10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Rata-rata gaji cook helper

Ini Rata-Rata Gaji Cook Helper, Wajar Banyak Orang Berminat!

Dengan keterampilan dan juga pengalaman yang memadai, rata-rata gaji cook helper terbilang cukup tinggi. Meski hanya bekerja sebagai pelaksana di bagian dapur, nyatanya gaji profesi ini bisa bersaing dengan banyak profesi lainnya.

Cook helper sendiri adalah salah satu karyawan yang berada di departemen kitchen yang perannya sangatlah penting. Tanpa adanya profesi ini, seorang kepala koki akan kesulitan dalam menghandle kebutuhan makanan suatu restoran atau hotel.

Dari sisi peluang kerja, profesi ini juga masih sangat dibutuhkan. Hal itu tidak terlepas dari berkembangnya dunia F&B, baik itu di sektor perhotelan ataupun restoran. Untuk tahu lebih banyak tentang profesi ini, silakan simak ulasan berikut!

Apakah Peluang Kerja Cook Helper Cukup Tinggi?

Salah satu bisnis yang akan terus berkembang dari waktu ke waktu adalah bisnis F&B (Food and Baverage). Seiring perkembangannya, salah satu tenaga kerja yang dibutuhkan adalah tenaga-tenaga untuk bagian dapur.

Umumnya, bisnis bidang restoran dan juga perhotelan akan menyerap tenaga-tenaga tersebut. Selain chef sebagai juru masaknya, peran seorang cook helper juga menjadi bagian yang tidak boleh dilupakan. 

Jika perusahaan terus berkembang atau muncul usaha-usaha sejenis lainnya, tentu saja peluang kerja dari cook helper akan tetap ada. Terlebih, rata-rata gaji cook helper tergolong tinggi, apalagi jika bekerja untuk restoran terkenal.

Berapa Rata-Rata Gaji Cook Helper?

Seperti sudah disinggung sebelumnya, gaji seorang cook helper tergolong tinggi jika dibandingkan dengan bidang pekerjaan lain. Besaran gaji juga dipengaruhi tempat bekerja, keterampilan dan juga pengalaman.

  1. Rata-Rata Gaji Cook Helper Hotel Bintang 2

Menu makanan di hotel bintang 2 tentu saja tidak selengkap di hotel dengan bintang lebih tinggi. Hal itu membuat peran seorang cook helper tidak terlalu besar. Meski begitu, tugas-tugas utamanya tetap dibutuhkan.

Beberapa di antaranya adalah menyiapkan perlengkapan memasak, menyiapkan berbagai bahan masakan, serta membantu seorang koki dalam mengolah masakan. Untuk gajinya sendiri berada di kisaran Rp 2 juta – 2,5 juta.

  1. Rata-Rata Gaji Cook Helper Hotel Bintang 3

Satu tingkat lebih tinggi di banding hotel bintang 2, hotel bintang 3 tentu memiliki standar pelayanan yang lebih baik. Selain itu, kualitas dan pilihan menu makanannya juga lebih beragam dibandingkan bintang 2.

Dari segi jumlah makanan yang dihidangkan juga pastinya lebih banyak sehingga beban kerja departemen kitchen lebih tinggi dibanding hotel bintang 2. Wajar jika rata-rata gaji cook helper di hotel bintang 3 berada di kisaran Rp 2,5 juta – 3,2 juta.

  1. Rata-Rata Gaji Cook Helper Hotel Bintang 4

Satu level di bawah kualitas terbaik tentu saja membuat hotel bintang 4 tidak main-main untuk urusan pelayanan dan menu makanannya. Pasalnya, tamu yang menginap sudah pasti dari kalangan penting atau bahkan pejabat.

Tidak hanya harus menjaga kualitas makanannya, kitchen crew juga harus bekerja ekstra keras untuk memenuhi berbagai hidangan, mulai dari pembuka hingga penutup. Gaji seorang cook helper di hotel bintang 4 berkisar antara Rp 3,4 juta – 4,1 juta.

  1. Rata-Rata Gaji Cook Helper Hotel Bintang 5

Kitchen crew yang bekerja di hotel bintang 5 tentu sudah tidak diragukan lagi dari segi keterampilan dan juga pengalamannya. Secara otomatis, beban kerja dan tanggung jawabnya akan jauh lebih tinggi lagi.

Selain keterampilan di bidang tata boga, cook helper di hotel bintang 5 biasanya juga harus bisa berbahasa Inggris. Pasalnya, mereka tidak jarang akan berjumpa dengan koki dari luar negeri atau berstandar Internasional.

Kualifikasi untuk bisa menempati posisi tersebut di hotel bintang 5 tentu saja juga lebih tinggi dibanding hotel-hotel di bawahnya. Hal itu sebanding dengan potensi gajinya yang berada di kisaran Rp 4,1 juta – 5,5 juta per bulannya.

Perlu diingat, peran seorang cook helper sangatlah penting di dalam sebuah departemen kitchen, Baik atau buruknya kinerja mereka akan berpengaruh pada reputasi hotel tempatnya bekerja sehingga perekrutannya tidak bisa asal-asalan.

Dengan peluang bisnis di bidang F&B yang terus tumbuh dari waktu ke waktu, profesi ini juga akan terus dibutuhkan. Dengan rata-rata gaji cook helper yang cukup tinggi, Anda bisa memilih profesi ini untuk karir ke depannya.

Bagikan Artikel: