10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Cara menjadi cook helper

Cara Menjadi Cook Helper dan Siap Bekerja di Restoran

Pada dasarnya, cara menjadi cook helper bisa dipelajari melalui jurusan tata boga. Cook helper sendiri merupakan bagian dari kitchen crew yang bertanggung jawab menyiapkan makanan sebelum dihidangkan ke konsumen.

Merek bertugas untuk membantu segala hal yang dibutuhkan oleh koki dalam menyiapkan, mengolah dan menghidangkan makanan di sebuah restoran atau hotel. Oleh karena itu, cook helper harus dibekali dengan keterampilan tertentu.

Baik atau tidaknya pekerjaan para asisten koki ini dalam bekerja tentu akan berpengaruh pada reputasi hotel atau restoran yang bersangkutan. Pasalnya, hal itu akan berdampak pada hidangan yang akan disajikan.

Apa Itu Cook Helper?

Cook helper adalah salah satu bagian dari kitchen crew yang memiliki tugas utama membantu berbagai keperluan dari atasannya. Dengan kata lain, cook helper akan menjadi pelaksana dari arahan atau perintah jajaran di atasnya.

Hierarchy kitchen sendiri terdiri dari kepala koki (executive chef) di posisi tertingginya, lalu diikuti oleh asisten koki, chef de partie, demie chef, commis 1, commis 2, dan terakhir adalah commis 3 atau cook helper. 

Sebagai seorang pelaksana, peran profesi satu ini akan dinilai dari keterampilan dan pengalamannya bekerja. Semakin terampil dan berpengalamannya seorang pelaksana, peluangnya untuk naik jabatan juga akan semakin tinggi.

Cara Menjadi Cook Helper di Sebuah Restoran atau Hotel

Untuk bisa bergabung ke dalam bagian kitchen crew, seseorang tentu harus memiliki dasar keterampilan di bidang tata boga. Khusus untuk menjadi seorang cook helper, Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut:

  1. Tugas dan Tanggung Jawab

Sebagai seorang pelaksana, tentu ada tugas dan tanggung jawab yang harus dilaksanakan oleh seorang commis 3. Untuk mengetahui apa saja tugas dan tanggung jawab tersebut, silakan simak pembahasannya berikut ini:

  • Menyiapkan dan memastikan peralatan siap sebelum digunakan.
  • Menyiapkan semua bahan masakan yang menjadi menu di hari itu.
  • Membersihkan dan merapikan kembali semua peralatan setelah selesai digunakan.
  • Mampu menggunakan semua peralatan dapur dengan baik dan benar sesuai fungsinya masing-masing.
  • Membantu koki dalam mengolah bahan-bahan masakan.
  • Mampu menggunakan bumbu dapur sesuai dengan takaran yang tepat.
  • Mampu memilih dan memasak berbagai jenis sayuran sesuai dengan kebutuhan.
  • Mampu mengolah bahan makanan dengan prosedur yang baik dan benar.
  1. Cara Menjadi Cook Helper Berdasarkan Kualifikasinya

Untuk bisa menjadi seorang cook helper dibutuhkan sejumlah kualifikasi yang harus kita penuhi. Hal itu demi menunjang pekerjaan yang nantinya akan dijalani. Berikut ini adalah beberapa kualifikasi tersebut:

  • Memiliki ijazah minimal di tingkat SMA/SMK atau sederajat.
  • Memiliki pengalaman setidaknya selama 1 tahun di bagian dapur atau pada bidang yang sejenis.
  • Mampu berdiri dalam waktu yang lama karena dalam aktivitasnya, cara menjadi cook helper akan dituntut untuk berdiri cukup lama.
  • Memiliki kemampuan yang baik dalam hal komunikasi. Hal ini menyangkut kemampuan untuk menerima instruksi dan berkoordinasi dengan crew lainnya.
  • Memiliki pengetahuan yang memadai terkait prosedur dan standar keamanan pangan.
  • Memiliki kemampuan organisasi cukup baik.

Berbagai kualifikasi di atas sangat dibutuhkan jika ingin bekerja di departemen kitchen. Jika kualifikasi tersebut sudah Anda miliki, tentu cara menjadi cook helper akan lebih mudah untuk dicapai.

  1. Gaji Seorang Cook Helper

Sampai saat ini, kebutuhan akan tenaga pelaksana di bagian dapur masih sangat dibutuhkan. Hal itu tidak terlepas dari perkembangan dunia pariwisata di Indonesia, terutama menyangkut dunia perhotelan dan juga restoran.

Secara umum gaji seorang cook helper berada di kisaran Rp 2.000.000 – 2.500.000. Angka tersebut berlaku untuk hotel bintang 2. Sedangkan untuk hotel bintang 3 atau lebih, rata-rata akan memberikan gaji sekitar Rp 4.000.000 – 5.500.000.

Meski begitu, besaran gaji juga akan ditentukan berdasarkan keterampilan dan juga pengalaman kerja seorang kitchen crew. Dengan standar di atas, tidak heran jika cara menjadi cook helper masih banyak diminati hingga kini.

Perkembangan dunia F&B dan perhotelan yang terus meningkat membuat peran cook helper akan terus dibutuhkan. Jika Anda berminat untuk menjalani profesi satu ini, pastikan Anda menguasai cara menjadi cook helper di atas.

Bagikan Artikel: