10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Tips FGD dan Pengertian Secara Lengkap agar Interview Lancar

Tips FGD menjadi salah satu cara sukses lolos seleksi bekerja, yang wajib diketahui oleh semua calon pelamar di perusahaan. Hal ini dikarenakan FGD sendiri merupakan salah satu tahapan, untuk menentukan lulus tidaknya para pelamar dalam rangkaian proses seleksi.

Meski cukup penting untuk diketahui, saat ini masih banyak calon pelamar yang belum paham dan tahu cara melakukannya. Maka dari itu masih banyak para pencari kerja yang kehilangan kesempatan memperoleh pekerjaan karena kesalahan dalam proses FGD.

Oleh sebab itu ditengah perkembangan media dan teknologi informasi yang tersedia. Anda akan lebih mudah untuk memperoleh informasi terkait hal tersebut. Silahkan untuk melihat penjelasannya secara lengkap pada pembahasan berikut:

5 Tips FGD Terbaik untuk Diketahui

Penting bagi Anda untuk memahami rangkaian tahapan seleksi ini, agar bisa lolos dan masuk pada perusahaan impian. Mengingat pentingnya proses rekrutmen tersebut, perlu adanya latihan agar proses tersebut bisa dilakukan dengan baik.

Maka dari itu tips FGD berikut ini perlu dipelajari dan diterapkan dalam proses rekrutmen sebenarnya. Sebelum itu pastikan menerapkan cara di bawah agar mendapatkan hasil seleksi terbaik.

  1. Jaga Attitude dan Sikap

Dalam pelaksanaannya tentu perusahaan ingin mendapatkan karyawan yang memiliki sikap dan attitude baik. Hal ini juga berlaku meskipun terdapat permasalahan untuk diselesaikan. Maka dari itu pastikan untuk menjaga sikap pada tahapan tes ini.

Agar bisa sukses dalam seleksi ini, silahkan untuk membiasakan diri mengontrol emosi dan berpendapat secara kritis. Namun pastikan juga untuk berpendapat sesuai dengan data dan pengetahuan untuk kepentingan perusahaan dan pekerjaan.

  1. Ketahui Posisi

Tips FGD kedua untuk diketahui adalah sadar diri dan tahu posisi diri. Sebagai seorang calon karyawan pada tahapan ini, Anda harus mengetahui timming tepat untuk mengemukakan pendapat. Hindari kebiasaan memotong saat orang lain sedang berbicara.

Hal ini mampu mencerminkan sikap kerja yang baik dihadapan rekruter. Sikap ini juga membantu Anda untuk mendapatkan nilai lebih dalam tahapan proses FGD. Sebab sikap ini mampu menjaga kelancaran diskusi yang sedang dilakukan.

  1. Sampaikan Pendapat Secara Sopan dan Baik

Ketiga merupakan cara menyampaikan pendapat yang baik. Tentunya ketika dilakukan diskusi Anda akan dihadapkan dengan orang banyak, di antaranya adalah peserta tes lainnya. Usahakan untuk tidak melihat peserta tersebut sebagai saingan.

Hal tersebut akan membuat Anda ingin merasa menang saat berargumen. Tentu saja sikap tersebut bisa membuat Anda kehilangan kendali atas emosi. Maka dari itu usahakan untuk bersikap tenang dan menyampaikan pendapat secara baik.

  1. Hindarilah Debat Kusir

Debat kusir merupakan perdebatan, yang tidak akan ditemukan akhirnya. Padahal tujuan sebenarnya dari forum diskusi tersebut adalah untuk mendapatkan penyelesaian dari suatu masalah. Maka dari itu hal ini wajib dihindari oleh para peserta.

Perbedaan pendapat dalam sebuah diskusi tentu merupakan suatu hal yang wajar. Namun berpendapat tanpa dasar tentu tidak akan ada manfaatnya. Sehingga tips FGD berikutnya adalah pastikan data dan pendapat Anda sudah benar agar tidak terjadi debat kusir.

Perdebatan jenis ini akan membuat penilaian Anda menjadi jelek. Maka dari itu pastikan untuk menguasai tema masalah yang diperdebatkan terlebih dahulu, sebelum mengutarakan pendapat.

  1. Tampil Percaya Diri

Percaya diri bukanlah sombong, namun percaya dengan jawaban yang disampaikan berdasarkan masalah. Dalam sebuah diskusi dan berpendapat, sikap percaya diri menjadi salah satu poin penting untuk dikuasai.

Tidak jarang pendapat orang lain akan menjatuhkan Anda, namun saat memiliki sikap percaya diri peserta lain tidak bisa mematahkan argumen Anda. Usahakan untuk tampil percaya diri agar penilai memberikan nilai memuaskan.

Apa Itu FGD dan Keuntungannya

Kurang lengkap rasanya jika Anda belum mengetahui pengertian dari FGD tersebut. Proses tersebut merupakan kependekan dari Focus Group Discussion. Meski tidak semua perusahaan menerapkannya, namun rata-rata perusahaan besar memakai proses ini.

Tips FGD yang perlu diketahui oleh calon karyawan adalah peserta akan diberikan soal atau kasus, yang biasa terjadi di tempat kerja. Selanjutnya peserta diminta untuk menyelesaikannya dengan cara berpikir masing-masing.

Pengertian dari focus group discussion itu merupakan tahapan dalam proses seleksi, di mana perusahaan ingin melihat cara bersikap dan berpikir kritis calon karyawannya ketika di tempat kerja. Maka dari itu proses seleksi ini sering dilakukan pada tahapan akhir seleksi.Terdapat berbagai jenis tahapan seleksi masuk perusahaan, yang belum diketahui oleh para pencari kerja. Hal tersebut membuat peluang kerja menjadi semakin kecil. Tips FGD wajib dikuasai oleh masyarakat, yang ingin mencari pekerjaan pada berbagai perusahaan.

Bagikan Artikel: