jenis jenis communication skill

Inilah Jenis Jenis Communication Skill yang Harus Anda Kuasai

Ada tiga jenis jenis communication skill yang semuanya perlu Anda pahami. Karena dengan menguasai kemampuan komunikasi yang baik, ini akan berguna bagi kehidupan sosial, keluarga bahkan dunia kerja.

Pada dasarnya, komunikasi merupakan kegiatan yang tidak mungkin lepas dari kehidupan manusia. Karena pada dasarnya, manusia ialah makhluk sosial yang akan membutuhkan interaksi dengan sesama.

Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik tentunya dapat menunjang kehidupan Anda. Mulai dari kehidupan keluarga, pertemanan/pergaulan hingga dalam bidang pekerjaan yang Anda geluti.

Maka dari itu, pengembangkan kemampuan berkomunikasi atau communication skill termasuk salah satu hal yang wajib Anda beri perhatian. Sebelum itu, ada baiknya juga Anda pahami mengenai jenis-jenis kemampuan komunikasi.

Baca juga: Perbedaan illustrator vs photoshop

Mengenal Jenis Jenis communication skill dan Tujuannya

Mungkin masih banyak yang meremehkan pentingnya skill berkomunikasi dalam kaitannya dengan dunia kerja. Kebanyakan orang hanya mengganggap skill ini penting bagi beberapa pekerjaan saja misal jurnalistik, pembawa acara dan semacamnya.

Namun faktanya tidak demikian, bahkan bagi Anda yang bekerja sebagai staff biasa, kemampuan berkomunikasi juga tidak kalah penting. pasalnya, ini berguna untuk menjalin hubungan dengan staff lain atau bahkan atasan.

Tidak menutup kemungkinan, kemampuan berkomunikasi yang baik akan memuluskan karir Anda. Maka dari itu, kenali dulu jenis jenis communication skill berikut untuk kemudian bisa Anda pelajari.

  1. Oral Communication

Pertama ada oral communication atau komunikasi lisan. Ini merupakan jenis communication skill yang dilakukan melalui lisan. Jenis ini berhubungan dengan kemampuan seseorang dalam berbicara langsung untuk menyampaikan gagasan yang dimiliki.

Kemampuan ini mengharuskan komunikator (orang yang berbicara) untuk menyampaikan ide atau gagasannya kepada audiens. Tidak sekedar berbicara kepada audiens saja, namun Anda harus membuat audiens tersebut tertarik untuk mendengarkannya.

Dalam jenis jenis communication skill ini, ada beberapa hal penting yang perlu digarisbawahi. Jadi Anda harus mampu memperhatikan Bahasa tubuh, mendengarkan dengan kritis, pemahaman atas pendengar hingga latar belakang pemberi presentasi.

Jadi, jenis kemampuan berkomunikasi lisan itu tidak sekedar berbicara saja. Akan tetapi kemampuan ini akan berfokus untuk mampu berbicara kepada orang lain dengan memakai pendekatan yang tepat.

  1. Written Communication

Nomor dua ada jenis jenis communication skill tulisan atau written communication. Jika tadi adalah kemampuan berkomunikasi dengan penyampaian melalui suara langsung, kali ini adalah kemampuan berkomunikasi dengan media tulisan.

Kemampuan ini berfokus pada cara penyampaian informasi melalui media berupa tulisan dengan efektif. Jadi, pembaca dapat menerima informasi yang Anda sudah tuliskan dengan baik, tidak terjadi kesalahan persepsi atau semacamnya.

Tentu, skill ini tidak semudah apa yang Anda bayangkan. Karena faktanya, gaya menulis dan pendekatan pembaca itu akan berbeda-beda bahkan media penulisan juga akan ikut berpengaruh.

Dengan kemajuan teknologi informasi seperti sekarang, kemampuan berkomunikasi lewat tulisan juga semakin berkembang. Jika dulu media menulis adalah sebuah kertas, maka sekarang bisa berupa blog, forum online, sosial media atau semacamnya.

Sebagai contoh, ketika Anda menulis karya ilmiah tentu akan membutuhkan pendekatan dan gaya penulisan yang berbeda dibanding saat menuliskan artikel tentang olahraga di blog. Selain karena ketentuan penulisan, pendekatan pembaca dari keduanya juga akan berbeda.

Baca juga: Cara meningkatkan skill komunikasi

  1. Non-Verbal Communication

Jenis jenis communication skill berikutnya adalah komunikasi non-verbal. Skill ini akan berfokus pada kemampuan seseorang untuk berkomunikasi dengan diperkuat oleh hal-hal eksternal.

Misalnya saja dalam komunikasi oral atau berbicara langsung. Dalam hal ini, komunikasi akan semakin baik ketika Anda memperhatikan kejelasan suara, intonasi suara, gesture atau Bahasa tubuh hingga ekspresi wajah.

Bukan hanya dalam komunikasi oral, ini juga berlaku dalam komunikasi tulisan. Contoh paling mudah adalah penggunaan emoticon atau simbol layaknya dalam aplikasi kirim pesan.

Tentu, hal ini juga menjadi salah satu hal penting yang harus dikuasai guna meningkatkan kemampuan Anda dalam berkomunikasi. Karena hal-hal ini akan membantu Anda untuk menyampaikan informasi kepada audiens dengan lebih baik.

Itulah beberapa jenis kemampuan berkomunikasi yang tentunya harus Anda pelajari. Karena dengan menguasai jenis jenis communication skill tersebut, akan berguna dalam menunjang kehidupan Anda di lingkungan pertemanan, lingkungan keluarga bahkan lingkungan pekerjaan.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.