Manfaat Networking Di Dunia Kerja

7 Manfaat Networking di Dunia Kerja dan Pengertiannya

Karier tidak hanya membutuhkan keterampilan dan kualifikasi, tetapi juga upaya untuk menjalin hubungan baik dengan orang lain, dan networking adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan upaya tersebut, apa manfaat networking di dunia kerja?

Sebagian besar dari Anda pasti pernah menjalin hubungan yang kuat saat bekerja, entah itu dengan atasan, rekan kerja, atau bahkan di luar kantor saat Anda menghadiri acara tertentu. 

Tapi apa sebenarnya arti networking? Mengapa orang ingin membangun networking di tempat kerja? Apa manfaat networking? Berikut kami akan menjawab pertanyaan Anda. Simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Baca juga: Cara kerja di jepang agar hidup lebih sejahtera

Mengenal Apa Itu Networking

Networking adalah proses membentuk koneksi dan hubungan dengan orang lain, menurut Universitas Columbia. Koneksi ini dapat memberi Anda nasihat tentang keputusan karier, atau bentuk bantuan lainnya.

Investopedia mendefinisikan jejaring sebagai pertukaran informasi dan ide antara orang-orang dengan pengalaman, latar belakang, dan minat yang sama. Berjejaring dapat memberi Anda keuntungan.

Menurut definisi di atas, para profesional biasanya berjejaring untuk menjalin kenalan baru, mencari pekerjaan baru, dan mengikuti perkembangan terkini dalam industri mereka dan dunia kerja secara keseluruhan. 

Apa Manfaat Networking di Dunia Kerja

Untuk informasi lebih lanjut, berikut adalah daftar manfaat networking di dunia pekerjaan yang bisa Anda peroleh. 

  1. Menumbuhkan Rasa Percaya Diri 

Manfaat networking di dunia kerja adalah kemampuan untuk meningkatkan rasa percaya diri Anda. Forbes melaporkan bahwa semakin efektif networking, semakin kuat rasa percaya diri Anda dari waktu ke waktu. Ini akan membantu Anda dalam presentasi pekerjaan, wawancara, atau tantangan komunikasi lainnya. 

  1. Peluang Baru Terbuka Lebar

Dalam karir Anda, secara alami ada peluang baru. Misalnya ada yang tertarik dengan keahlian Anda, maka dia menawarkan kesempatan untuk membuat startup atau perusahaan lain. 

Dalam dunia kerja, networking memiliki salah satu manfaat yang paling luar biasa. Jika tidak datang dari network yang sudah terbentuk, Anda tidak akan pernah tahu kapan peluang baru akan muncul. Jadi manfaat networking di dunia kerja sangat penting untuk diketahui.

  1. Saling Membantu 

Salah satu manfaat utama networking di tempat kerja adalah potensi untuk saling membantu. Ada kemungkinan besar Anda akan saling membantu di masa depan ketika memiliki hubungan yang kuat dengan rekan kerja di kantor Anda. 

Saat mencari pekerjaan, misalnya, Anda perlu memiliki referensi positif dari kolega dan sebaliknya, networking di luar kantor juga dapat mendukung karir Anda di masa depan. 

Saat menghadiri acara, kemungkinan besar Anda akan bertemu banyak orang, dari sana Anda dapat membangun hubungan dan bertanya tentang karier atau topik lainnya. 

Mungkin saja Anda akan saling membutuhkan di masa depan, baik dalam mencari pekerjaan atau dalam mengembangkan proyek bersama dari pertemuan ini. 

Baca juga: Perbedaan Google Spreadsheet dan Microsoft Excel

  1. Bertukar Ide

Anda Setiap orang memiliki ide yang unik. Orang yang Anda temui melalui networking dapat “berbagi ide”, yang dapat membantu Anda mencapai karir impian di masa depan, menurut seorang career addict. 

Karena banyak hal yang perlu diketahui, Anda dapat memperoleh pengetahuan melalui networking, bukan hanya kelas online atau internet. Anda juga dapat menemukan ide-ide baru yang belum pernah di miliki sebelumnya melalui obrolan dengan orang yang Anda kenal. 

  1. Selalu Ada Hal Positif

Kemungkinan, saat bekerja, Anda pernah merasa bosan atau bahkan tidak fokus. Jadi, dari networking yang telah terjalin, Anda dapat memberitahu mereka apa yang dirasakan saat ini. Mereka pasti akan memberi Anda nasihat yang akan membantu mendapatkan hal-hal yang lebih baik di dunia kerja. 

Penting juga untuk menjaga networking Anda untuk jangka panjang sehingga dapat mendukung karir profesional Anda. Bagaimana sudah paham mengenai manfaat networking di dunia kerja?

  1. Mendapatkan Promosi Jabatan

Networking tidak hanya bermanfaat dengan orang-orang di luar kantor, tetapi juga di dalam. Anda dapat membangun hubungan yang baik dengan atasan dan orang-orang di sekitar. 

Atasan atau manajer tentu akan menilai Anda berdasarkan relasi yang di bangun dalam konteks pekerjaan, serta sikap dan kemampuan dalam bekerja. Jika Anda bisa menunjukkannya dengan baik, ada kemungkinan Anda akan dipromosikan ke posisi yang lebih tinggi. 

  1. Membantu Dalam Berpendapat

Manfaat dari networking di dunia kerja selanjutnya adalah orang lain dapat dengan mudah mengenal Anda sekaligus ide-ide berlian. Semakin banyak networking, semakin baik keterampilan komunikasi Anda dari waktu ke waktu. 

Jadi, Anda bisa berbagi pendapat dengan orang-orang di sekitar dan menciptakan sesuatu yang positif. Manfaat networking di dunia kerja sangat penting, jadi Anda harus membangunnya dari bawah mulai sekarang.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.