10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Sistem Kerja Pasukan Oranye

Bagaimana Sistem Kerja Pasukan Oranye? Simak Penjelasan

Bagaimana sistem kerja pasukan oranye? Bagaimana caranya bisa bergabung? Ya, pastinya Anda butuh informasi mengenai hal ini sebelum bergabung. Terlebih menjadi bagian dari mereka merupakan kehormatan sendiri untuk masyarakat Jakarta.

Sebenarnya pasukan Oranye ini merupakan sebutan khusus untuk anggota PPSU DKI Jakarta. Sedangkan tugas umum dari pasukan ini yaitu memelihara serta memperbaiki segala sarana dan prasarana kota di Jakarta.

Untuk jumlah keanggotaannya sendiri sesuatu ketentuan kelurahan setempat. Jadi, setiap kelurahan memiliki beberapa jumlah anggota. Bagi juga area kerjanya, mereka hanya melakukan perbaikan sarana dan prasarana di area kelurahannya tersebut.

Pasukan oranye ini bukanlah pekerja relawan, di mana mereka juga mendapatkan gaji yang sesuai selama menjadi anggota. Dilihat dari sistem kerja pasukan oranye? sendiri terbilang cukup berisiko karena harus menghadapi bahaya serta gangguan terhadap publik.

Untuk besaran upah yang diterima oleh PPSU DKI Jakarta ini mengikuti UMP yakni Upah Minimum Provinsi berdasarnya kota Jakarta. Tidak heran beberapa orang juga tertarik untuk menjadi bagian dari anggota pasukan oranye tersebut.

Sebenarnya pasukan ini awalnya dibentuk sejak Basuki Tjahaja Purnama masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Lalu, progam baik ini masih diteruskan sampai pemerintahan saat ini, bahkan ada kemungkinan akan terus berjalan.

Semenjak adanya pasukan oranye tersebut, kota Jakarta jauh lebih baik karena masalah-masalah sampah, kerusakan jalan, dan lain sebagainya lebih berkurang dari sebelumnya. Tidak heran mereka mendapatkan julukan pahlawannya kota tersebut.

Bagaimana Sistem Kerja Pasukan Oranye? 

Sebelum Anda mendaftarkan diri untuk menjadi salah satu anggotanya, tentunya perlu mengetahui sistem kerja dari pasukan tersebut. Secara umum sistem kerja tersebut akan dijelaskan yaitu sebagai berikut ini.

1. Perbaiki Jalan yang Rusak

Bagaimana sistem kerja pasukan oranye? Ya, untuk sistem pekerjaan yang pertama yaitu pasukan ini akan mengawasi apabila terjadi kerusakan jalan, trotoar, dan lokasi sekitanya. Jadi, mereka siap sedia menangani masalah-masalah semacam ini.

Apabila terjadi pohon tumbang di sekitar lokasi atau jalan berlubang, pasukan oranye perlu membersihkan lokasi sesuai tugasnya. Sedangkan ketika jalanan rusak, maka bisa ditambah atau memberi peringatan kalau jalan sedangkan tidak bisa digunakan.

2. Pembersihan Sampah

Sistem kerja pasukan oranye? juga memiliki tugas untuk selalu membuat lingkungan sekitar kelurahan jauh dari sampah. Bahkan mereka siap menangani beberapa sampah tersebut meskipun letaknya sulit untuk dijangkau, misalnya di gorong-gorong.

Tidak heran ketika sampah tersebut terdapat di selokan kotor sekalipun mereka harus mampu menanganinya. Anda pasti pernah melihat bagaimana mereka bekerja, sehingga keadaan benar-benar kotor harus mereka hadapi.

3. Mengurus Taman

Lalu, apa lagi sih Sistem kerja pasukan oranye? pasukan oranye juga memiliki tugas memberikan perawatan terhadap fasilitas di taman tersebut. Termasuk menjaga agar kerusakan terjadi apabila terdapat fasilitas publik.

Sudah pasti ketika ada pohon tumbang, ranting mengganggu, harus mereka atasi. Hal tersebut demi menjaga agar keadaan taman tetap kondusif. Jadi, setiap pengunjung yang datang tidak terganggu ketika berada di taman dekat kelurahan tersebut.

Bisa dikatakan bahwa pekerjaannya sebagai pasukan oranye sangatlah mulai seperti halnya pahlawan super di dunia nyata. Tidak heran para masyarakat di sekitar mampu memaklumi apabila pekerjaan mereka terkadang mengganggu sekitar, seperti suara bising.

Apa Saja yang Perlu Diperhatikan Ketika Mendaftar Menjadi Anggota

Sudah paham bukan tentang sistem kerja pasukan oranye? Ya, apabila Anda berminat untuk bergabung menjadi salah satu anggota perlu memenuhi beberapa syarat. Meskipun ada syaratnya, namun prosesnya sangat mudah dilakukan.

Cara daftar pertama untuk bisa bergabung ke PPSU yaitu Anda perlu menyiapkan beberapa berkas untuk diseleksi oleh pihak pimpinan. Berkas-berkas tersebut nantinya akan menjadi tahap awal sebelum diterima.

Berikutnya yaitu calon pelamar juga perlu diseleksi pengalaman kerjanya sesuai divisi mana yang dimasuki. Pengalaman ini sangatlah penting untuk diperhatikan agar setelah pekerjaan dimulai, bisa terhindari dari hal-hal berbahaya sembari dilakukan praktik lapangan.

Apabila seleksi sebelumnya berhasil lolos, maka Anda juga perlu melakukan tes tertulis. Biasanya tes semacam ini hanya seputar pengetahuan dasar dari pekerjaan sebagai pasukan oranye. Apabila sering memperhatikan mereka, pasti sedikit paham.

Sedangkan untuk yang terakhir adalah melakukan wawancara, di mana beberapa pertanyaan akan diajukan sesuai kesanggupan Anda melakukan pekerjaan dalam kondisi apapun. Dari sana, pewawancara akan mendiskusikannya kepada atasan.

Banyak orang memang berminat untuk menjadi bagian dari pasukan oranye ini karena gajinya cukup menjanjikan. Masihkan Anda bingung tentang sistem kerja pasukan oranye? Apabila tertarik, maka bisa segera daftarkan apabila lowongan dibuka.

Bagikan Artikel: