cara melamar kerja di indomaret

6 Cara Melamar Kerja di Indomaret Paling Jitu! Wajib Dicoba

Cara melamar kerja di Indomaret memang bukan perkara yang mudah. Apalagi Indomaret telah menjadi toko ritel terbesar di Indonesia saat ini. Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Goodstats, PT Indomarco Prismatama atau yang terkenal dengan sebutan Indomaret merupakan toko ritel terbesar yang ada di Indonesia saat ini.

Terbukti hingga data terakhir yang dilansir dalam webiste resmi Indomaret menyatakan Jumlah gerai Indomaret di Indonesia hingga bulan Agustus tahun 2023 sebanyak 22.077.

Tak heran dengan besarnya perusahaan tersebut, Indomaret menjadi salah satu perusahaan yang paling di impikan bagi sebagian pencari kerja. Tidak heran, jaringan ritel ini banyak dituju oleh para pencari kerja. 

Namun sulit bukan berarti mustahil untuk dicoba. Berikut beberapa cara melamar kerja di Indomaret yang paling efektif.

Baca juga: Cara Menulis Prestasi dalam CV Paling Sederhana

Syarat Dan Dokumen Yang Wajib Dipenuhi Saat Melamar Kerja di Indomaret

Terdapat beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi saat hendak melamar kerja di Indomaret.

Namun persyaratan ini juga menyesuaikan pada posisi yang hendak Anda lamar. Berikut beberapa syarat melamar kerja di Indomaret:

  • Pria/wanita
  • Usia 18 – 30 tahun
  • Pendidikan minimal SMA/sederajat
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Tidak bertindik (khusus pria)
  • Tidak bertato

Dalam melamar kerja di Indomaret, Terdapat beberapa dokumen yang wajib disiapkan seperti:

  • Scan ijazah terakhir
  • Surat lamaran kerja Indomaret
  • Scan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku
  • Scan E-KTP
  • Pas Foto ukuran 4×6
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • CV atau resume terbaru
  • Surat lamaran atau motivation letter
  • Ijazah pendidikan terakhir, jika belum memiliki bisa menggunakan surat keterangan lulus
  • Surat keterangan sehat dari rumah sakit atau klinik terdekat

Ada satu hal yang perlu Anda perhatikan. Anda dapat menyiapkan semua dokumen tersebut terkecuali pas foto dalam bentuk pdf dengan ukuran maksimal 200 kb. 

Baca juga: Berikut Situs untuk Mereview CV Kualitas Terbaik

Cara Melamar Kerja di Indomaret Lewat Online

Cara melamar kerja di Indomaret yang pertama adalah dengan melalui daring atau online.

1. Kunjungi Situs Resmi Indomaret

Anda dapat mengunjunginya di https://career.indomaretgroup.com/jobs

2. Pilih Jenis Pekerjaan Yang Tersedia

Terdapat beberapa jenis pekerjaan yang dapat Anda pilih sesuai kualifikasi. Mulai dari Internship, Management Development Program, IT Specialist, Supervisor Development Program, Professional dan Staff.

Tangkapan layar Indomaret


3. Anda Akan diarahkan ke halaman “Syarat Dan Lowongan Kerja Yang Tersedia”

Di masing masing jenis pekerjaan, memiliki syarat dan lowongan kerja yang tersedia berbeda beda. Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan kualifikasi yang Anda Miliki.

halaman syarat Internship
halaman syarat MDP
halaman syarat IT Specialist
halaman syarat SDP
halaman syarat professional

Untuk halaman staff sendiri memiliki perbedaan, dimana saat membuka halaman tersebut Anda akan diminta untuk Menginput Nomor KTP sebanyak 16 digit.

halaman persyaratan staff

4. Pilih Lokasi yang Sesuai

Setelah memilih program yang sesuai dengan kualifikasi Anda, Selanjutnya Anda dapat memilih lokasi sesuai dengan penempatan kerja yang Anda inginkan.

pilih lokasi penempatan kerja

5. “Apply” Lowongan Pekerjaan Yang Sesuai

Setelah mengisi lokasi yang Anda inginkan, Anda akan menemukan list lowongan pekerjaan yang tersedia. Untuk itu, Anda dapat memfilter lowongan pekerjaan tersebut sesuai dengan kualifikasi yang Anda miliki.

klik “apply” pada lowongan kerja yang sesuai

5. Isi Formulir Pendaftaran

Setelah masuk ke menu “Apply”, Anda akan diarahkan ke dalam ke menu “isi formulir pendaftaran”. Di halaman ini, Anda diminta untuk mengisi secara lengkap identitas Anda mulai dari Nomor KTP hingga jenis kelamin.

Tak lupa juga untuk menyiapkan foto guna di upload dalam formulir pendaftaran.

formulir pendaftaran Indomaret

6. Tunggu Kabar

Setelah Anda berhasil mengisi semua data yang diminta dalam “formulir pendaftaran”, langkah selanjutnya yang Anda perlukan dalam cara melamar kerja di Indomaret adalah menunggu kabar dari Pihak Indomaret.

Pihak Indomaret membutuhkan setidaknya 2 minggu untuk memproses semua lamaran yang dikirimkan guna nantinya di filter dan dihubungi melalui email, Whastapp, ataupun telepon.



Cara Melamar Kerja di Indomaret Secara Offline

Selain online, Melamar kerja di Indomaret juga dapat dilakukan secara offline.

Cara melamar kerja di Indomaret Secara offline yang dimaksud adalah dengan mengirimkan berkas lamaran dan menjalankan semua proses rekrutmen secara fisik atau tatap muka.

Dimana calon pelamar dapat mendatangi langsung indomaret cabang terdekat yang sedang membuka lowongan pekerjaan.

1. Siapkan Semua Berkas Lamaran yang Diperlukan

Perlu diingat bahwa sebelum Anda memutuskan untuk datang langsung ke tempat, terdapat beberapa berkas atau dokumen yang harus Anda bawa. 

Beberapa dokumen yang wajib untuk Anda bawa sebagai persyaratan cara melamar kerja di Indomaret adalah sebagai berikut:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • CV atau resume terbaru
  • Surat lamaran atau motivation letter
  • Surat SKCK
  • Ijazah pendidikan terakhir, jika belum memiliki bisa menggunakan surat keterangan lulus
  • Pas foto ukuran 4×6 
  • Surat keterangan sehat dari rumah sakit atau klinik terdekat

2. Serahkan Dokumen Persyaratan ke Kantor Cabang Terdekat

Dokumen-dokumen di atas wajib Anda penuhi dan kumpulkan dalam satu map. Jika sudah terkumpul, Anda bisa datang ke cabang Indomaret terdekat dari tempat Anda tinggal.

Perlu dicatat bahwa meskipun Anda melamar di cabang Indomaret cabang terdekat, Anda juga akan melewati serangkaian tes, mulai dari interview, tes psikologi, dan beberapa tes lainnya untuk posisi tertentu. 

Setelah Anda mengikuti serangkaian tes tersebut dan Anda dinyatakan lulus, besar kemungkinan bahwa Anda tidak akan ditempatkan di cabang Indomaret tempat kamu melamar tadi. 

Biasanya, Anda akan dirotasi dan ditempatkan di cabang Indomaret lainnya. Dan biasanya, setelah beberapa bulan sekali, Anda akan dirotasi kembali untuk ditempat di cabang Indomaret daerah lainnya. 

Beberapa Tes Yang Mesti Dijalankan Saat Melamar Kerja di Indomaret

Setelah melalui proses seleksi CV, Anda juga akan menemukan beberapa tes yang mesti dijalankan saat melamar kerja di Indomaret sebagai tahapan yang mesti Anda lalui sebelum resmi bekerja di Indomaret. Tahapan tes tersebut antara lain:

  • Tes psikotes Indomaret
  • Tes wawancara/interview
  • Tes fisik (untuk beberapa posisi)
  • Pengumuman diterima bekerja full time di Indomaret
  • Training (baca materi training Indomaret )
  • Mulai bekerja penuh

Benarkan Melamar Kerja Di Indomaret Hanya Bisa Sekali Seumur Hidup?

Belum lama ini, media sosial juga diramaikan oleh cuitan seorang pengguna “x” yang mengatakan jika melamar kerja di indomaret hanya bisa dilakukan sekali seumur hidup.

“Guys ini beneran kah sekali seumur hidup ? padahal aku blm pernah interview dan psikotes, aku waktu itu dapet panggilan cuma ngga dateng so saaddd,” tulis pengunggah.

Setelah di konfirmasi ke pihak Indomaret, cuitan tersebut tidak sepenuhnya benar. Dimana dalam sebuah kesempatan Marcomm Executive Director PT Indomarco Prismatama Bastari Akmal mengungkapkan:

Apabila kandidat pernah melamar di Indomaret, namun tidak menghadiri proses rekrutmen, maka untuk ke depannya yang bersangkutan tidak dapat melamar kembali. Hal ini dilakukan karena Indomaret memiliki sistem rekrutmen yang efektif,efesien dan menjunjung tinggi kualitas.

Menurut Bastari, kandidat yang telah melamar di Indomaret akan tetap bisa melamar kembali di Indomaret dengan cara datang ke kantor cabang Indomaret.

Dirinya juga mengungkapkan jika dengan melamar melalui kantor cabang, kandidat tersebut akan masih bisa melamar di Indomaret dan tidak kena blacklist.

Tips Sukses Interview Kerja di Indomaret

Dengan tingginya persaingan untuk melamar kerja di Indomaret, Diperlukan beberapa tips dan trik yang perlu Anda ketahui agar Anda bisa lolos dari persaingan ketat tersebut.

Dengan melakukan tips berikut, Anda memiliki kesempatan lebih besar untuk memperoleh pekerjaan tersebut.

1. Berpakaian dan berpenampilan rapi

Gunakanlah pakaian yang rapi dan memang sudah ditentukan sebelumnya, jika belum ditentukan, umumnya Anda dapat menggunakan atasan berupa kemeja putih dan bawahan celana/rok hitam berbahan kain (bukan jins). 

Jangan lupa juga untuk memasukkan pakaian ke dalam celana/rok menggunakan sepatu pantofel atau yang berwarna hitam agar terlihat semakin rapi.

Bukan hanya pakaian saja yang perlu Anda perhatikan, penampilanmu pun juga harus tidak luput dari perhatian. Anda harus berpenampilan rapi dan bersih.

Jangan sampai terkesan acak-acakan saat melakukan wawancara dengan rekruiter

2. Selalu Bersikap dan Bertutur Kata Yang Sopan

Sopan santun menjadi salah satu hal ini sangat penting untuk menunjukkan kepada HRD bahwa Anda memiliki attitude yang baik untuk bisa diterima bekerja di Perusahaan sekelas Indomaret.

Selalu gunakan bahasa yang sopan dan formal. Intinya jangan sampai Anda bersikap dan bertutur tidak sopan di hadapan HRD.

3. Perkenalkan diri Anda Dengan Percaya Diri 

Salah satu hal terpenting yang perlu Anda perhatikan saat berada di hadapan HRD Adalah percaya diri.

Anda dapat menunjukan rasa percaya diri tersebut dengan menjabat tangan HRD tersebut sembari memperkenalkan diri dengan sopan. Senyumlah secukupnya, dan hindari tindakan yang berlebihan!

4. Duduk Tegap

Duduklah ketika HRD Indomaret sudah mempersilahkan duduk.

Posisi duduk pun wajib Anda perhatikan. Duduk yang tegap akan memberikan kesan jika Anda memiliki keseriusan dalam melamar pekerjaan tersebut.

Hindari menyandarkan tubuh ke belakang dan terlalu membungkuk ke depan. Jangan lupa juga letakkan kedua tangan di atas meja.

6. Kontak Mata

Hal ini juga sangat penting untuk menunjukkan kepada HRD Indomaret bahwa Anda memiliki kepercayaan diri yang baik.

Tataplah HRD ketika ia berbicara sebagai bentuk atensi dan fokusmu menyimak beliau.

7. Volume Suara

Ketika menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan oleh HRD, Anda harus mengatur suara anda secara volume dan artikulasi agar terdengar jelas.

Untuk itu kontrol volume suara sangat diperlukan, jangan terlalu besar namun tak usah juga teramat kecil. Yang penting kedengaran jelas.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.