Cara menjadi cook helper

Cara Menjadi Cook Helper dan Siap Bekerja di Restoran

Pada dasarnya, cara menjadi cook helper bisa dipelajari melalui jurusan tata boga. Cook helper sendiri merupakan bagian dari kitchen crew yang bertanggung jawab menyiapkan makanan sebelum dihidangkan ke konsumen.

Merek bertugas untuk membantu segala hal yang dibutuhkan oleh koki dalam menyiapkan, mengolah dan menghidangkan makanan di sebuah restoran atau hotel. Oleh karena itu, cook helper harus dibekali dengan keterampilan tertentu.

Baik atau tidaknya pekerjaan para asisten koki ini dalam bekerja tentu akan berpengaruh pada reputasi hotel atau restoran yang bersangkutan. Pasalnya, hal itu akan berdampak pada hidangan yang akan disajikan.

Apa Itu Cook Helper?

Cook helper adalah salah satu bagian dari kitchen crew yang memiliki tugas utama membantu berbagai keperluan dari atasannya. Dengan kata lain, cook helper akan menjadi pelaksana dari arahan atau perintah jajaran di atasnya.

Jika berkaca dari Boston hotel, Sihite mengatakan jika cook helper adalah seseorang yang sebelumnya tidak memiliki pengalaman kerja di dapur dan memiliki tugas untuk bekerja secara mobile atau berpindah pindah dari satu seksi ke seksi lainnya dalam waktu tertentu sehingga orang tersebut dengan sendirinya memahami serta menghayati pekerjaan pekerjaan yang ada di dapur.

Hierarchy kitchen sendiri terdiri dari kepala koki (executive chef) di posisi tertingginya, lalu diikuti oleh asisten koki, chef de partie, demie chef, commis 1, commis 2, dan terakhir adalah commis 3 atau cook helper. 

Baca juga: Tugas utama Dan Tanggung Jawab Seorang Cook Helper

Beberapa Syarat Untuk Menjadi Seorang Cook Helper

Untuk dapat menjadi seorang cook helper, dibutuhkan beberapa persyaratan untuk Anda penuhi seperti:

  • Pendidikan minimal SMA/SMK/atau sederajat.
  • Memiliki pengalaman bekerja sebagai cook helper akan lebih baik.
  • Memahami berbagai peralatan dapur dan fungsinya.
  • Memiliki pemahaman untuk menjaga bahan makanan hingga prosedur keamanan pangan.
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik.
  • Memiliki manajemen waktu yang baik.
  • Tanggung jawab dan disiplin.
  • Rajin, Cepat tanggap serta Detail Dalam mengerjakan sesuatu.

Baca juga: Ini Rata-Rata Gaji Cook Helper, Wajar Banyak Orang Berminat!

Skill yang Wajib Dikuasai untuk Menjadi Cook Helper

Dikutip dari Zippia, berikut ini skill yang harus dimiliki cook helper yaitu:

1. Penanganan Makanan

Penanganan makanan adalah keterampilan dasar yang sangat penting. Ini mencakup pemilihan, pembersihan, penyimpanan, dan persiapan bahan makanan dengan aman dan higienis. Anda harus memahami prinsip-prinsip keamanan makanan untuk mencegah kontaminasi dan keracunan makanan.



2. Pelayanan Makanan

Sebagai Cook Helper, Anda mungkin terlibat dalam pelayanan makanan kepada pelanggan atau tamu. Ini mencakup penyajian hidangan dengan rapi, sopan, dan profesionalisme, serta menjawab pertanyaan pelanggan dengan baik.

3.  Wash Dishes

Meskipun tidak selalu menjadi bagian utama dari pekerjaan, mencuci peralatan makan, gelas, dan peralatan dapur lainnya dengan baik dan cepat sangat penting untuk menjaga kebersihan dapur dan memastikan ketersediaan peralatan yang bersih.

4. Kebersihan

Kebersihan adalah kunci dalam dapur. Ini mencakup menjaga kebersihan area kerja, peralatan, dan peralatan dapur, serta mengikuti standar kebersihan yang ketat dalam semua tugas Anda. Kebersihan yang baik juga melibatkan mencuci tangan secara teratur.

5. Kuliner

Anda perlu memahami dasar-dasar kuliner, seperti teknik memasak, penyusunan hidangan, dan pengetahuan tentang berbagai bahan makanan. Ini akan membantu Anda bekerja dengan lebih efektif di dapur.

6. Peralatan Dapur

Kemampuan untuk mengoperasikan peralatan dapur seperti kompor, oven, pemanggang, pemotong, dan alat-alat lainnya dengan aman dan efisien sangat penting. Anda harus tahu cara mengatur suhu, waktu, dan pengaturan yang tepat.



7. Persiapan Makan

Sebagai Cook Helper, Anda akan membantu dalam persiapan bahan makanan, termasuk memotong, mengupas, dan menggiling, sesuai dengan instruksi chef atau supervisor Anda. Kemampuan ini akan membantu mempersiapkan bahan makanan dengan cepat dan akurat.

8. Peralatan Dapur

Skill ini mencakup pemahaman tentang jenis dan fungsi berbagai peralatan dapur, seperti pisau, panci, wajan, spatula, dan lainnya. Anda harus tahu cara merawat dan membersihkan peralatan dengan baik.

 9. Layanan Pelanggan

Kemampuan berkomunikasi dengan baik dan melayani pelanggan atau tamu dengan sopan dan ramah adalah keterampilan yang berguna jika Anda terlibat dalam interaksi langsung dengan mereka. Menjaga pelanggan senang adalah penting untuk bisnis restoran atau dapur.

10. Peralatan Memasak

Dalam beberapa situasi, Anda mungkin perlu menyiapkan hidangan dengan menggunakan berbagai peralatan memasak, seperti grill, pemanggang, atau alat pemanggang lainnya. Anda harus tahu cara menggunakan peralatan ini dengan aman dan efektif.

11. Layanan Makan

Skill ini mencakup kemampuan untuk menyajikan hidangan kepada tamu atau pelanggan dengan estetika yang baik. Anda harus tahu cara menyusun hidangan di piring dengan rapi dan menambahkan detail yang mempercantik presentasi.

12. Peralatan Persiapan Makanan

Skill ini termasuk peralatan seperti blender, penghancur daging, pengupas, dan lainnya. Anda harus tahu cara menggunakan peralatan ini untuk mempersiapkan bahan makanan.

13. Kitchen Surfaces

Merawat kebersihan permukaan dapur, termasuk countertops dan area kerja lainnya, adalah bagian penting dari menjaga keamanan makanan dan kebersihan lingkungan kerja.

14. Persiapan Makanan

Skill ini mencakup kemampuan untuk membantu dalam persiapan hidangan dan sajian, termasuk mengukur, mencampur, dan meracik bahan-bahan sesuai dengan resep atau petunjuk yang diberikan.

15. Dishwasher

Skill ini berarti jika bertanggung jawab atas mesin pencuci piring, harus tahu cara mengoperasikannya dengan baik, menjaga peralatan makanan bersih, dan memastikan peralatan siap digunakan.

Baca juga: Cara Menjadi Cook Helper dan Siap Bekerja di Restoran

Tugas dan Tanggung Jawab Cook Helper

Untuk bisa bergabung ke dalam bagian kitchen crew, seseorang tentu harus memiliki dasar keterampilan di bidang tata boga. Khusus untuk menjadi seorang cook helper, Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut:

Sebagai seorang pelaksana, tentu ada tugas dan tanggung jawab yang harus dilaksanakan oleh seorang commis 3. Untuk mengetahui apa saja tugas dan tanggung jawab tersebut, silakan simak pembahasannya berikut ini:

  • Menyiapkan dan memastikan peralatan siap sebelum digunakan.
  • Menyiapkan semua bahan masakan yang menjadi menu di hari itu.
  • Membersihkan dan merapikan kembali semua peralatan setelah selesai digunakan.
  • Mampu menggunakan semua peralatan dapur dengan baik dan benar sesuai fungsinya masing-masing.
  • Membantu koki dalam mengolah bahan-bahan masakan.
  • Mampu menggunakan bumbu dapur sesuai dengan takaran yang tepat.
  • Mampu memilih dan memasak berbagai jenis sayuran sesuai dengan kebutuhan.
  • Mampu mengolah bahan makanan dengan prosedur yang baik dan benar.

Baca juga: Sekolah Yang Mesti dijalani Seorang Cook Helper

Cara Menjadi Cook Helper di Sebuah Restoran atau Hotel

Untuk bisa menjadi seorang cook helper dibutuhkan sejumlah kualifikasi yang harus kita penuhi. Hal itu demi menunjang pekerjaan yang nantinya akan dijalani. Berikut ini adalah beberapa kualifikasi tersebut:

  • Memiliki ijazah minimal di tingkat SMA/SMK atau sederajat.
  • Memiliki pengalaman setidaknya selama 1 tahun di bagian dapur atau pada bidang yang sejenis.
  • Mampu berdiri dalam waktu yang lama karena dalam aktivitasnya, cara menjadi cook helper akan dituntut untuk berdiri cukup lama.
  • Memiliki kemampuan yang baik dalam hal komunikasi. Hal ini menyangkut kemampuan untuk menerima instruksi dan berkoordinasi dengan crew lainnya.
  • Memiliki pengetahuan yang memadai terkait prosedur dan standar keamanan pangan.
  • Memiliki kemampuan organisasi cukup baik.

Berbagai kualifikasi di atas sangat dibutuhkan jika ingin bekerja di departemen kitchen. Jika kualifikasi tersebut sudah Anda miliki, tentu cara menjadi cook helper akan lebih mudah untuk dicapai.

Baca juga: Sous Chef Adalah Tugas, Tanggung Jawabnya dan Gajinya

Cara Menjadi Cook Helper Yang Paling Diminati HRD

1. Jadilah Cook Helper Yang Memenuhi Kriteria

Untuk dapat menjadi cook helper yang memenuhi kriteria HRD anda perlu menyiapkan beberapa hal antara lain: 

  • Usia yang masih produktif
  • Ijazah pendidikan terkait dengan kitchen
  • Pengalaman dalam crew kitchen yang mumpuni
  • Lisensi atau sertifikat karir terkait dengan cook helper atau bagian crew kitchen lainnya

Dengan kriteria tersebut, Anda telah menjadi cook helper yang dimintai oleh HRD banyak perusahaan. Anda akan sangat dipertimbangkan untuk menjadi salah satu kandidat yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

2. Tambahkan Skill Anda Dengan Keterampilan Memasak

Seorang cook helper memang tidak memiliki tugas utama untuk memasak. Karena pada dasarnya tugas tersebut merupakan tanggung jawab penuh dari seorang chef atau koki. Namun bukan berarti Anda tidak memiliki kewajiban untuk menguasai kemampuan tersebut. 

Dengan memiliki kemampuan memasak, Anda akan dinilai oleh recruiter sebagai cook helper yang memiliki pengalaman dan kemampuan lebih dalam mengolah bahan bahan masakan serta memiliki peran lebih dalam membantu kinerja chef untuk meringankan beban pekerjaan mereka.

3. Jadilah cook helper yang memiliki kemampuan komunikasi lebih baik

Seorang cook helper dituntut untuk selalu mengutamakan berkoordinasi antar crew kitchen dan chef yang ada pada dapur tersebut. Dengan begitu, seorang cook helper yang baik wajib memiliki kemampuan komunikasi agar salah satu tanggung jawab utama tersebut dapat berjalan dengan baik. Komunikasi yang dibangun dengan baik dapat membuat segala pekerjaan di dapur lebih terkoordinasi dan mudah, Hal ini lah yang membuat cook helper dengan kemampuan komunikasi yang baik sangat disenangi oleh recruiter.

4. Jadilah Cook Helper Yang Menguasai Pengoprasian Alat Masak Dengan Baik

Salah satu tugas utama cook helper adalah melakukan pengolahan awal terhadap beberapa bahan makanan. Untuk dapat menjalankan tugas tersebut dengan baik, seorang cook helper wajib untuk menguasai semua pengoprasian alat masak dengan baik agar pekerjaan tersebut dapat dilakukan dengan mudah.

Itu tadi beberapa tips sederhana bagi Anda agar menjadi seorang cook helper yang paling diminati oleh recruiter. Dengan memiliki kemampuan kemampuan tersebut, Anda akan memiliki kesempatan lebih besar untuk menjadi salah satu kandidat utama dalam proses recruiter cook helper.

Ames Boston Hotel menyebutkan bahwa di Jakarta, gaji cook helper di sebuah Chinese restaurant adalah sebesar 3,8 juta hingga 4,5 juta rupiah. Ia juga menyebutkan bahwa salah satu restoran terkemuka di Surabaya menggaji cook helper-nya per hari, yaitu sekitar Rp167.000,- per 8 jam kerja.

Baca juga: Apa Itu Front Office?

Perbedaan Cook Helper  part-time Dengan Cook Helper full-time?

Pekerjaan yang dilakukan oleh seorang cook helper dapat dijalankan dengan kontrak full time maupun part time. Umumnya perbedaan paling mendasar antara part time cook helper dengan full time cook helper terletak pada jam kerja yang dibebankan pada seorang cook helper.

Dimana seorang full time cook helper dapat menghabiskan waktu kerja mereka minimal 8 jam perhari di tempat mereka bekerja. Sedangkan part time cook helper memiliki jam kerja yang lebih flexible dengan kisaran jam antara 4 sampai 5 jam per harinya.

Baca juga: 5 Pertanyaan Interview Receptionist Hotel

Gaji Seorang Cook Helper

Secara umum gaji seorang cook helper berada di kisaran Rp 2.000.000 – 2.500.000. Angka tersebut berlaku untuk hotel bintang 2. Sedangkan untuk hotel bintang 3 atau lebih, rata-rata akan memberikan gaji sekitar Rp 4.000.000 – 5.500.000.

Ames Boston Hotel mengatakan jika rata rata gaji cook helper di jakarta adalah sebesar 3,8 juta hingga 4,5 juta rupiah. Berbeda dengan perhitungan daerah Surabaya, dimana rata rata gaji cook helper pada daerah tersebut berkisar diangka Rp167.000,- per 8 jam kerja.

Meski begitu, besaran gaji juga akan ditentukan berdasarkan keterampilan dan juga pengalaman kerja seorang kitchen crew. Dengan standar di atas, tidak heran jika cara menjadi cook helper masih banyak diminati hingga kini.

Perkembangan dunia F&B dan perhotelan yang terus meningkat membuat peran cook helper akan terus dibutuhkan. Jika Anda berminat untuk menjalani profesi satu ini, pastikan Anda menguasai cara menjadi cook helper di atas.

Baca juga: Cara Menjadi Resepsionis Hotel yang Sukses

Jenjang Karir Dan Prospek Kerja Cook Helper

Cook helper merupakan salah satu jenis pekerjaan yang memiliki prospek kerja yang cukup luas. Banyak orang mengira jika cook helper hanya akan berkutat pada area kerja restoran semata. Namun yang sebenarnya terjadi, seorang cook helper memiliki peluang kerja yang cukup luas dan bukan hanya di restoran semata. Seperti bekerja di hotel, rumah sakit, yayasan hingga banyak tempat lainnya yang membutuhkan aktivitas memasak di dalamnya.

Secara jenjang karir, cook helper memang menjadi langkah awal seseorang untuk menjadi seorang chef atau koki. Jenjang karir yang bisa dilalui seorang cook helper antara lain:

  • Cook Helper
  • Commis
  • Demi Chef atau Chef de Partie
  • Sous Chef
  • Head Chef atau Executive Chef

Reference:

amesbostonhotel.com

https://www.zippia.com/kitchen-helper-jobs/skills/


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!