua atribut penting, diantaranya adalah :

1. Menemukan atau memecahkan hal yang tidak diketahui harus memiliki nilai sosial, budaya atau nilai intelektual. Yang artinya adalah seseorang percaya jika alangkah baiknya untuk menemukan atau mencari yang tidak diketahui.

Apabila tidak bisa merasakan atau tidak mengetahui apa yang tidak diketahui atau kebutuhan untuk menentukan yang tidak diketahui, tidak terdapat masalah yang bisa dirasakan.

2. Masalah merupakan sesuatu yang tidak diketahui dalam beberapa konteks. Yang artinya yaitu situasi dimana terdapat sesuatu yang tidak dapat diketahui. Sebagai contohnya adalah perbedaan antara keadaan tujuan dan keadaan untuk saat ini.

Kenapa Skill Problem Solving Penting Dalam Karir?

Setelah mengetahui makanan apa itu problem solving apakah Anda sudah mengetahui kenapa skill problem solving penting? Hal itu tentu tidak lepas dari setiap orang pasti sering berhadapan dengan masalah.

Permasalahan tersebut bisa berupa urusan pribadi hingga urusan pekerjaan. Setiap masalah juga memiliki tingkatannya sendiri-sendiri, mulai dari yang sederhana sampai ke masalah yang kompleks. Dengan memiliki skill problem solving maka Anda bisa mengidentifikasi masalah tersebut.

Selain itu Anda juga bisa mencari tahu mengapa tidak berjalan sesuai dengan harapan dan juga menentukan tindakan atau solusi untuk memperbaikinya. Yang pada akhirnya Anda bisa mengontrol kehidupan menjadi lebih baik.

Dengan memiliki skill problem solving juga terdapat kemungkinan untuk memanfaatkan sebuah masalah hingga menjadi peluang di kehidupan. Sebagai contohnya ketika ada masalah di tempat kerja, Anda dan anggota tim sedang mengalami sebuah masalah.

Kemudian, Anda memiliki inisiatif dengan cara menawarkan diri untuk mencari solusi yang terbaik atas masalah tersebut. nah, pada saat itulah Anda bisa menyelesaikannya, maka Anda bisa dianggap sebagai seorang problem solver.

Cara Mengasah Skill Proses Problem Solving

Sudahkah Anda memiliki jawaban kenapa skill problem solving penting dalam karir? Untuk mengasah skill problem solving tersebut tidak dapat dilakukan secara instan, melainkan memerlukan waktu dan pengalaman yang lama. Berikut beberapa cara untuk mengasah skill problem solving.

  1. Identifikasi Masalah

Langkah pertama yang dibutuhkan untuk mengasah skill problem solving adalah mengidentifikasi terlebih dahulu. Rahap ini membutuhkan analisis situasi identifikasi masalah, melakukan evaluasi mengapa masalah tersebut bisa terjadi dan penilaian siapa yang dipengaruhi oleh masalah tersebut.

Baca juga: Metode melakukan problem solving

  1. Mencari Solusi

Tahap yang selanjutnya untuk mengasah problem solving adalah dengan menghasilkan beberapa kemungkinan solusi yang bisa memperbaiki masalah tersebut. Pada langkah tersebut seorang problem solver seringkali melibatkan brainstorming dan prediksi.

Masalah yang bersifat kompleks biasa jarang bisa diselesaikan dengan solusi tunggal. Sehingga memunculkan beberapa intervensi potensial merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam tahap ini.

  1. Memilih Solusi yang Tepat

Kenapa skill problem solving penting dalam karir? Sebab dalam menyelesaikan masalah memerlukan solusi yang sesuai. Oleh sebab itu Anda harus berhati-hati dalam menganalisa setiap solusi dan juga memilih yang tepat.

Pada tahap yang ini memerlukan beberapa percobaan dan kesalahan. Sebab, tidak semua masalah akan sesuai dan juga memerlukan keterampilan dalam pengambilan keputusan yang kuat dan tepat.

Baca juga: Cara meningkatkan skill problem solving

  1. Pengimplementasian

Setelah satu solusi dipilih, langkah yang selanjutnya adalah menerapkan solusi untuk permasalahan tersebut. Harus terdapat tolak ukur yang ditetapkan dengan jelas yang nantinya berfungsi untuk menunjuk apakah solusi tersebut bisa berjalan dengan rencana apabila solusi tersebut tidak berhasil.

Dengan adanya skill problem solving memungkinkan untuk membentuk karyawan secara kognitif yang juga dilengkapi untuk menangani apapun yang diberikan di lingkungan kerja. Jadi, kenapa skill problem solving penting dalam karir? Hal itu tentu memiliki pengaruh yang besar terhadap karir. 


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!