rumus Excel untuk admin

Rumus Excel untuk Admin Lengkap dan Mudah

Bagi Anda yang bekerja di bidangnya, rumus excel untuk admin tentu penting. Excel adalah alat yang dapat digunakan untuk memproses data secara otomatis. Termasuk data yang memerlukan operasi matematika sederhana (penjumlahan, kurang, bagi, dan kali) serta yang lebih rumit.

Perangkat lunak pengolah angka terkemuka dari Microsoft telah menunjukkan kemampuannya untuk membuat berbagai aktivitas lebih mudah diselesaikan.

Misalnya, membuat, mengedit, menyortir, menganalisis, dan meringkas data; melakukan perhitungan matematis dan statistik; membantu pengelolaan logika dan kesulitan matematika; dan membuat berbagai grafik dan diagram.

Memahami rumus Excel sangat penting untuk mempelajari Microsoft Excel karena sering digunakan dalam perhitungan dan pemrosesan data.

Baca juga: Tugas administrasi perkantoran & tanggung jawabnya!

Berikut Ini Rumus Excel untuk Admin

Excel adalah salah satu aplikasi yang sangat berguna bagi administrator perkantoran, karena membantu mereka dalam mengelola dan menganalisis data dengan mudah. Berikut adalah beberapa rumus Excel yang berguna untuk administrator perkantoran:

  1. SUM

Rumus excel untuk admin SUM adalah salah satu rumus Excel paling dasar dan berguna. Penggunaannya sangat mudah, hanya memasukkan sel atau selang sel yang ingin dijumlahkan dan menekan tombol Enter.

Contoh, jika Anda memiliki sejumlah nilai dalam sel A1 hingga A10 dan ingin menjumlahkan semuanya, Anda dapat menggunakan rumus =SUM(A1:A10). Ini akan menjumlahkan semua nilai dalam sel tersebut dan menampilkan hasilnya.

  1. AVERAGE

Rumus AVERAGE digunakan untuk menghitung rata-rata dari sejumlah sel. Caranya sama seperti rumus SUM, hanya perlu memasukkan sel atau selang sel yang ingin dianalisis dan menekan tombol Enter.

Contoh, jika Anda memiliki sejumlah nilai dalam sel A1 hingga A10 dan ingin mengetahui rata-rata dari nilai tersebut, Anda dapat menggunakan rumus =AVERAGE(A1:A10). Ini akan menghitung rata-rata dari semua nilai dalam sel tersebut dan menampilkan hasilnya.

  1. COUNT

Rumus COUNT digunakan untuk menghitung jumlah sel yang tidak kosong. Contohnya, jika Anda memiliki sejumlah sel dan ingin mengetahui berapa banyak sel yang memiliki data, Anda dapat menggunakan rumus =COUNT(A1:A10).

Rumus excel untuk admin ini akan menghitung jumlah sel dalam selang tersebut yang memiliki data dan menampilkan hasilnya.

  1. MAX

Rumus MAX digunakan untuk menemukan nilai maksimum dari sejumlah sel. Caranya sama seperti rumus SUM dan AVERAGE, hanya perlu memasukkan sel atau selang sel yang ingin dianalisis dan menekan tombol Enter.

Contoh, jika Anda memiliki sejumlah nilai dalam sel A1 hingga A10 dan ingin mengetahui nilai maksimum dari nilai tersebut, Anda dapat menggunakan rumus =MAX(A1:A10). Ini akan menemukan nilai maksimum dari semua nilai dalam sel tersebut dan menampilkan hasilnya.

Baca juga: Cara belajar komputer dasar

  1. MIN

Rumus excel untuk admin MIN bekerja sama seperti rumus MAX, hanya mencari nilai minimum dari sejumlah sel. Caranya sama seperti rumus MAX, hanya perlu memasukkan sel atau selang sel yang ingin dianalisis dan menekan tombol Enter.

Contoh, jika Anda memiliki sejumlah nilai dalam sel A1 hingga A10 dan ingin mengetahui nilai minimum dari nilai tersebut, Anda dapat menggunakan rumus =MIN(A1:A10). Ini akan menemukan nilai minimum dari semua nilai dalam sel tersebut dan menampilkan hasilnya.

  1. IF

Rumus IF adalah rumus logika yang memungkinkan Anda menentukan apakah suatu kondisi benar atau salah dan memberikan hasil berdasarkan kondisi tersebut. 

Contoh, jika Anda memiliki sejumlah nilai dalam sel A1 hingga A10 dan ingin mengetahui apakah nilai di setiap sel lebih besar atau sama dengan 10, Anda dapat menggunakan rumus =IF(A1>=10, “Lebih Besar”, “Kurang”). 

Ini akan membandingkan nilai dalam sel A1 dengan 10 dan memberikan hasil “Lebih Besar” jika nilai lebih besar atau sama dengan 10 dan “Kurang” jika nilai kurang dari 10.

  1. VLOOKUP

Rumus excel untuk admin VLOOKUP digunakan untuk mencari dan menampilkan data dari tabel atau data sumber lain. Ini berguna jika Anda memiliki data besar dan ingin mempermudah pencarian data.

Ini hanya beberapa rumus Excel yang berguna bagi administrator perkantoran. Ada banyak rumus lain yang bisa digunakan untuk membantu mereka dalam mengelola dan menganalisis data.

Jika administrator perkantoran membutuhkan bantuan dalam menggunakan rumus Excel untuk admin, mereka bisa mencari sumber belajar online atau berkonsultasi dengan spesialis Excel.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!