cara menggunakan photoshop

Cara Menggunakan Photoshop dan Menguasainya dengan Cepat

Masih bingung tentang bagaimana cara menggunakan photoshop dengan benar? Memang sangat diakui bahwa penggunaan software ini sangatlah sulit dan perlu mempelajarinya dengan baik agar benar-benar paham.

Photoshop sendiri adalah perangkat lunak yang cukup terkenal untuk mendesain dan edit foto. Para ilustrator yang sudah profesional juga menggunakan software satu ini untuk mereka bekerja.

Anda tidak bisa menginstal photoshop di smartphone karena memang ini bukanlah sebuah aplikasi mobile. Jika masih bingung bagaimana cara menggunakan photoshop, kami akan memberitahu cara termudahnya.

Baca juga: Cara membuat logo di photoshop

Cara Menggunakan Photoshop dengan Metode Simpel

Anda mungkin mengenal photoshop sebagai perangkat lunak yang sering digunakan oleh ilustrator profesional, bukan? Tapi mereka juga awal menggunakannya harus banyak belajar.

Maka dari itu, orang biasa saja bisa menggunakannya asalkan mau belajar tentang cara menggunakan photoshop. Faktanya, kebanyakan orang memang langsung menyerah setelah tahu, betapa sulitnya untuk mempelajarinya.

Sebenarnya kuncinya hanya bersabar, pahami dengan baik, konsisten dan banyak praktik untuk mencoba. Jika semua itu dilakukan, kami yakin Anda akan bisa menguasainya.

Tidak perlu menjadi seorang ilustrator profesional, tujuan mempelajari photoshop hanya untuk edit biasa saja. Karena mengedit foto menggunakan photoshop itu jauh lebih bagus hasilnya.

Tool yang ada di photoshop itu sangat banyak, jadi wajar awal belajar akan bingung. Tapi semua tool itulah yang nanti bisa menghasilkan editan gambar dan ilustrasi menjadi bagus.

Bagi Anda yang memang ingin mempelajari bagaimana cara menggunakan photoshop, berikut kami berikan metode simpelnya saja :

  1. Mulai Mempelajari Layer

Untuk hal pertama jika ingin mempelajari photoshop, ketahui dulu tentang layer. Layer sendiri adalah lembar kerja yang bisa digunakan untuk gambar, teks, sapuan kuas, filter, latar belakang, hingga pola.

Anda bisa kreasikan apa saja hanya dengan layer. Bahkan Anda bisa menumpukkan lebih dari 1 layer dalam 1 file penyimpanan.

  1. Pahami Alat Warna dan Swatch

Kemudian, cara menggunakan photoshop selanjutnya adalah memahami alat warna dan juga switch.

Apa kegunaan dari tool satu ini? Tentu saja untuk memberi warna pada pekerjaan Anda. Bisa juga memodifikasi bahkan menyimpan warna custom yang telah Anda buat untuk konten yang dibuat.

  1. Kuasai Tool Lainnya

Selain menguasai warna, ada banyak tool lain yang harus Anda pelajari juga. Seperti yang diketahui, photoshop memang banyak sekali alatnya. 

Semua alat yang ada di sana memiliki peran tertentu. Berikut beberapa contoh tool yang paling sering digunakan :

  1. Font dan teks. Ini berguna untuk menambahkan teks. Anda bisa mengatur ukuran, warna, dan jenis fontnya.
  2. Brush tool, fungsinya menambahkan obyek atau teks dengan alat kuas.
  3. Select tool. Fungsinya cukup banyak untuk tool satu ini.
  4. Move tool. Memindahkan elemen-elemen pada lembar kerja.
  5. Zoom tool, untuk memperbesar area
  6. Eraser tool, untuk menghapus
  7. Crop tool, berguna untuk memotong obyek
  8. Fill tool, bucket tool yang berguna mengisi suatu area dengan warna
  9. Pelajari Beragam Fitur yang Ada di Photoshop

Fitur itu berbeda dari tools. Fitur di sini berguna untuk mempercantik pekerjaan Anda ketika menggunakan tool.

Misalnya saja pencahayaan, kontras, bayangan itu adalah fitur yang sangat berguna untuk Anda gunakan ketika sedang mengedit foto atau bahkan desain.

Fitur di photoshop itu sangat banya, ada pula fitur untuk blur foto atau bahkan mempertajam tampilan.

Baca juga: Cara membuat video animasi

  1. Ikuti Tutorial Video

Lalu, cara menggunakan photoshop agar mulai mahir adalah menonton tutorial video. Pilih desain contoh dari tutorial tersebut, dan ikuti secara bertahap.

Jika Anda melakukannya secara rutin, tool dan fitur yang ada di dalam photoshop akan mudah dipahami dan familiar.

  1. Coba Mencoba Desain Sendiri

Lalu yang terakhir, coba beranikan diri untuk mendesain dari ide sendiri. Mungkin beberapa kali mengalami kesulitan, tidak masalah jika sesekali melihat modul tutorial atau video tutorial untuk mempermudah belajar.

Lama orang mempelajari photoshop itu tergantung dari usaha mereka sendiri. Jika serius, maka cepat untuk menguasainya.

Mulailah dari sekarang jika memang ingin bisa menggunakan software satu ini. Cari waktu luang setiap minggunya untuk fokus mempelajari cara menggunakan photoshop secara bertahap hingga bisa.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.

 

Pasang Loker Sekarang dan Dapatkan Bonus Credits!