cara menjadi crew outlet

Cara Menjadi Crew Outlet Profesional

Menjadi crew outlet yang profesional bukanlah perkara mudah. Crew outlet merupakan salah satu profesi paling banyak dicari hingga saat ini. Posisi ini bertugas penuh selama outlet tersebut beroperasi. Baik itu untuk urusan stok produk, kebersihan ataupun menyambut serta melayani konsumen. Berikut ini penjelasan dan cara menjadi crew outlet.

Apa Itu Crew Outlet?

Dilansir dari IDN Times, crew outlet merupakan karyawan yang ditugaskan untuk menjaga toko. Crew outlet merupakan karyawan yang mempunyai banyak tugas dalam toko. Hal ini karena crew outlet bertanggung jawab secara keseluruhan seperti melayani konsumen, mengelola dan mengawasi persediaan dalam toko.

Baca juga: Ketahui Contoh Job Description Crew Outlet Berikut

Tugas Crew Outlet

1. Melayani Pelanggan

Menerima pelanggan dengan ramah, membantu mereka menemukan produk yang mereka cari, memberikan informasi tentang barang-barang, dan menjawab pertanyaan mereka.

2. Pengaturan Harga

Menandai harga pada produk, memastikan semua harga sesuai, dan mengganti tanda harga yang rusak atau usang.



3. Transaksi Pembayaran

Menangani transaksi pembayaran pelanggan dengan baik, termasuk menerima uang tunai, kartu kredit, atau pembayaran elektronik, dan memberikan struk atau tanda terima.

4. Mengelola Persediaan

Memantau stok produk di toko, mengisi ulang rak saat produk habis, dan melaporkan kepada manajemen jika ada kekurangan atau kerusakan barang.

5. Merapikan Rak

 Memastikan bahwa barang-barang di rak tertata dengan rapi, menjaga penampilan toko yang menarik, dan merawat tampilan produk.

6. Pelayanan Pelanggan

Memberikan pelayanan pelanggan yang baik, termasuk membantu pelanggan dengan pertanyaan atau masalah, dan menangani keluhan pelanggan jika diperlukan.

7. Kebersihan Toko

Menjaga kebersihan dan kerapian toko dengan membersihkan area penjualan, lantai, dan peralatan seperti kasir dan rak.



8. Keamanan

Memantau aktivitas pelanggan untuk mencegah pencurian, mengaktifkan sistem keamanan jika diperlukan, dan berkoordinasi dengan personel keamanan toko atau manajemen dalam situasi yang memerlukan tindakan lebih lanjut.

9. Pemasaran dan Promosi

Memasarkan produk atau penawaran khusus yang mungkin ada di toko, serta membantu dalam pelaksanaan promosi atau penjualan khusus.

Baca juga: Tugas dan tanggung jawab seorang staff admin

Skill yang Dibutuhkan Crew Outlet

1. Mempunyai Skill Pelayanan Terhadap Pelanggan

Kemampuan untuk melayani pelanggan dengan ramah, sabar, dan profesional merupakan skill utama dalam Crew Outlet. Ini termasuk kemampuan untuk menjawab pertanyaan, memberikan saran, dan memastikan pelanggan merasa diperhatikan.

2. Kemampuan Komunikasi

Keterampilan komunikasi yang baik sangat penting. Staff Crew Outlet harus bisa berkomunikasi dengan jelas, baik secara lisan maupun tulisan, dengan pelanggan dan rekan kerja.

3. Pengetahuan Produk

Memiliki pengetahuan yang baik tentang produk yang dijual di Crew Outlet sehingga mereka dapat memberikan informasi yang akurat kepada pelanggan dan membantu mereka dalam pemilihan produk.

4. Keterampilan Penjualan

Jika staf diharapkan untuk melakukan penjualan, mereka perlu memiliki keterampilan penjualan yang baik, termasuk kemampuan untuk meyakinkan pelanggan untuk membeli produk atau layanan.

5. Kemampuan Transaksi Pembayaran

 Kemampuan untuk mengelola transaksi pembayaran dengan baik dan cepat, termasuk penggunaan sistem kasir elektronik dan penanganan uang secara akurat.

6. Keterampilan Organisasi

Dalam mengelola persediaan barang dan tata letak toko, keterampilan organisasi sangat penting. Staf harus dapat menjaga rak tetap rapi dan mengelola persediaan dengan baik.

7. Keterampilan Kebersihan

Kemampuan untuk menjaga kebersihan toko dengan membersihkan area penjualan, lantai, dan peralatan dengan baik.

8. Kemampuan Terhadap Keamanan

 Memahami dan menjalankan langkah-langkah keamanan toko, termasuk deteksi dan pencegahan pencurian.

9. Fleksibilitas

Ketersediaan untuk bekerja dalam situasi yang sibuk atau berubah-ubah, terutama di bandara yang seringkali memiliki jadwal penerbangan yang tidak teratur.

10. Mempunyai Kepatuhan terhadap Kebijakan dan Prosedur

 Kemampuan untuk mematuhi semua kebijakan dan prosedur toko, serta memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku.

Baca juga: Cara menjadi telemarketing yang baik

Cara Menjadi Crew Outlet Yang Profesional

1. Berikan Sapaan Kepada Setiap Pelanggan

Apabila Anda menjadi seorang crew outlet maka usahakan untuk selalu memberikan sapaan kepada setiap pelanggan yang datang. Selain itu usahakan pula wajah Anda menghadap ke pelanggan tersebut.  Hal ini akan menjadi kesan tidak baik ketika konsumen pertama kali berkunjung. Meski ada beberapa konsumen yang tidak terlalu memperhatikannya, namun ada pula yang memperhatikan detail semacam ini.

2. Biarkan Pelanggan Berkeliling dan Tidak Dibuntuti

Ada pelanggan yang berkunjung untuk membeli produk secara spesifik. Ada pula yang berkunjung untuk membeli produk secara random. Meski sudah mengetahui produk apa yang ingin dibeli namun tetap harus meninjau produk tersebut terlebih dahulu. 

Untuk menjadi crew outlet yang profesional pastikan untuk membiarkan pelanggan berkeliling dan tidak dibuntuti. Anda hanya perlu memantaunya melalui CCTV. Kecuali jika pelanggan tersebut meminta untuk ditemani saat memilih barang.

3. Tawarkan Bantuan Kepada Pelanggan

Jika ada konsumen sedang terlihat kebingungan, Anda bisa mendatanginya untuk menawarkan bantuan. Cobalah untuk mendengarkan secara keseluruhan apa yang dibutuhkan. Setelah itu coba Anda pahami mengenai solusi yang bisa membantu masalah tersebut. Anda bisa menawarkan produk yang paling sesuai dengan kebutuhan pelanggan saat ini.

4. Layani Permintaan Konsumen dengan Baik

Cara menjadi crew outlet profesional selanjutnya adalah melayani setiap permintaan konsumen dengan baik. Ketika mereka menanyakan sesuatu pastikan untuk langsung menjawab dan mencari tahu dengan cara pengecekan. 

5. Selalu Bersikap Ramah

Selain wajah ceria dan friendly kepada setiap calon konsumen crew outlet juga harus selalu bersikap ramah. Pastikan untuk tidak membedakan antara pelanggan satu dengan lainnya hanya karena jumlah produk yang dibeli, penampilan atau berbagai hal lainnya. 

6. Ucapkan Terima Kasih Ketika Selesai Belanja

Cara menjadi crew outlet yang profesional selanjutnya adalah selalu mengucapkan terima kasih kepada pelanggan setelah selesai berbelanja. Baik itu kepada konsumen yang membeli ataupun tidak membeli. Cara ini merupakan tanda bahwa Anda mengucapkan terima kasih karena sudah berkunjung ke outlet. Ungkapkan dengan senyuman tulus akan memberikan kesan yang bagus kepada pelanggan.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!