cara melamar kerja lewat jobstreet

Cara Melamar Kerja Lewat Jobstreet Paling Mudah

Jobstreet menjadi portal lowongan kerja paling sering dikunjungi oleh para pencari kerja. Portal ini menawarkan pekerjaan tidak hanya di Indonesia tetapi juga di negara-negara Asia Tenggara. Berikut ini merupakan penjelasan terkait cara melamar kerja lewat jobstreet yang penting Anda ketahui, yuk simak!!!

Apa Itu Jobstreet?

Dilansir dari jobstreet.com, JobStreet merupakan perusahaan penyedia informasi lowongan pekerjaan. JobStreet sebagai sebuah platform daring yang berfokus pada pencarian pekerjaan dan sumber daya manusia yang sangat populer di Asia Tenggara. Situs web JobStreet memungkinkan perusahaan untuk memposting lowongan pekerjaan dan mencari kandidat yang sesuai untuk posisi yang mereka tawarkan, sementara juga memberikan kesempatan bagi individu yang mencari pekerjaan untuk menemukan peluang yang sesuai dengan keterampilan dan pengalaman mereka.

JobStreet beroperasi di berbagai negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Ini merupakan salah satu sumber utama untuk mencari pekerjaan dan menemukan bakat dalam wilayah ini. JobStreet telah menjadi alat yang berharga bagi perusahaan dan individu dalam menjalani proses rekrutmen dan pencarian pekerjaan.

Baca juga: Rekomendasi website lowongan kerja

Cara Melamar Kerja Lewat JobStreet

1. Buka Terlebih Dahulu Situs Web JobStreet 

Bukalah situs jobstreet.com lalu cari logo JobStreet by Seek di pojok kiri atas layar. Anda kemudian akan ditanya apakah Anda ingin mencari pekerjaan di Malaysia, Singapura, Filipina, Indonesia atau Vietnam. 

Kemudian Anda akan menemukan formulir yang disebut aplikasi masuk. Jika Anda belum pernah membuat akun JobStreet sebelumnya, Anda harus mengklik Daftar GRATIS sekarang untuk mendaftarkan alamat email Anda.

2. Login Menggunakan Alamat Email 

Cara melamar kerja lewat jobstreet dengan log in memerlukan alamat email dan kata sandi. Jika Anda sudah memiliki alamat email terdaftar, kembali ke halaman pelamar baru tadi dan tekan enter lalu masuk ke jobstreet



3. Buat Profil Kemudian Lanjut Mengisi Biodata Bagaimana Cara Melamar Kerja Lewat Jobstreet 

Anda akan diminta untuk mengisi CV dengan nama sendiri. Beginilah mengakhiri pelatihan di perusahaan. Pada halaman pendidikan akhir ini, Anda harus mencantumkan institusi universitas tempat terakhir mengenyam pendidikan. 

Harus memberikan negara tempat tinggal berada sekarang, pendidikan, bidang studi, dan bulan kelulusan lengkap secara keseluruhan. Kemudian harus diisi halaman berikutnya berupa daftar magang terakhir.  Jika baru saja lulus dapat memilih lulusan baru. Namun, jika memiliki pengalaman magang, pekerja paruh waktu, atau sudah menjadi sukarelawan, lebih baik mengisinya di formulir.

Selain itu dapat mengisi kolom keterampilan, yang meningkatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan. Jangan lupa untuk melengkapi level skill dari skill ini apakah seorang pemula, menengah atau lanjutan. Jangan lupa mengetik kolom Bahasa karena ini penting adanya. Tentunya selain diisi dengan bahasa Indonesia, bahasa yang dimaksud adalah bahasa asing. Juga harus menyelesaikan level keterampilan dalam skala 0-10, di mana 0 buruk dan 10 sangat baik.

4. Sesuai Profil yang Sudah Anda Buat

Sekarang cara melamar kerja lewat jobstreet adalah dari menu, tekan temukan pekerjaan terbuka. Kemudian dapat menelusuri lokasi ini menggunakan salah satu kolom tersedia dari yang sudah disediakan.

Jika mengisi kolom tentang pekerjaan khusus sesuai keinginan dengan sesuatu akan menemukan ratusan tawaran pekerjaan dari seluruh Indonesia. Lowongan tersebut menyebutkan posisi yang ditawarkan, nama perusahaan pemberi kerja dan lokasi perusahaan.

Jika jumlah lowongan tercantum di sini terlalu banyak untuk dapat mempersempit pencarian. Dengan cara memfilter berdasarkan gaji hingga jenis pekerjaan, atau tanggal posting pekerjaan. Anda dapat mengklik tombol terapkan sekarang dan aplikasi akan dikirimkan.

5. Memilih Perusahaan 

Cara melamar kerja lewat jobstreet selanjutnya adalah Anda juga dapat melamar langsung ke perusahaan tersebut melalui iklan lowongan kerja di jobstreet paling diminati. Untuk aplikasi pribadi harus terlebih dahulu mengetahui alamat email departemen sumber daya manusia perusahaan. 

Kemudian kirim lamaran melalui email seperti pada halaman tercantum lalu buat surat lamaran melalui email. Singkatnya, langkah-langkahnya cukup mudah untuk dilakukan. Kunjungi web lalu daftar untuk membuat akun. Setelah pendaftaran berhasil dapat mencari tawaran pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi dan keinginan. Setelah menemukan posisi sesuai klik tombol lamar sekarang juga di halaman pekerjaan.

Anda akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran tersedia. Pastikan mengisi semua informasi diminta dengan benar dan jelas setelah mengisi formulir aplikasi akan diminta untuk mengunggah lampiran seperti CV dan surat lamaran.  Pastikan lampiran dalam format dapat dibuka dengan mudah oleh perusahaan. Setelah mengunggah lampiran, klik tombol tombol untuk mengirimkan aplikasi ke perusahaan ini.

Setelah mengirimkan aplikasi dapat melacak status aplikasi di halaman lamaran akun jobstreet. Jika perusahaan tertarik akan menghubungi di nomor telepon atau alamat email berikan dalam aplikasi tertera. Selalu ingat untuk memeriksa email dan telepon untuk status aplikasi.

Baca juga: Cara melamar kerja lewat karir.com

Tips untuk Meningkatkan Kesempatan Diterima Kerja Melalui Jobstreet

1. Buat Profil yang Menarik

Buat profil JobStreet yang lengkap dan informatif. Cantumkan riwayat pekerjaan, pendidikan, keterampilan, sertifikasi, dan pengalaman yang relevan.Unggah foto profil yang profesional, yang membuat Anda terlihat ramah dan kompeten.



2. Kustomisasi Pencarian

Sesuaikan pencarian pekerjaan dengan bidang, lokasi, dan jenis pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kualifikasi Anda. Gunakan filter-fitur pencarian yang ada di JobStreet untuk menyaring lowongan yang paling sesuai.

3. Atur Pemberitahuan

Aktifkan pemberitahuan agar Anda mendapatkan notifikasi segera saat ada lowongan pekerjaan baru yang sesuai dengan kriteria Anda.

4. Lengkapi Profil dengan Kata Kunci

Gunakan kata kunci yang relevan dengan pekerjaan yang Anda cari dalam profil Anda. Ini akan meningkatkan visibilitas Anda di hasil pencarian perusahaan.

5. Tingkatkan Keterampilan dan Sertifikasi

Jika Anda memiliki peluang untuk meningkatkan keterampilan atau memperoleh sertifikasi yang relevan, lakukanlah. Ini akan memperkuat profil Anda dan menarik perhatian perusahaan.

6. Tinjau Ulang Resume dan Surat Lamaran

Pastikan resume dan surat lamaran Anda mencerminkan kualifikasi dan pengalaman Anda dengan jelas. Soroti prestasi, proyek, atau pengalaman yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar.

7. Jangan Asal Melamar

Fokus pada pekerjaan yang benar-benar sesuai dengan kualifikasi dan minat Anda. Mengirimkan lamaran untuk setiap pekerjaan tanpa pertimbangan dapat merugikan Anda.

8. Siapkan Surat Lamaran yang Tepat

Buat surat lamaran yang disesuaikan dengan setiap pekerjaan yang Anda lamar. Jelaskan bagaimana pengalaman dan keterampilan Anda relevan dengan posisi yang ditawarkan.

9. Jadilah Aktif

Ikuti perusahaan yang menarik bagi Anda di JobStreet. Hal ini dapat memberikan Anda pembaruan tentang pekerjaan mereka dan menunjukkan minat Anda pada perusahaan tersebut.

10. Kirim Lamaran dengan Cermat

Saat mengirimkan lamaran, periksa kembali setiap detail untuk memastikan semuanya lengkap dan benar. Salah ketik atau kesalahan kecil dapat mengurangi kesempatan Anda.

11. Tunjukkan Profesionalisme dalam Komunikasi

Jika Anda dihubungi oleh perusahaan, tunjukkan sikap yang profesional dalam setiap komunikasi. Responlah dengan cepat dan dengan sopan.

12. Sertakan Portofolio (jika relevan)

Jika Anda bekerja dalam bidang yang memerlukan portofolio, pertimbangkan untuk menyertakan tautan ke portofolio online Anda atau lampirkan sampel pekerjaan.

13. Siapkan untuk Wawancara

Jika Anda dipanggil untuk wawancara, persiapkan diri dengan baik. Pelajari tentang perusahaan, praktikkan jawaban Anda, dan berikan penampilan yang profesional.

14. Jangan Putus Asa

Proses mencari pekerjaan bisa memakan waktu. Jangan putus asa jika Anda tidak segera mendapatkan tawaran pekerjaan. Terus lanjutkan pencarian dengan tekun.

15. Perbarui dan Evaluasi

Terus perbarui profil dan informasi Anda di JobStreet sesuai dengan perkembangan terbaru. Evaluasi dan sesuaikan strategi pencarian kerja Anda secara berkala.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!