cara melamar kerja di company confidential

9 Cara Melamar Kerja di Company Confidential Paling Efektif dan Penjelasannya

Tidak sedikit pencari kerja yang masih bingung untuk memulai mealamar kerja di company confidential. Company confidential merupakan suatu istilah yang dipakai perusahaan yang tidak memberikan informasi terkait identitasnya di lowongan kerja.  Adapun company confidential memiliki arti rahasia, sehingga kerap memunculkan pertanyaan bagi pelamar kerja bagaimana perusahaan sedang memerlukan posisi tersebut. Berikut ini penjelasan dan cara melamar kerja di company confidential, yuk simak!!!

Pengertian Company Confidential

Menurut Law Insider, company confidential merupakan informasi rahasia mengenai Perusahaan yang sedang melakukan rekrutmen. Informasi ini biasanya memiliki nilai yang sangat penting bagi perusahaan dan tidak boleh diungkapkan kepada pihak luar.

Baca juga: Apa itu performance appraisal

Alasan Perusahaan Menggunakan Company Confidential

1. Tidak Ingin Mengumumkan Secara Publik Bahwa Perusahaan Sedang Membuka Lowongan

Ketika perusahaan ingin merekrut karyawan baru untuk posisi tertentu, mereka mungkin belum siap untuk mengumumkan secara terbuka kepada publik atau pesaing bahwa mereka sedang membuka lowongan. Hal ini dapat terkait dengan perencanaan strategis atau pengembangan produk tertentu yang harus tetap rahasia.

2. Tidak Ingin Terbaca Oleh Kompetitor

Informasi strategis, rencana bisnis, atau pengembangan produk yang belum diumumkan secara resmi dapat menjadi sumber daya berharga. Perusahaan mungkin ingin menghindari risiko informasi ini jatuh ke tangan pesaing yang dapat memanfaatkannya untuk keuntungan mereka sendiri.



3. Tidak Ingin Karyawan Tahu Bahwa Posisinya Akan Digantikan

Dalam situasi di mana perusahaan perlu menggantikan seorang karyawan atau mengambil tindakan tertentu terkait dengan stafnya, mereka mungkin ingin menghindari ketidakpastian atau kekhawatiran di antara karyawan yang akan terpengaruh. Ini dapat mencakup restrukturisasi atau pemotongan staf yang harus dijaga sebagai informasi rahasia sampai keputusan diambil.

4. Merupakan Anak Perusahan Dari Perusahaan Besar

Anak perusahaan dari perusahaan besar sering kali memiliki kebijakan kerahasiaan yang ketat terkait dengan strategi, keuangan, dan operasi mereka. Mereka harus mematuhi aturan yang ditetapkan oleh perusahaan induk mereka terkait dengan informasi yang harus dianggap sebagai “Company Confidential.”

Aplikasi Produktivitas Diskon Hingga 95%

5. Menemukan Kandidat Terbaik

Ketika perusahaan sedang melakukan proses seleksi karyawan, mereka mungkin ingin menjaga kerahasiaan nama-nama calon karyawan yang sedang diwawancara atau dinilai. Ini bisa dilakukan untuk menghindari situasi di mana kandidat yang sedang diwawancarai mendengar tentang seleksi mereka dari sumber lain.

6. Tidak Ingin Dihubungi Oknum Tidak Bertanggung Jawab

Ketika informasi perusahaan tersedia secara publik, ada risiko bahwa oknum tidak bertanggung jawab atau penipu dapat mencoba menghubungi perusahaan dengan maksud yang tidak jujur atau tidak etis. Menggunakan “Company Confidential” dapat membantu mengurangi risiko ini.

Baca juga: Apa itu company confidential?

Cara Melamar Kerja di Company Confidential



1. Fokus pada Kesempatan Bukan Identitas

Sama seperti artinya, iklan company confidential tidak menampilkan seluruh identitas perusahaan. Apabila terdapat informasi pada iklan yang menarik perhatian Anda, maka bisa untuk mempelajari lagi.  Dengan terbatasnya informasi yang diberikan, kalian bisa mencobanya kalau menurut Anda ini sebagai kesempatan yang tepat. Kemudian, yang paling penting terkait Cara melamar kerja di Company Confidential yaitu harus tetap berhati-hati.

2. Tetap Memperhatikan Etika dalam Melamar 

Iklan company confidential sangat tidak biasa untuk kebanyakan orang yang baru mau mencari pekerjaan. Mereka tidak akan tahu terkait alasan mengapa perusahaan membuka lowongan pekerjaan dengan cara tertutup.  Dengan adanya sistem perekrutan seperti ini, perusahaan menyuguhkan kandidat dengan kesan yang berbeda. Oleh sebab itu sangatlah penting bagi Anda yang mau melamar untuk tetap menjalankan etika melamar pekerjaan seperti pada umumnya.  Adapun cara melamar kerja di Company Confidential sama saja seperti mengirim resume, lalu menanti sampai dipanggil oleh pihak perusahaan dan akhirnya diterima. Kesan baik tersebut yakni jujur dan tetap berlaku etis.

3. Melakukan Riset

Riset menjadi bagian penting yang harus dilakukan ketika akan mengirim resume pada perusahaan. Adapun riset paling awal dan mudah yakni dengan mencari tahu melalui internet. Walaupun informasi yang ada terbatas, saat ini internet memiliki basis data yang sangat besar.  Kalau pelamar dapat lanjut untuk tahap perekrutan selanjutnya, maka bisa terus mengikuti perkembangan informasi yang disuguhkan. Melakukan riset lanjutan. Hal tersebut akan memberikan kesan kandidat untuk perusahaan untuk jadi sosok yang alternatif di perusahaan.

4. Menyiapkan Resume untuk Banyak Kemungkinan

Pelamar tidak mengetahui semua identitas perusahaan yang dilamar. Ini membuat kandidat tidak dapat membuat resume yang biasanya disesuaikan ke tujuan perusahaan.  Maka cara melamar kerja di Company Confidential yakni dengan menyiapkan resume yang dapat diterima secara umum. Tegaskan isi resume untuk kelebihan dan skill yang menjadikan kandidat merupakan pilihan terbaik bagi perusahaan tersebut.

5. Tidak Menunjukkan Informasi Terlalu Rinci di Awal

Langkah awal terkait cara melamar kerja di Company Confidential yakni menjadikan perusahaan tertarik terhadap resume pelamar. Apalagi kalau identitas perusahaan tersebut sama sekalai belum diketahui.  Sesudah resume dikirim, maka perusahaan tersebut akan memegang semua informasi identitas kandidat. Sementara kandidat masih belum mengenal atau tahui informasi seputar perusahaan. Pastikan untuk tidak memberikan informasi yang sangat rinci agar tidak membuang-buang waktu untuk keamanan data pribadi. Cukup dengan membuat perusahaan tertarik dan dapat lanjut hingga ke tahap berikutnya.

6. Ketika Iklan Menyembunyikan Informasi Penting Perusahaan

Anda tidak perlu takut kalau memberikan sangat sedikit informasi identitas ke perusahaan yang membuka lowongan lewat cara company confidential. Sebab mereka juga menyembunyikan identitasnya. Pelamar tidak terlalu resah identitas pribadi ada di tangan orang yang tidak dikenal.

7. Hindari Jika Ada Pungutan Biaya

Perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan secara jujur tidak akan menarik pungutan biaya apapun. Namun, jika dari awal pengiklan telah meminta calon pelamar untuk membayarkan sejumlah uang, maka untuk menjaga keamanan tidak perlu dilanjutkan.

8. Mengajukan Pertanyaan

Manfaatkan saat wawancara untuk kesempatan bertanya terkait identitas perusahaan tersebut. Penting diperhatikan, cara bertanya ada baiknya dilakukan dengan baik dan halus. Anda dapat bertanya terkait hal-hal yang berhubungan ke posisi pekerjaan kandidat.

9. Laporkan Apabila Ada hal yang Janggal dan Mengganggu

Jika terdapat persyaratan melamar yang tidak jelas atau janggal seperti diminta untuk menyertakan dokumen yang tidak seharusnya dibutuhkan untuk proses perekrutan, kandidat bisa melaporkannya pada situs lowongan pekerjaan tersebut. Kandidat juga bisa melaporkan hal itu pada forum lowongan pekerjaan.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!