10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

sekolah yang mesti dijalani seorang cook helper

Adakah Sekolah yang Mesti Dijalani Seorang Cook Helper?

Jika ditelisik lebih jauh, tidak ada sekolah yang mesti dijalani seorang cook helper. Artinya untuk bekerja sebagai cook helper atau asisten dapur, Anda tidak perlu pendidikan khusus. Namun, sekolah yang menawarkan pengalaman tetap bisa dicoba. 

Cook helper atau asisten masak ini adalah merupakan suatu bagian dalam dapur yang memiliki tugas dan tanggung jawab sangat penting. Yaitu dalam hal menyajikan makanan yang ada di hotel atau restoran berbintang. 

Asisten masak adalah seseorang yang memiliki tanggungjawab membantu atasan dalam pekerjaannya. Profesi ini memerlukan pengetahuan dasar tentang bahan makanan serta cara mengolah masakan dengan benar. 

Meski tidak ada kriteria khusus tentang sekolah yang mesti dijalani seorang cook helper, namun orang yang dipilih perlu memiliki pengalaman. Hal ini karena pekerjaannya harus memantau para juru masak.

Selain Sekolah yang Mesti Dijalani Seorang Cook Helper, Ini Tugasnya

Untuk menjadi seorang cook helper, ada beberapa tugas dan tanggung jawab yang harus dijalani. Tugasnya harus mempermudah juru masak dalam menyajikan masakan terbaik untuk para konsumennya. 

  1. Siapkan Peralatan Memasak

Seorang koki menyiapkan semua peralatan memasak yang diperlukan untuk menyiapkan hidangan yang akan disajikan. Dalam hal ini, helper memasak juga harus merawat dan membersihkan semua peralatan setelah digunakan. Tidak perlu sekolah yang mesti dijalani seorang cook helper. 

  1. Potong Bahannya

Semua bahan makanan mentah yang diolah menjadi masakan siap santap biasanya disiapkan oleh asisten juru masak. Ini termasuk membersihkan bahan makanan dan juga memotongnya agar bisa disiapkan oleh koki atau juru masak.

  1. Menyimpan Peralatan Memasak

Saat pekerjaan mengolah dan menyajikan makanan selesai, seorang koki bertanggung jawab untuk membersihkan semua peralatan memasak dan mengembalikannya ke tempatnya untuk digunakan keesokan harinya.

  1. Bantu Juru Masak

Tugas utama seorang chef adalah membantu chef dalam mengolah makanan dan membuat menu kompleks yang membutuhkan kecepatan, ketelitian dan keterampilan khusus.

Terlepas dari sekolah yang mesti dijalani seorang cook helper, dalam sebuah buku yang ditulis oleh Richard Sihite ada juga tugas dan tanggung jawab asisten memasak yang dijelaskan dalam”Job Description” di Bidang Pastry sebagai berikut:

Menghadiri rapat bos, mengedit susunan mis en place, bantuan dalam persiapan layanan pemukiman, pembuatan kue, memelihara suasana kerja yang sehat, mengawasi pelaksanaan, pembersihan area kerja dan alur kerja untuk pembantu memasak.

  1. Bantu Koki Memasak

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, asisten juru masak juga terkadang diminta untuk membantu memasak, tetapi tidak sepenuhnya untuk sebuah hidangan. Hal ini karena koki terkadang harus mengerjakan beberapa masakan dalam waktu yang bersamaan, sehingga mereka membutuhkan bantuan untuk mencampur masakan agar tidak gosong. 

  1. Siapkan Alat Yang Akan Digunakan

Sekolah yang mesti dijalani seorang cook helper dan tugas lainnya adalah Siapkan bahan makanan yang dibutuhkan oleh chef. Bagikan makanan yang ada di buffet. Makanan kemudian distel sedemikian rupa. Ini saat melayani pelanggan yang ada di hotel atau restoran.

  1. Saat Berurusan Dengan Makan Siang / Makan Malam

Pada saat konsumen mulai makan siang ataupun makan malam, asisten memasak menangani stand memasak langsung dan menjaga prasmanan untuk melihat hidangan mana yang hampir habis untuk diisi ulang. Biasanya, koki memasukkan makanan ke dalam hot box agar tetap hangat.

  1. Penutupan Makan Siang/Malam

Tidak hanya dalam hal memasak, cook helper ini harus bisa membersihkan. Simpan sisa makanan dalam wadah berpendingin. Serta mulai menyiapkan menu besok. Restoran dengan karyawan yang layak menciptakan layanan terbaik. 

Karena kualitas yang baik ini, pengunjung akan datang nanti, sehingga Anda harus memperhatikan aspek-aspek berikut saat memilih karyawan untuk area alat bantu memasak;

Ternyata menjadi pembantu juru masak mendatangkan penghasilan yang lumayan lumayan. Namun, tergantung di mana tempat kerjanya. Hotel bintang 2, 3, 4 dan 5 pasti memiliki selisih nilai gaji. Kisaran gaji terendah untuk hotel bintang 2 antara Rp 2.000.000 – Rp 2.500.000 sedangkan untuk hotel bintang 5 antara Rp 4.000.000 – Rp 5.500.000 per bulan.

Tingkatan gaji di atas hanya gaji pokok saja, koki juga mendapat tunjangan seperti pekerjaan lainnya. Perawatan kesehatan, tunjangan makan, transportasi dan lain-lain.

Tugas seorang cook helper hampir sama pentingnya dengan kepala koki. Dia memiliki tugas memastikan semua bahan yang dibutuhkan memasak tersedia. Beberapa lowongan tidak memerlukan sekolah yang mesti dijalani seorang cook helper untuk diterima bekerja. 

Bagikan Artikel: