Metode Melakukan Problem Solving

5 Metode Melakukan Problem Solving dengan Mudah

Banyak orang percaya bahwa problem solving adalah keterampilan yang dapat ditingkatkan dengan latihan, bagaimana metode melakukan problem solving? Ini adalah soft skill, tetapi problem solving dapat dipelajari seperti hard skill. Simak penjelasan di bawah ini untuk mendapatkan jawabannya. 

Problem solving adalah kemampuan untuk menemukan solusi dan semua hambatan di dunia pekerjaan. Semakin cepat dan efektif Anda dapat menguasai keterampilan ini, semakin baik Anda dapat mencapai tujuan Anda. 

Bagaimana Metode Melakukan Problem Solving

Metode dalam melakukan problem solving yang disebutkan dalam tips ini diadaptasi dari session lab dan Chanty, dan dapat digunakan untuk memecahkan masalah tersebut. 

  1. The 5 whys

The 5 whys adalah metode melakukan problem solving lain yang dapat Anda gunakan dengan kolega, di mana Anda hanya menunjukkan masalah yang harus dipecahkan. 

Setelah menanyakan The 5 whys, Anda dan tim harus menanyakan “mengapa” masalah ini terjadi. Bersiaplah, tetapi selalu objektif ketika menjawabnya, karena ini akan membantu Anda menyelesaikan masalah yang dihadapi. 

  1. Brainstorming

Brainstorming adalah metode melakukan problem solving yang ampuh untuk memecahkan masalah. Saat melakukan brainstorming, Anda dan rekan kerja menghasilkan solusi kreatif untuk suatu masalah. 

Sehingga teknik ini mendorong semua orang yang terlibat untuk membagikan ide mereka. Ketika sudah terkumpul, ide-ide tersebut dapat digabungkan atau diolah menjadi satu solusi besar. 

Baca juga: Cara meningkatkan skill problem solving

  1. 6 Thinking Hats

6 thinking hats adalah metodologi problem solving selanjutnya. Anda dan rekan kerja bergiliran mencoba menghadapi suatu masalah dari berbagai perspektif. Berikut adalah perspektif yang bisa kalian gunakan: 

  • Fakta dan data 
  • Hal positif dari sebuah solusi
  • Hal negatif dari sebuah solusi
  • Solusi yang kreatif

Fakta-fakta ini akan memotivasi dan mendukung Anda dalam menemukan solusi. 

  1. Lightning Decision

Dalam metode Lightning decision, Anda bersama rekan tim menulis mengenai tantangan, kesalahan, dan kekhawatiran dalam sebuah buku kecil. Setelahnya tim memilih masalah apa yang akan dipecahkan dan diajak untuk melihat hal tersebut dari sudut pandang baru. 

Ini memungkinkan Anda dan tim untuk mengembangkan solusi untuk masalah yang dipilih. Metode melakukan problem solving ini memastikan bahwa proses penyelesaian masalah dilakukan secara terfokus dan teratur.

  1. Failure Mode and Effect Analysis

Mode Failure mode and effect analysis adalah metode problem solving lain yang dapat diterapkan. Anda dan tim bertujuan untuk memeriksa setiap aspek strategi bisnis dan membayangkan hal terburuk yang dapat terjadi. 

Hal terburuk, seperti mengapa strategi Anda gagal dan kapan itu terjadi, menjadi dasar problem solving dalam metodologi ini. Anda dan tim dapat memperbaiki masalah ini dan mencegahnya dengan berfokus pada kemungkinan skenario terburuk dan kemungkinan hal itu akan terjadi. 

Kenapa Skill Problem Solving Penting?

Anda tahu apa itu keterampilan problem solving, jadi mengapa Anda harus menguasainya sebaik mungkin? Informasi yang diberikan di sini berdasarkan informasi dari Cleverism dan Institute of Chartered Accountants di Inggris dan Wales. 

  1. Bukti Mampu Menerapkan Ilmu

Proses pembelajaran tentunya mengasah kemampuan analisis, yang memungkinkan seseorang untuk secara otomatis lebih memahami masalah dan menemukan solusinya. Setiap konteks masalah memiliki solusi berbeda, tetapi pada kenyataannya, masalah memiliki konteks yang berbeda. 

Juga, pemilihan solusi jelas berbeda. Jadi, apa indikasi bahwa Anda mampu memahami konteks dan memilih solusi yang tepat? Metode melakukan problem solving adalah jawabannya, dan belajar adalah tanda Anda telah mempelajari teori. Praktek ini dapat divalidasi dengan mengembangkan keterampilan problem solving. 

Baca juga: Manfaat networking di dunia kerja

  1. Menarik Perekrut 

Problem solving adalah keterampilan kompleks yang dapat dibagi menjadi beberapa sub-keterampilan, yang semuanya telah dijelaskan sebelumnya. Analisis, kreativitas, manajemen proyek, dan bahkan kolaborasi semuanya disertakan. Perekrut menyukai orang yang bisa menyelesaikan masalah karena alasan ini. Sebagai penanda, dia juga menunjukkan bahwa Anda memiliki banyak keterampilan lain. 

  1. Penting Untuk Promosi

Salah satu ciri pemimpin yang baik adalah kemampuannya dalam memecahkan masalah. Oleh karena itu, jika menginginkan promosi, Anda harus memilikinya. 

Problem solving adalah tindakan penyelesaian masalah .tetapi juga dapat dilihat sebagai upaya untuk mengidentifikasi masalah yang terjadi, dan kemudian mencari solusi yang efektif. 

Problem solving tanpa menambah masalah yang ada dianggap sebagai penyelesaian masalah yang baik. Beberapa orang juga melihat problem solving sebagai proses mental dan intelektual problem solving. 

Problem solving seperti ini banyak digunakan oleh berbagai bidang dan sektor bisnis, mulai dari organisasi, pemerintahan, bahkan masalah pribadi. Tidak heran jika banyak kelompok yang mempelajari metode melakukan problem solving untuk mengembangkan win-win solution

About The Author