10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Tugas dan tanggung jawab cook helper

Tugas dan Tanggung Jawab Cook Helper, Kuasai Area Dapur

Tugas dan tanggung jawab cook helper tidak bisa lepas dari area dapur, terutama untuk mendukung pekerjaan seorang koki. Oleh karena itu, seorang cook helper harus siap menerima berbagai arahan dari atasannya tersebut.

Dalam sebuah restoran terkenal atau hotel berbintang, peran bagian dapur sangatlah krusial sehingga harus diperhatikan dengan baik. Jika seorang cook helper tidak memiliki keterampilan yang memadai, tentu hanya akan menghambat pekerjaan.

Itulah kenapa lowongan pekerjaan di bidang cook helper umumnya mensyaratkan pengalaman bekerja setidaknya selama satu tahun. Jika Anda berminat melamar pekerjaan di bidang satu ini, mari simak terlebih dahulu pembahasan berikut!

Tugas dan Tanggung Jawab Cook Helper

Sebagai asisten koki, seorang cook helper dituntut untuk bisa membantu menyiapkan berbagai keperluan yang dibutuhkan oleh atasannya tersebut. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa simak tugas dan tanggung jawabnya berikut ini:

1.  Menyiapkan Berbagai Bahan Masakan

Salah satu tugas dan tanggung jawab cook helper yang paling utama adalah mempersiapkan berbagai bahan masakan. Nantinya, koki yang bertugas akan lebih mudah dalam menyiapkan masakan sehingga hidangan lebih cepat disajikan.

Jika cook helper tidak dibekali dengan keterampilan yang memadai, tentu kemungkinan terjadinya kesalahan akan semakin besar. Beberapa di antaranya seperti salah memilih bahan, takaran tidak sesuai, atau memotong terlalu lama.

2. Mempersiapkan Alat-Alat Memasak

Selain menyiapkan bahan masakan, tugas dan tanggung jawab cook helper juga menyiapkan peralatan memasak yang akan digunakan. Persiapan tersebut bisa berupa bagian perapian, alat pemotongan, dan lain-lain.

Setiap alat harus sudah siap di tempatnya ketika akan digunakan oleh koki. Terlebih, dapur-dapur besar seperti di restoran terkenal atau hotel berbintang tentu memiliki ukuran yang besar sehingga sulit jika harus dihandle sendiri.

3. Mengembalikan Peralatan ke Tempatnya

Setelah selesai digunakan, peralatan juga harus dibersihkan dan dikembalikan ke tempat penyimpanannya. Semua itu harus dikerjakan dengan rapi dan tidak asal-asalan agar lebih mudah disiapkan jika ingin menggunakannya lagi.

Semakin besar ukuran dapur atau pesanan makan yang harus disajikan, maka kebutuhan orang-orang di dalamnya juga semakin banyak. Itu semua dilakukan demi menyajikan hidangan dengan baik dan tepat waktu.

4. Membantu Menyiapkan Hidangan

Jika semua bahan sudah diolah dan siap disajikan, maka tugas dan tanggung jawab cook helper selanjutnya adalah menyiapkannya sebelum akhirnya dihidangkan. Selain cepat, pekerjaan ini juga butuh ketepatan dan kerapian.

Salah satu keahlian khusus yang dibutuhkan dalam hal ini adalah teknik plating atau menata makanan di atas piring saji. Agar bisa menjalankan tugas ini, seorang cook helper tentu saja harus terampil dan berpengalaman.

5. Menghadiri Briefing Chef

Demi kelancaran proses produksi di dalam departemen kitchen, seorang atasan biasanya akan mengadakan sebuah briefing. Dalam hal ini, semua karyawan yang berkepentingan termasuk cook helper harus menghadiri briefing tersebut.

Tugas dan tanggung jawab cook helper satu ini akan membutuhkan kedisiplinan karena pelaksanaannya yang berada di awal pekerjaan. Tanpa kedisiplinan, briefing chef akan sering diabaikan karena tidak dianggap terlalu penting.

Syarat Menjadi Cook Helper

Dalam merekrut seorang cook helper, sebuah restoran atau hotel tentu akan memberikan kriteria khusus untuk bisa dipenuhi. Adapun syaratnya antara lain:

  • Pria atau wanita.
  • 18-35 tahun.
  • Pendidikan terakhir SMA/SMK atau sederajat.
  • Memiliki keterampilan di bidang tata boga (diutamakan).
  • Berpengalaman dalam pekerjaan di bidang yang sama minimal 1 tahun (diutamakan).
  • Mengerti serta memahami cold & hot preparation.
  • Bisa berkomunikasi dengan baik dan lancar.
  • Memiliki disiplin serta tanggung jawab tinggi.
  • Sehat jasmani dan rohani.
  • Bisa menggunakan peralatan dapur dengan baik.
  • Memiliki loyalitas yang tinggi.
  • Mampu berdiri dalam waktu yang lama.

Peran seorang cook helper di departemen kitchen cukup penting sehingga orang tersebut harus benar-benar menguasai keterampilan khusus. Jika tidak, pekerjaan bisa terhambat dan bisa berpengaruh pada reputasi perusahaan.

Jika Anda berminat untuk mendaftar pekerjaan di bidang ini, pastikan telah memenuhi sejumlah syarat yang telah ditetapkan. Pastikan juga Anda sudah menguasai tugas dan tanggung jawab Cook Helper di atas.

Bagikan Artikel: