10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Persyaratan Melamar Kerja yang Baik dan Benar, Lengkap!

Apakah Anda merupakan fresh graduate yang ingin mengetahui apa saja persyaratan melamar kerja yang baik dan mendapatkan perhatian dari HRD atau rekruter? Seperti yang diketahui, ketika melamar pekerjaan tentu ada banyak kandidat lain yang ikut melamar.

Sehingga Anda perlu menjadi kandidat yang menarik agar disukai oleh adik dan mendapatkan kesempatan lebih besar. Ada banyak tahap seleksi yang perlu dilalui seperti tes tulis, tes psikologi hingga interview.

Sebelumnya, perlu memilih bidang sesuai dengan keahlian atau sesuai dengan posisi yang akan dilamar karena hal ini akan menjadi nilai plus karena peluang diterima di perusahaan lebih besar.

Selain itu cobalah mengikuti persyaratan melamar kerja yang sudah ditentukan atau setidaknya persyaratan paling umum. Karena umumnya seseorang gagal melamar pekerjaan hanya karena sejumlah persyaratan yang tidak terpenuhi.

Tips Saat Melamar Kerja Sebagai Kandidat Terbaik 

Selain perlu memilih bidang yang tepat sesuai dengan keahlian, persyaratan-persyaratan saat melamar pun perlu diperhatikan secara detail misalnya menggunakan foto profesional dengan menggunakan pakaian formal.

Hindari menggunakan efek filter atau mempercantik diri secara berlebihan karena akan memberikan kesan kurang profesional. Bahkan Anda juga disarankan menggunakan cover letter untuk memberikan gambaran akan kepribadian dan kemampuan pelamar.

Lakukan riset terlebih dahulu seputar perusahaan dengan tujuan untuk menambah pengetahuan mengenai bisnis yang nantinya dijalankan, target pasar hingga kontribusi Anda yang bisa diberikan untuk perusahaan.

Apa Saja Persyaratan Melamar Kerja yang Perlu Dilengkapi?

Selain beberapa hal yang sudah disebutkan di atas sebagai tips agar Anda dianggap sebagai pelamar atau kandidat yang berpotensi, cobalah untuk memenuhi persyaratan saat melamar kerja sebagai berikut:

  1. Surat lamaran kerja

Cara pertama yang wajib disiapkan adalah surat lamaran kerja di mana Ini fungsinya untuk menjelaskan minat pelamar terhadap perusahaan dan memberikan informasi bahwa pelamar sedang mencari pekerjaan.

Ada juga cover letter atau surat pengantar di mana berbeda dari surat lamaran kerja karena terdiri dari tiga paragraf berisi alasan mengapa pelamar menginginkan pekerjaan pada perusahaan tersebut.

  1. CV atau Curriculum Vitae

Persyaratan melamar kerja selanjutnya adalah CV di mana daftar riwayat hidup ini isinya mencakup data diri, alamat email hingga nomor telepon, skill dan riwayat pendidikan.

  1. Portofolio

Portofolio sendiri adalah kumpulan hasil karya yang sudah dibuat selama hidup untuk menunjukkan bahwa Anda memiliki keterampilan atau skill yang nantinya juga tertera pada CV.

  1. Fotocopy sertifikat keterampilan

Penting juga menyertakan fotocopy sertifikat sertifikat keterampilan saat melamar kerja misalnya sertifikat berupa seminar atau pelatihan, lomba sesuai dengan posisi yang dilamar.

  1. Ijazah dan transkrip nilai

Tentu ijazah dan transkrip nilai merupakan salah satu persyaratan melamar kerja yang perlu diperhatikan di mana Anda perlu mencantumkan riwayat pendidikan terakhir beserta transkrip nilai.

  1. Pas foto terbaru

Pas foto terbaru juga sangat penting untuk menunjukkan umur atau kondisi terkini agar tidak menimbulkan kekeliruan sehingga Anda perlu memperbaharui pas foto dan memastikan foto tersebut adalah foto terbaru.

  1. Fotokopi kartu identitas, SKCK dan Surat keterangan sehat

Fotokopi kartu identitas adalah syarat penting yang perlu dilakukan saat melamar pekerjaan di sebuah perusahaan di mana hal ini digunakan untuk melakukan validasi para pelamar.

Selain itu SKCK juga merupakan persyaratan melamar kerja dan perlu dicantumkan, dokumen ini menunjukkan catatan kriminalitas atau kejahatan seseorang sehingga Anda perlu mencantumkan SKCK untuk memastikan tidak pernah terlibat kriminalitas.

Begitu juga dengan Surat keterangan sehat, umumnya perusahaan membutuhkannya saat pelamar telah lulus tahap perekrutan namun tidak ada salahnya jika Anda menyiapkan dokumen tersebut di awal.

  1. Fotokopi surat pengalaman kerja dan kartu AK 1

Kartu AK1 atau kartu kuning juga tidak boleh ketinggalan karena kartu ini merupakan kartu tanda pencari kerja yang dikeluarkan oleh lembaga pemerintah yaitu Dinas Ketenagakerjaan atau Disnaker.

Kartu ini dibuat dengan tujuan pendataan para pencari kerja serta memastikan kuantitas tenaga kerja di Indonesia dan sangat dibutuhkan Ketika Anda melamar kerja di bidang instansi pemerintahan.

Beberapa persyaratan di atas merupakan persyaratan penting sehingga sebelumnya, lengkapi dulu persyaratan melamar kerja di atas agar peluang diterima oleh perusahaan semakin besar karena kelengkapan data Anda.

Bagikan Artikel: