perbedaan ilustrator vs photoshop

Perbedaan Ilustrator vs Photoshop Sebagai Software Desain Unggulan

Bagi seorang desain grafis, pasti tahu perbedaan ilustrator vs photoshop secara keseluruhan. Sebab, bagi desainer memang hal wajib menguasai kedua software tersebut untuk bekerja. Keduanya memang bagus, tapi memiliki fungsi yang membuat mereka ada perbedaannya.

Antara software ilustrator dan photoshop, sebenarnya mana yang bagus digunakan bagi desainer profesional untuk grafik digital? Semua bagus karena ada keunggulannya masing-masing yang hanya bisa dijelaskan setelah menggunakannya.

Desainer pemula, kali ini kami akan memberitahu kepada Anda tentang apa saja perbedaan ilustrator vs photoshop. Setelah itu, Anda bisa menilai sendiri dari kedua softwarenya itu. Berikut penjelasan lebih detail.

Perbedaan Ilustrator vs Photoshop Berdasarkan Fungsi Kegunaannya

Mungkin bagi orang awam Adobe ilustrator adalah software yang tidak terkenal. Padahal software satu ini muncul 3 tahun lebih awal dibandingkan dengan Adobe photoshop.

Masih dengan pengembang yang sama, tentu saja pihak Adobe menciptakan software ilustrator dan juga photoshop ada alasan tersendiri.

Kedua software ini memang cukup terkenal di kalangan para desain grafis untuk membuat desain grafik digital yang sangat bagus. Meski keduanya bagus dan saling melengkapi, apa perbedaan ilustrator vs photoshop sebenarnya?

Pertama, kami akan membahas mengenai fungsi kegunaannya. Jika Anda teliti lebih, photoshot itu berguna untuk membuat gambar yang berbasis pixel, sementara ilustrator lebih ke jenis vektor.

Jika dilihat berdasarkan kualitasnya antara pixel dan vektor, vektor yang paling juara di sini. Hal itu karena gambar yang berbasis vektor bisa dimanipulasi ukuran gambarnya, tapi kualitas tidak berubah.

Seandainya Anda mau memperbesar gambar, itu tidak akan pecah-pecah. Bahkan dengan software ilustrator Anda bisa memperbesar atau zoom hingga 9 kali.

Untuk masalah fungsi dan kegunaan antara perbedaan ilustrator vs photoshop, software ilustrator lebih diperuntukkan untuk membuat desain logo. Karena pembuatan logo itu harus dilakukan secara detail agar hasilnya lebih maksimal.

Berbeda dengan photoshop, basisnya memang pixel dan cukup merepotkan untuk memperbesar gambar. Jika digunakan untuk membuat logo, biasanya hanya desain standar saja.

Kemampuan zoom dari photoshop memang tidak sebesar milik software ilustrator. Besarnya zoom photoshop hanya mencapai 300 persen saja. Akan tetapi, photoshop merupakan software yang praktis untuk edit gambar serta mudah dipelajari.

Baca juga: Cara menggunakan photoshop

Perbedaan Ilustrator vs Photoshop Berdasarkan Keunggulannya

Setelah membahas perbedaan ilustrator vs photoshop berdasarkan fungsi kegunaan, sekarang keunggulan dari kedua software ini. Keduanya memang dari Adobe system, tapi memiliki banyak perbedaan.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, memang antara ilustrator dan photoshop memiliki fungsi kegunaan yang tidak sama. Meski photoshop tidak bisa zoom gambar lebih banyak dibandingkan ilustrator, tapi masih ada kelebihannya.

Dan ilustrator memang tidak praktis digunakan, karena perlu mempelajarinya dengan baik. Akan tetapi, sanggup zoom 9 kali lebih baik dari photoshop.

Antara ilustrator dan juga photoshop memang memiliki keunggulan masing-masing, berikut adalah penjelasannya :

  1. Keunggulan Ilustrator

Software ini memang bisa dibilang untuk kalangan para desainer menengah ke atas. Meski masih banyak yang belum mengenalnya, ternyata ilustrator jauh lebih lama diciptakan dibandingkan photoshop.

Para desainer profesional memang sering menggunakan software ini untuk bekerja. Kira-kira, apa saja kelebihannya?

  • Mampu menampilkan print out grafis dengan baik. Karena memang mau diubah ukurannya berapa saja, kualitas tidak akan menurun. Jadi, ketika dicetak juga tidak buram.
  • Dan tentunya kualitas gambar yang dihasilkan cukup tajam.
  • Mampu menangani jenis file yang besar. Misalnya file RAW itu bisa diolah menggunakan perangkat lunak ini.

Baca juga: Cara membuat logo di photoshop

  1. Keunggulan Photoshop 

Photoshop sering dibilang sulit untuk memahaminya. Padahal semua tools yang ada di dalamnya cukup praktis digunakan pemula. Dibandingkan ilustrator, software ini jauh lebih simpel, dan berikut keunggulannya :

  • Menghadirkan varian tool yang beragam serta mudah untuk dipahami. Jadi, pemula bisa cepat beradaptasi.
  • Meski kualitas zoom hanya 300 persen, tidak sebanding ilustrator, tapi photoshop mampu menghasilkan kualitas gambar jernih.
  • Dan tentu saja sangat mudah untuk digunakan. Fitur dan toolsnya tidak begitu memusingkan saat dipelajari.

Keduanya memiliki sisi baik dan buruk. Tapi jika Anda memahami keduanya, bisa menghasilkan desain terbaik. Jadi, adanya perbedaan ilustrator vs photoshop sebenarnya mampu menciptakan karya terbaik, sebab bisa melengkapi satu sama lain.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.

 

Pasang Loker Sekarang dan Dapatkan Bonus Credits!