jam berapa waktu terbaik untuk melamar kerja

Jam Berapa Waktu Terbaik untuk Melamar Kerja Cepat Direspon

Ketahui jam berapa waktu terbaik untuk melamar kerja agar perusahaan cepat mendapatkan prospek diinginkan. Jangan hanya membuat resume yang menarik atau resume dan surat lamaran yang bagus untuk langsung dilihat oleh pencari kerja. 

Waktu pengiriman resume juga akan memengaruhi apakah perusahaan mengutip kesuksesan Anda. Menurut rangkuman Time dan BBC Indonesia, ini adalah yang sangat tepat mulai mencari pekerjaan.

Pada tahun 2016 dan 2017, bulan Januari merupakan jumlah lowongan pekerjaan tertinggi, menurut situs pencarian global Monster. Namun, itu tidak berarti bahwa Desember bukanlah bulan yang baik mulai mencari pekerjaan.

Pertengahan Desember adalah yang tepat melamar pekerjaan. Banyak perusahaan menawarkan bonus akhir tahun, sehingga karyawan yang berencana berganti pekerjaan mendapatkan bonus tersebut kemudian pergi mencari pekerjaan lain. 

Baca juga: Tips melamar kerja di website pencari kerja

Jam Berapa Waktu Terbaik untuk Melamar Kerja Berdasarkan Survei

Ada banyak posisi yang harus diisi dari sana pada bulan Desember. Tempat bernama TalentWorks meneliti bahwa mengirimkan aplikasi antara 6 dan 10 adalah 13% lebih mungkin menerima panggilan wawancara daripada lainnya. 

Di lain waktu, setelah makan siang, yaitu sekitar pukul 12.30 hingga 15.00, juga bisa menjadi yang tepat. Meskipun aplikasi terpendek adalah sekitar pukul 19:30 di malam hari. Tapi kami mengingatkan jam berapa waktu terbaik untuk melamar kerja setiap perusahaan berbeda.

 Setiap tempat tentunya memiliki kriteria tertentu seperti halnya perusahaan bekerja 24 jam sehari melamar ke perusahaan semacam itu, ada baiknya mengirimkan surat lamaran Anda larut malam di akhir pekan awal.

Setelah melakukan riset dan menemukan bahwa Senin dan Selasa adalah hari terbaik mengirimkan lamaran karena HRD dan staf mulai bekerja dan membuka paket lamaran yang masuk.

Baca juga: Tips Berpakaian Saat Melamar Kerja di Alfamart yang Tepat

Jam Berapa Waktu Terbaik untuk Melamar Kerja Pagi-Pagi Sekali atau Setelah Makan Siang

Sebuah studi TalentWorks menemukan bahwa paling efektif mengirimkan resume adalah antara pukul 06.00 dan 09.00. Aplikasi yang diajukan setelah istirahat makan siang juga lebih menarik perhatian.

Ketika mengalami kebingungan saat mencari pekerjaan, terutama bagi Anda yang sudah tamat sekolah atau kuliah. Jangan khawatir, Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia atau disingkat dengan Kemnaker punya solusi itu. 

Melalui akun Instagram resminya, Depnaker memberikan saran kapan yang tepat melamar, serta saran mencari pekerjaan di masa pandemi bagi lulusan baru. Pertama harus tahu kapan paling tepat mencari pekerjaan. 

Menariknya, banyak informasi penjelasan ahli di balik pemilihan terbaik mencari kerja. Menurut Departemen Tenaga Kerja, hari terbaik bagi pelamar melamar pekerjaan di suatu perusahaan adalah Senin atau juga Selasa. 

Karena itu tergantung urutan proses pencarian. Senin atau Selasa adalah terbaik mengirimkan CV dibandingkan hari-hari lain yang tersedia langsung dari Departemen Tenaga Kerja selama jam 10 pagi kira-kira sampai pukul 11:00 dan 14:00 hingga jam 3 sore. 

Kementerian Tenaga Kerja menunjukkan bahwa jika posisi tersebut kosong pada sore atau malam hari, sebaiknya lamaran dikirimkan keesokan harinya pada jam-jam tersebut. Tentu saja, untuk melamar di masa pandemi, diperlukan strategi yang matang. 

Karena banyak perusahaan yang perlu dihubungi dan persyaratan seperti itu hanya mempersulit pekerjaan pencari kerja. Sulit bagi lulusan muda untuk mencari jam berapa waktu terbaik untuk melamar kerja setelah pandemi saat ini. 

Situasi seperti itu membuat lulusan muda sulit mencari karena pandemi melanda banyak perusahaan. Anda lebih mungkin untuk membuka dan memproses persyaratan jika mengirimkan resume selama jam kerja.

Jika menemukan tawaran pekerjaan yang menarik di sore atau malam hari, sebaiknya tunggu hingga besok pagi. Lalu mengirimkan CV Anda agar lamaran tidak macet di email.

Menurut Jodi Chavez jam berapa waktu terbaik untuk melamar kerja tepatnya ialah pada jam antara pukul 10.00-11.00 dan 14.00-15.00. Perlu diingat bahwa yang diberikan di sini dapat berbeda menurut industri. 

Namun tetap bisa menggunakan di atas sebagai acuan umum jika mempertimbangkan untuk melamar pekerjaan. Uniknya, tidak disangka sebulan, sehari, tertentu ternyata bisa mempengaruhi visibility aplikasi Anda.

Namun, tidak sepenuhnya mengikuti aturan yang tepat untuk mencari pekerjaan. Ini karena sebagian besar pencari kerja memiliki kesempatan untuk mendapatkan wawancara jika mereka secara konsisten mengirimkan 3 lamaran sehari.

Perlu diingat bahwa yang diberikan di sini dapat berbeda menurut industri. Namun Anda tetap bisa menggunakan acuan jam berapa waktu terbaik untuk melamar kerja sebagai pertimbangan secara matang.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.