10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

pakaian saat melamar kerja di Alfamart

Tips Berpakaian Saat Melamar Kerja di Alfamart yang Tepat

Saat dapat panggilan interview, perhatikan pakaian saat melamar kerja di Alfamart. Pakaian yang dikenakan seseorang adalah hal utama dalam menunjang penampilannya. Untuk itu, apa yang dipakai bisa menjadi modal utama untuk meningkatkan percaya diri.

Hal pertama yang akan dilihat oleh pewawancara adalah outfit pelamar. Kesan pertama HRD ditentukan dari cara Anda memasuki ruangan wawancara dan pakaian yang dikenakan. Untuk itu, jangan sampai salah menggunakan kostum untuk interview.

Dunia kerja itu lebih formal daripada ketika memiliki usaha sendiri. Apalagi di perusahaan besar. Cari tahu terlebih dahulu pakaian saat melamar kerja di Alfamart sebelum datang untuk memenuhi panggilan.

Pakaian yang dikenakan tidak hanya harus rapi namun juga sesuai. Ada perusahaan yang meminta pelamar mengenakan jas, atau cukup dengan kemeja saja. Selain itu, jangan salah memilih warna juga.

Apa Saja Tips Pakaian Saat Melamar Kerja di Alfamart?

Alfamart adalah salah satu perusahaan retail yang memiliki jaringan hampir di seluruh wilayah Indonesia. Tidak heran banyak pencari kerja berbondong-bondong mengirimkan lamaran ke sana.

Syarat untuk menjadi bagian dari Alfamart juga tidak sulit. Namun tetap utamakan penampilan ketika ingin mencoba peruntungan di perusahaan ini. Untuk kesan pertama yang baik, lakukan tips ini sebelum mendatangi Alfamart:

1. Kenakan Kemeja Putih pada Panggilan Kerja 

Kemeja adalah baju yang paling tepat untuk dikenakan saat interview kerja. Termasuk untuk ke Alfamart. Pilih kemeja yang membuat nyaman agar tidak merusak konsentrasi ketika menjawab pertanyaan.

Pakai kemeja putih dan berlengan panjang untuk kesan yang lebih sempurna. Untuk memberikan efek sederhana, buka satu kancing baju bagian atas. Demi menjaga citra formal, hindari memakai kemeja yang ketat dan seksi.

2. Pertimbangkan Motif Pakaian Saat Melamar Kerja di Alfamart

Sebenarnya, kemeja putih polos akan memberikan kesan lebih rapi. Tapi jika tidak ada, pilih motif kemeja yang tidak mencolok. Hindari gambar-gambar yang memberikan efek heboh dan meriah.

Kenakan pakaian dengan motif sederhana. Misalnya kemeja dengan pola garis. Pakaian berwarna norak atau motif mencolok akan mengurangi kesan menarik dari Alfamart kepada Anda.

3. Hindari Celana Berbahan Denim saat Interview Kerja 

Celana berbahan jins memang pilihan terbaik untuk pergi kemana-mana. Tapi bukan untuk dikenakan saat wawancara kerja. Jangan memakai celana denim untuk memenuhi panggilan kerja ke Alfamart.

Interview kerja itu memiliki suasana formal. Kemudian Anda akan bertemu dengan petinggi perusahaan. Pakai celana berbahan dasar bagi laki-laki, atau ada pilihan rok untuk pelamar perempuan.

4. Pakai Ikat Pinggang sebagai Pelengkap Pakaian Saat Melamar Kerja di Alfamart

Memperhatikan pakaian untuk mengikuti wawancara kerja tidak hanya tentang baju atau celana. Banyak yang melupakan hal kecil ini karena dianggap tidak terlalu penting. Kenakan juga ikat pinggang untuk memberikan kesan tegas.

Jangan memilih ikat pinggang bermotif atau berwarna selain hitam. Masukkan pakaian Anda ke dalam celana agar lebih rapi. Kemudian pakaikan ikat pinggang dengan benar.

5. Mengenakan Jas atau Cardigan Berwarna Netral

Outfit ketika menghadapi pewawancara akan lebih lengkap jika mengenakan jas atau cardigan. Tidak wajib, hanya saja akan memberikan efek lebih professional saat memakainya. Jas memberikan kesan keseriusan Anda untuk menghadiri wawancara.

Jika ingin memakainya, pilih warna-warna natural saja. Misalnya warna abu-abu tua, navy atau warna gelap lainnya. Namun karena Anda akan mengenakan kemeja putih, jas hitam adalah pilihan terbaik.

6. Tips Memilih Sepatu dan Kaus Kaki Saat Wawancara Kerja

Pakaian saat melamar kerja di Alfamart menunjukkan seberapa serius Anda ingin bekerja di sana. Jika mengenakan pakaian secara asal-asalan, bisa saja pihak perusahaan retail ini akan langsung mencoret nama Anda.

Tidak hanya berpakaian rapi, namun juga penting untuk mengenakan kaus kaki dan memakai sepatu dengan bagian depannya tertutup. Sama halnya dengan perempuan, jangan memakai sepatu pada bagian depan menunjukkan jari-jari Anda.

7. Perhatikan Tatanan Rambut dan Pemilihan Parfum

Mendatangi wawancara berarti pakaian harus rapi dari ujung rambut sampai kaki. Pastikan rambut disisir dengan rapi sebelum memasuki ruangan. Jangan sampai mahkota Anda terlihat kusam dan acak-acakan.

Selain itu, jika ingin memakai parfum maka pilihlah aroma yang soft. Jangan memakai pewangi dengan bau berat dan menyengat. Karena dapat merusak suasana wawancara.

Pemilihan pakaian menunjukkan seperti apa orang yang mengenakannya. Apalagi pada saat menghadiri wawancara kerja. Keseriusan Anda dalam mengikuti interview dilihat dari pakaian saat melamar kerja di Alfamart.

Bagikan Artikel: