10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

cara melamar kerja di Indomaret

2 Cara Melamar Kerja di Indomaret, Simak Yuk!

Indomaret merupakan salah satu perusahaan impian bagi sebagian orang. Tidak heran, jaringan ritel ini banyak dituju oleh para pencari kerja. Bisnis yang dijalankan oleh Indomaret bisa dibilang merupakan jenis bisnis yang tidak ada matinya. Pasalnya Indomaret menjual kebutuhan sehari-hari, yang mana akan selalu ada konsumennya. 

Karena banyak pencari kerja yang mengincar untuk bisa bekerja di Indomaret, alhasil tingkat persaingan untuk diterima cukup ketat. Namun, meskipun ketat bukan berarti kamu tidak bisa masuk dan bekerja di Indomaret, lho.

Pasalnya banyak calon pekerja yang tidak mengetahui bagaimana mengirim resume/CV ke Indomaret. Artikel ini akan membahas mengenai tips cara melamar kerja di Indomaret sehingga kamu bisa memperbesar kans atau kesempatan diterima untuk bekerja di perusahaan tersebut. 

Baca juga: Berikut Situs untuk Mereview CV Kualitas Terbaik

Bagaimana Cara Melamar Kerja di Indomaret?

Pada dasarnya, terdapat beberapa cara melamar kerja di Indomaret. Indomaret membuka kesempatan melalui lowongan pekerjaan yang dipublikasikan melalui portal jobnya. 

Untuk bisa melamar, kamu bisa menggunakan beberapa cara melamar kerja di Indomaret sesuai yang kamu pikir paling mudah. Berikut ini merupakan beberapa hal yang bisa kamu ikuti langkah-langkahnya. 

1. Melamar di Indomaret Melalui Online

Cara melamar kerja di Indomaret yang pertama adalah dengan melalui daring. Ini merupakan cara yang paling umum dan banyak dilakukan oleh banyak kandidat. Pasalnya hampir semua perusahaan sudah menerapkan cara ini untuk menjaring calon pekerjanya. 

Cara melamar kerja di Indomaret via daring sebenarnya ada beberapa cara. Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengunjungi website atau situs Indomaret (indomaret.co.id). 

Setelah halaman terbuka dengan sempurna, kamu bisa memilih tab “karier”. Kemudian, kamu akan dibawa ke halaman baru, yaitu halaman khusus karir dan lowongan kerja di Indomaret. Kamu bisa mulai mendaftar jika belum memiliki akun. Setelah berhasil mendaftar, kamu bisa mengikuti semua rangkaian proses pendataan kandidat hingga pemilihan posisi yang ingin kamu tuju. 

Baca juga: Cara Menulis Prestasi dalam CV Paling Sederhana

Beberapa posisi yang umumnya dibuka biasanya magang, staff di berbagai divisi, profesional, hingga posisi tinggi manager. Sebelum kamu memilih, pastikan kualifikasi yang kamu miliki sesuai dengan kualifikasi yang diminta dan dijadikan sebagai syarat minimum dari posisi tersebut. 

Cara melamar kerja di Indomaret via daring berikutnya adalah dengan menggunakan jalur portal job online. Kamu bisa memanfaatkan portal job online yang tersedia untuk melamar di posisi yang kamu inginkan. Namun, harap diingat kualifikasi yang dibutuhkan harus sesuai dengan kemampuan yang kamu kuasai. 

2. Melamar di Indomaret secara langsung atau offline

Cara melamar kerja di Indomaret berikutnya adalah dengan menggunakan cara offline atau luring. Dengan cara luring, kamu harus datang langsung ke tempat atau Indomaret cabang terdekat. 

Perlu diingat bahwa sebelum kamu memutuskan untuk datang langsung ke tempat, terdapat beberapa berkas atau dokumen yang harus kamu bawa. 

Beberapa dokumen yang wajib untuk kamu bawa sebagai persyaratan cara melamar kerja di Indomaret adalah sebagai berikut:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • CV atau resume terbaru
  • Surat lamaran atau motivation letter
  • Surat SKCK
  • Ijazah pendidikan terakhir, jika belum memiliki bisa menggunakan surat keterangan lulus
  • Pas foto ukuran 4×6 
  • Surat keterangan sehat dari rumah sakit atau klinik terdekat

Dokumen-dokumen di atas wajib kamu penuhi dan kumpulkan dalam satu map. Jika sudah terkumpul, kamu bisa datang ke cabang Indomaret terdekat dari rumah kamu.

Perlu dicatat bahwa meskipun kamu melamar di cabang Indomaret cabang terdekat, kamu akan melewati serangkaian tes, mulai dari interview, tes psikologi, dan beberapa tes lainnya untuk posisi tertentu. 

Setelah kamu mengikuti serangkaian tes tersebut dan kamu dinyatakan lulus, besar kemungkinan bahwa kamu tidak akan ditempatkan di cabang Indomaret tempat kamu melamar tadi. 

Biasanya, kamu akan dirotasi dan ditempatkan di cabang Indomaret lainnya. Dan biasanya, setelah beberapa bulan sekali, kamu akan dirotasi kembali untuk ditempat di cabang Indomaret daerah lainnya. 

Demikianlah beberapa cara melamar kerja di Indomaret yang perlu kamu ketahui. Hal ini penting guna kamu bisa bersaing dengan para kandidat lainnya yang hendak melamar di perusahaan tersebut. Mengetahui cara melamar yang benar bisa memperbesar kans atau kesempatan kamu untuk diterima. 

Bagikan Artikel: