keunggulan fresh graduate dalam dunia kerja

Keunggulan Fresh Graduate dalam Dunia Kerja

Ada banyak keunggulan fresh graduate dalam dunia kerja yang jarang diketahui. Menjadi lulusan baru terkadang membuat seseorang bisa merasa minder saat pertama kali terjun di dunia kerja.

Padahal tanpa disadari terdapat banyak keunggulan dari fresh graduate untuk dibanggakan. Mayoritas fresh graduate ini merasa jika perusahaan tidak tertarik merekrut mereka sebaba fresh graduate merasa dir kurang pengalaman kerja.

Tetapi realitanya, pengalaman tidak menjadi satu-satunya faktor yang menentukan seorang kandidat untuk diterima oleh perusahaan maupun tidak. Sebab terdapat banyak poin penting lainnya yang dilihat HRD.

Apa yang Dimaksud Fresh Graduate?

Fresh graduate merupakan lulusan dari perguruan tinggi baik itu jenjang S1, D3 maupun D4. Mereka kebanyakan belum mempunyai pengalaman profesional untuk bekerja. 

Umumnya mereka adalah lulusan baru yang hendak berkecimpung di dunia kerja, seorang fresh graduate biasanya akan sangat minder dan juga tampak bingung ketika mau memasuki di dunia kerja.

5 Keunggulan Fresh Graduate Dalam Dunia Kerja

Menjadi fresh graduate memiliki Arti bahwa Anda berkesempatan untuk bekerja pada berbagai bidang. Bukan hanya Anda mempunyai skill dan juga semangat yang tinggi, keunggulan dari fresh graduate lainnya Anda masih dapat dibentuk menjadi seorang profesional di bidang tertentu. 

Bagi kamu yang ingin mengetahui apa saja kelebihan dalam dunia kerja kamu bisa menyimak pembahasan lebih lengkapnya berikut ini.

1. Semangat Belajar Tinggi

Keunggulan fresh graduate dalam dunia kerja yang pertama yakni mempunyai semangat belajar yang tinggi. Menjadi lulusan baru pastinya Anda akan merasakan jika di dunia kerja tidak sepenuhnya seperti yang sudah Anda lewati di bangku perkuliahan.

Umumnya Anda akan menjumpai begitu banyak hal yang berbeda di antaranya seperti lingkungan kerja dan juga pengaplikasian teori di sebuah pekerjaan. Oleh sebab itu biasanya salah satu keunggulan yang para fresh graduate yakni semangat belajar yang tinggi.

Anda akan didorong untuk terus bertanya dan haus akan ilmu dalam pekerjaan yang belum Anda ketahui. Hal ini akan berpengaruh baik untuk perusahaan. Sebab tidak sedikit karyawan yang telah berpengalaman merasa punya banyak ilmu dan tidak ingin belajar lagi.

Baca juga: Cara melamar kerja di company confidential

2. Pekerja Keras

Keunggulan fresh graduate dalam dunia kerja umumnya tampak menjadi seseorang yang bekerja keras, pastinya dengan memperoleh pekerjaan baru menjadikan seseorang termotivasi dan menampilkan skill ke perusahaan, hal ini biasanya akan dilakukan seseorang fresh graduate.

Kemudian seorang fresh graduate biasanya akan lebih bekerja keras daripada mereka yang sudah bekerja sangat lama di perusahaan tersebut. Pastinya hal ini akan jadi salah satu nilai plus yang yang dicari pihak perusahaan.



3. Antusias dengan Pekerjaan yang Diberikan

Selanjutnya yang menjadi keunggulan fresh graduate dalam dunia kerja yakni antusias pada pekerjaan. Ini sebab para fresh graduate baru pertama kali masuk ke dalam dunia kerja sehingga membuat mereka antusias dengan pekerjaan yang tengah dilakukan.

Mereka akan memberikan performa terbaik dan mendorong adanya kompetisi yang sehat di perusahaan. Hal ini membuat produktivitas tiap orang di perusahaan itu juga akan meningkat sebab tidak ingin kalah dari fresh graduate tersebut.

4. Terbuka dengan Feedback

Keunggulan fresh graduate dalam dunia kerja selanjutnya terbuka akan feedback. Para fresh graduate umumnya bersikap terbuka dengan masukan yang diberikan ke mereka, sehingga ini akan mendorong dan memberikan kesan positif pada pekerjaan pertama.

Kemudian membuat selalu ingin tahu terkait kinerja Anda telah sesuai dengan harapan atau tidak. Oleh sebab itu umumnya mereka akan terbuka dan juga mau menerima segala masukan tentang pekerjaan serta kinerja oleh senior di kantor maupun atasan.

Baca juga: Contoh cv taaruf

Aplikasi Produktivitas Diskon Hingga 95%

5. Tidak Ketinggalan Zaman

Keunggulan dari fresh graduate dalam dunia kerja terakhir yakni lebih up to date. Tidak sedikit orang merasa jika semakin muda seseorang maka akan lebih up to date disbanding ke generasi yang lebih tua. 

Hal ini juga sama dengan di dunia kerja sebab banyak perusahaan yang menganggap jika keunggulan fresh graduate yakni lebih tech savvy dan up to date terhadap perkembangan teknologi maupun zaman.

Dengan keunggulan ini pastinya akan jadi salah satu hal yang akan memberikan pengaruh positif saat melamar pekerjaan di suatu perusahaan, Sebab seluruh perusahaan sekarang ini penting untuk mengikuti tren pasar berdasarkan pada kemajuan zaman.

Ada banyak kelebihan dari fresh graduate sehingga para fresh graduate tidak perlu minder sebab Anda mempunyai banyak sekali nilai jual dan juga kelebihan dari yang lama. Dengan memahami keunggulan fresh graduate dalam dunia kerja akan memudahkan jalan Anda.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!