hari yang bagus untuk melamar kerja

Inilah Hari yang Bagus untuk Melamar Kerja Langsung Diterima

Tahun baru identik dengan janji-janji baru sebagai hari yang bagus untuk melamar kerja. Di antara sekian banyak cita-cita ingin dicapai, tahun baru seringkali dianggap sebagai hal tepat untuk melamar pekerjaan dan mulai mencari pengalaman baru.

Jika pindahan kantor masuk dalam daftar keputusan Anda di tahun 2023, ada baiknya segera mulai mempersiapkan pindahan dan segera mulai mencari pekerjaan. Namun sebelum kalut mengirim puluhan lamaran juga harus tahu kapan mulai mencari pekerjaan baru.

Banyak informasi penjelasan ahli di balik pemilihan mencari pekerjaan. Departemen Tenaga Kerja atau sering disingkat dengan Kemnaker membagikan berbagai informasi melalui Instagram resminya agar mulai membenahi diri meningkatkan keterampilan.

Setelah mendaftar ke berbagai perusahaan berbeda berkali-kali tetapi tidak pernah menerima tawaran pekerjaan. Ada dua faktor dapat menghalangi Anda untuk mendapatkan pekerjaan, faktor internal dan faktor eksternal.

Baca juga: Cara melamar kerja di pt lyg garment indonesia

Faktor Internal Hari yang Bagus untuk Melamar Kerja Serta Faktor Eksternalnya

Faktor eksternal seperti resume yang tidak menarik, pengalaman yang tidak sesuai dengan pekerjaan yang dilamar serta kondisi sesudah pandemi mungkin menjadi salah satu alasan tidak mendapatkan panggilan wawancara. 

Meskipun faktor internal juga menjadi hal menyebabkan pekerjaan tidak segera datang adalah pesaing lebih baik dari pada Anda, HRD tidak punya waktu melihat semua berkas lamaran sebagian pengguna meminta kandidat lain lalu membandingkannya.

Percaya atau tidak, ada juga hari tertentu yang cocok berburu pekerjaan. Bahkan, data menunjukkan bahwa Selasa merupakan tersibuk dengan peningkatan volume pencarian. Tidak hanya menjadi tersibuk, tetapi juga merupakan paling terbaik yakni Selasa.

 Bersamaan dengan Senin juga menurut Jodi Chaves, banyak ahli yang sepakat bahwa hari yang bagus untuk melamar kerja tentunya menjadi pilihan selanjutnya. Bukan hanya mitos, tapi pendapat ini berdasarkan perintah pencarian kerja. 

Jika posisi tersebut baru saja diiklankan, cobalah tidak melamar terlebih dahulu. Umumnya, perekrut melihat resume dan kemudian menunggu pelamar lain membandingkannya dengan resume pertama, dan resume pertama secara otomatis menjadi pembanding.

Perlu diketahui selanjutnya adalah Anda tidak harus menunggu selama 12 hingga 24 jam setelah posisi tersedia sehingga karena akan berakibat Anda bukan orang pertama serta menjadi orang yang terlambat melamar posisi tersebut.

Baca juga: Contoh pengalaman kerja di cv

Hari yang Bagus untuk Melamar Kerja Setelah Wabah Pandemi Menyerang

Departemen Tenaga Kerja menyarankan lulusan baru terus memantau melalui situs web tepercaya. Jaringan internat berperan lebih penting tentunya jadilah ekstra responsif. Selalu siap wawancara virtual.

Selain tips ini, penting juga mempertimbangkan waktu dan tanggal aplikasi. Hari terbaik mendaftar adalah Senin atau Selasa. Dua hari ini adalah waktu terbaik mengirimkan CV dibandingkan hari-hari lainnya.

Pendapat ini tentunya berdasarkan urutan proses pencarian kerja. Hindari mengirim CV dan dokumen lamaran lainnya pada saat malam karena bukan hari yang bagus untuk melamar kerja. Jika menemukan tawaran pekerjaan yang menarik, tunggu hingga besok pagi. 

Jangan lupa membuat CV semenarik mungkin dan perhatikan kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan agar cepat mendapatkan pekerjaan. Karena perekrut lebih menghargai kandidat lain masuk dibandingkan lagi. 

Hal itu diungkapkan oleh Jodi Chavez dari firma rekrutmen global Randstand Professional. Sebuah studi dilakukan di Amerika Serikat menemukan bahwa lamaran diajukan pada Senin memiliki kemungkinan 30 persen lebih besar berhasil dan maju ke tahap perekrutan berikutnya. 

Meski Sabtu adalah terburuk untuk melamar, hanya 14 persen lolos ke tahap berikutnya. Buat resume semenarik mungkin agar Anda siap saat ada posisi sesuai dengan minat Anda. 

Pada hari yang bagus untuk melamar kerja pertama setelah publikasi iklan pekerjaan, Anda harus bertindak cepat dan mengirimkan lamaran. Kemungkinan CV akan dibaca sangat tinggi, karena banyak kandidat tidak melamar.

Lebih dari 500.000 resume kandidat di analisis juga memperhatikan 15 juta pekerjaan di Amerika Serikat pada bulan Januari 2012. Studi ini mampu menunjukkan tingkat keberhasilan lamaran diajukan oleh calon karyawan berdasarkan tanggal pengajuannya.

Studi tersebut juga menunjukkan bahwa Selasa setelah Senin merupakan hari dengan tingkat keberhasilan cukup tinggi, berkisar sekitar 20 persen. Pencari kerja sering menghabiskan beberapa pertama dalam seminggu untuk mencari pekerjaan.

 Ketika mengirimkan lamaran di akhir minggu memiliki peluang untuk berhasil di akhir minggu cukup rendah. Lamaran diajukan lebih awal merupakan hari yang bagus untuk melamar kerja memberi penyelia waktu untuk berbicara dengan karyawan lainnya. 


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!