Cara Meningkatkan Skill Problem Solving

8 Cara Meningkatkan Skill Problem Solving dengan Benar

Problem solving adalah skill yang akan sangat berguna ketika dihadapkan pada berbagai situasi dan masalah yang menantang dan tidak terduga di tempat kerja, bagaimana cara meningkatkan skill problem solving?

Jika Anda bertanya-tanya apa itu problem solving dan bagaimana cara memperbaikinya? Problem solving adalah tindakan penyelesaian masalah dengan menjalani beberapa langkah. 

Dimulai dengan mengidentifikasi penyebab masalah, memilih dan menerapkan solusi. Problem solving berarti mampu menemukan solusi terbaik untuk suatu masalah dengan mengidentifikasi penyebabnya. 

Bagaimana Cara Meningkatkan Skill Problem Solving

Seperti soft skill lainnya, keterampilan problem solving berkembang melalui pengalaman dan latihan, namun Anda tetap bisa melatih dan mengembangkannya. 

Jangan berkecil hati jika Anda merasa kurang pada kemampuan ini, ada beberapa cara meningkatkan skill problem solving yang dapat diaplikasikan.

  1. Lakukan Secara Bertahap 

Saat menghadapi masalah, jangan langsung fokus mencari solusi akhir, sebaliknya, lakukan secara bertahap. Pertama-tama Anda perlu mengidentifikasi masalah, carilah penyebabnya, dan menemukan solusi paling tepat.

Mengembangkan keterampilan berpikir strategis dan mampu mengambil keputusan yang bertanggung jawab akan dikembangkan secara bertahap. 

  1. Tidak Masalah Untuk Meminta Bantuan

Saat Anda tidak lagi bisa menemukan jalan keluar dari suatu masalah, bertanya kepada teman atau rekan kerja mungkin bisa menjadi jawabannya. Berbicara dengan orang lain dapat menawarkan ide dan sudut pandang fresh yang tidak akan pernah Anda miliki sendiri. 

Ada banyak jenis masalah atau pemicu stres, jadi penting untuk mendapatkan nasihat ahli dari orang yang Anda ajak berkomunikasi. Tetapi pertama-tama, Anda perlu mengetahui kepada siapa harus meminta bantuan atau diskusi. 

Jika Anda memiliki masalah tentang pekerjaan di bidang pemasaran, partner dari tim pemasaran bisa menjadi orang yang tepat untuk meminta pendapatnya. Cara meningkatkan skill problem solving tidak sulit bukan?

Baca juga: Manfaat networking di dunia kerja

  1. Mengubah Pola Pikir

Untuk belajar atau berlatih keterampilan problem solving, tentu harus mengubah pola pikir. Tidak ada yang mau mengambil tugas sulit atau membuat frustasi, melelahkan, atau tampaknya mustahil. 

Namun alih-alih berusaha menghindari masalah, Anda dapat memandangnya secara positif dengan melihatnya sebagai peluang untuk berkembang. 

Dengan demikian, mengubah pola pikir dapat membuat Anda merasa lebih ringan, sehingga dapat menganalisis masalah dengan lebih baik. Cara meningkatkan skill problem solving wajib diketahui semua bagi kalian jobseeker.

  1. Jangan Lupa Menggunakan Mind Mapping 

Mindmeister.com mengatakan bahwa dengan menyoroti tujuan, masalah, ide, dan poin tindakan dalam mind mapping, seseorang dapat melihat gambaran besar dan menemukan ide yang mungkin selama ini diabaikan.

Mind mapping juga dapat mempertajam pemikiran untuk mengatur ide-ide kreatif dan memungkinkan Anda menemukan solusi dengan lebih cepat. 

  1. Nikmati Setiap Langkah Proses 

Terkadang, karena kita terlalu fokus menyelesaikan masalah, kita lupa dengan apa yang sudah dilakukan dalam proses tersebut. Cobalah untuk menikmati setiap tahapan yang dilakukan, dan rasakan dampak positifnya bagi Anda atau lingkungan.

Karena Anda akan lebih mudah menghargai kemampuan yang ada pada diri sendiri. Ketika Anda dihadapkan pada suatu tantangan, sudah tahu seberapa besar kemampuan untuk memecahkan masalah tersebut. Cara meningkatkan skill problem solving penting untuk dipelajari.

Baca juga: Cara kerja di jepang

  1. Mulai Melibatkan Diri Pada Berbagai Proyek

Terkadang, agar keterampilan problem solving berkembang lebih jauh, Anda mungkin perlu menempatkan diri dalam berbagai situasi baru. Itu sebabnya Anda harus mencari peluang untuk menerapkan dan meningkatkan keterampilan problem solving. Salah satu fungsi ini mirip dengan menjadi sukarelawan untuk terlibat dalam proyek baru di dalam tim atau di luar kantor. 

  1. Mainkan Game Asah Otak 

Saat Anda memiliki waktu luang, tidak ada pembalikan mood, bermain game asah otak juga akan meningkatkan daya ingat dan kemampuan memecahkan masalah Anda. 

Catur, sudoku, rubik’s cube, dan game asah otak online lainnya adalah contoh game asah otak yang bisa kamu coba. Sudah paham mengenai cara meningkatkan skill problem solving?

  1. Lebih Fokus Pada Solusi, Bukan Masalah 

Jangan biarkan pikiran Anda terjebak pada masalah yang ada. Penelitian menunjukkan bahwa otak tidak dapat menemukan solusi jika Anda hanya fokus pada masalah. Pasalnya, saat Anda hanya fokus pada masalah, justru memicu respons neurologis negatif di otak. 

Yang akhirnya menimbulkan emosi negatif yang menghalangi Anda menemukan solusi yang sedang di cari. Tetap tenang saat menghadapi masalah, kemudian lihat masalah yang dihadapi dan fokuskan pikiran Anda pada solusi yang tepat. 

Bagaimana sudah paham? Anda mungkin sudah mengetahui bahwa keterampilan problem solving lebih dari sekadar sarana untuk meningkatkan performa kerja, tetapi juga dapat membantu Anda berpikir strategis tentang setiap masalah yang sedang dihadapi.

Itu dia beberapa cara yang bisa Anda aplikasikan dengan mudah. Cara meningkatkan skill problem solving wajib dipelajari, ketika masalah datang, sebagai pekerja, bisa segera mengatasinya dengan profesional.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.