tips melamar kerja di website pencari kerja

7 Tips Melamar Kerja di Website Pencari Kerja Terbaik

Jika Anda sedang mencari pekerjaan di website pencari kerja terdapat banyak tips yang dapat dicoba. Berikut ini tips melamar kerja di website pencari kerja, yuk simak!!!

Manfaat Mencari Pekerjaan Melalui Website Pencari Kerja

Menurut Asianet broadband, terdapat banyak manfaat mencari pekerjaan melalui webiste pencari kerja. Berikut ini manfaatnya yaitu :

1. Pencarian spesifik

Website pencari kerja memungkinkan Anda untuk melakukan pencarian pekerjaan yang sangat spesifik sesuai dengan keahlian, pendidikan, pengalaman, atau industri tertentu. Ini membantu Anda menemukan pekerjaan yang sesuai dengan kriteria Anda dengan lebih efisien.

2. Relasi luas 

Website pencari kerja seringkali memiliki jaringan yang luas dengan banyak perusahaan dan recruiter. Ini membuka peluang Anda untuk menemukan pekerjaan yang mungkin tidak Anda temui melalui sumber lain. Anda juga dapat menjalin kontak dengan berbagai perusahaan dan profesional dalam berbagai bidang.

3. Sesuai kata kunci

Anda dapat menggunakan kata kunci tertentu saat mencari pekerjaan di website pencari kerja. Ini memungkinkan Anda untuk menemukan pekerjaan yang relevan dengan cepat dan efisien. Anda dapat mencari berdasarkan judul pekerjaan, lokasi, jenis pekerjaan, atau kriteria lainnya.



4. Mudah digunakan

Mayoritas website pencari kerja dirancang dengan antarmuka yang user-friendly. Anda dapat dengan mudah mengatur dan menyimpan pencarian Anda, mengunggah resume, dan melamar pekerjaan dengan beberapa klik. Hal ini membuat proses pencarian pekerjaan menjadi lebih nyaman.

Baca juga: Tips Cari Kerja di Jakarta dengan Mudah

5. Ekonomis

Mencari pekerjaan melalui website pencari kerja seringkali lebih ekonomis dibandingkan dengan metode tradisional, seperti membeli koran atau mengirimkan lamaran fisik. Anda dapat menghemat biaya cetak dan pengiriman lamaran.

Aplikasi Produktivitas Diskon Hingga 95%

6. Hemat waktu

Website pencari kerja memungkinkan Anda untuk mengakses banyak informasi pekerjaan dalam waktu yang singkat. Anda tidak perlu pergi ke tempat-tempat fisik atau mengirimkan lamaran melalui pos. Ini menghemat waktu Anda dan memungkinkan Anda untuk lebih fokus pada proses pencarian dan persiapan wawancara.

Baca juga: Cara melamar kerja lewat jobstreet

Tips Melamar Kerja di Website Pencari Kerja

1. Siapkan Resume Anda

Pastikan Anda memiliki resume yang terbaru dan informatif. Resume harus mencakup ringkasan pengalaman, pendidikan, keterampilan, dan pencapaian Anda. Gunakan format yang rapi dan mudah dibaca



2. Susun Riwayat Pekerjaan

Pastikan Anda mengatur riwayat pekerjaan Anda dalam urutan yang logis, dengan pekerjaan terbaru di bagian atas. Sertakan tanggal mulai dan berakhirnya pekerjaan, serta tugas dan prestasi yang relevan.

3. Tinjau Contoh Formulir Aplikasi Pekerjaan

Beberapa perusahaan menggunakan formulir aplikasi online yang perlu diisi oleh pelamar. Tinjau formulir ini terlebih dahulu sehingga Anda tahu jenis informasi yang akan diminta.

4. Buat Akun di Situs Pencari Kerja

Daftar atau buat akun di situs pencari kerja yang Anda minati. Ini akan memungkinkan Anda untuk mengelola dan melacak lamaran Anda dengan lebih baik.

5. Posting Resume Anda Secara Online

Jika diberikan pilihan, posting resume Anda di situs pencari kerja sehingga perusahaan dapat menemukan Anda secara proaktif. Pastikan untuk mengatur privasi sesuai dengan preferensi Anda.

6. Gunakan Kata Kunci Pencarian Kerja

Ketika mencari pekerjaan di situs pencari kerja, gunakan kata kunci yang relevan dengan pekerjaan yang Anda cari. Ini akan membantu Anda menemukan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian dan minat Anda.

7. Buat Email Profesional

Jika Anda perlu mengirim email atau menghubungi perusahaan, pastikan Anda menggunakan alamat email yang profesional. Hindari alamat email yang terlalu santai atau tidak profesional.

Baca juga: Cara melamar kerja lewat glints


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!