10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

gaji barista pemula

Ini Dia Gaji Barista Pemula, Cukup Membuat Terkejut

Seiring maraknya coffee shop, berapakah gaji barista pemula? Di beberapa tempat di dunia, khususnya Indonesia, kopi mulai populer. Sebenarnya, ini bukan tren lagi; bagi sebagian orang, kopi malah menjadi kebutuhan penting. 

Jumlah penikmat kopi saat ini semakin berkembang di Indonesia seiring dengan banyaknya pelaku usaha kopi. Kopi menjadi salah satu minuman yang menemani banak orang ketika sedang beristirahat.

Belajar itu wajib, tapi butuh waktu lama untuk menjadi barista yang kompeten. Untuk menjadi seorang barista yang terampil, Anda membutuhkan waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun.

Berapa Sebenarnya Gaji Barista Pemula?

Mengapa seorang barista perlu menggunakan ilmu fisika dan kimia saat menyeduh kopi? Ya, karena barista harus memperhitungkan suhu, kadar pH air, berbagai takaran kopi, kehalusan gilingan kopi, dan faktor lainnya saat membuat kopi.

Berapa gaji barista pemula dalam sebulan? Menjadi barista adalah pekerjaan yang menuntut keuletan dan ketelitian. Membuat kopi diibaratkan menjadi pilot dalam hal pekerjaan. Mengapa demikian? 

Gaji seorang pilot akan meningkat seiring bertambahnya jam terbangnya dan seiring bertambahnya pengetahuan dan pekerjaannya. Bisnis kopi yang baru dibuka sangat membutuhkan tenaga ahli penyeduh kopi untuk mengisi posisi barista. 

Namun, Anda harus memiliki pengalaman membuat kopi minimal satu tahun untuk mengisi posisi barista. Mungkin Anda juga penasaran berapa gaji barista pemula?

Namun, jika Anda bekerja sebagai barista di kedai kopi terkenal seperti Starbucks, Excelso, atau yang lainnya, Anda bisa mendapatkan gaji yang setara dengan UMP setempat di setiap daerah, selain tunjangan lain seperti masuk ke liburan dan banyak lagi.

Mirip dengan pilot, barista dibayar lebih besar berdasarkan berapa lama mereka bekerja melayani pelanggan kopi. Gaji barista pemula masih berkisar kurang dari 2 juta rupiah per tahun sebagai kompensasi. 

Jika Anda memiliki pengalaman luas dalam membuat kopi dan memiliki sertifikat, Anda dapat memperoleh antara 7 dan 10 juta rupiah per tahun. Bahkan barista berpengalaman kadang-kadang menerima undangan ke acara bincang-bincang untuk berbicara tentang kopi dan mendemonstrasikan dasar-dasar kerajinan.

Tugas dan Tanggung Jawab Menjadi Barista

Pekerjaan barista tidak sesederhana yang kita bayangkan; mereka bertanggung jawab untuk meracik kopi dengan prosedur dan komposisi yang tepat. Kesalahan kecil dalam komposisi atau prosedur produksi dapat menyebabkan rasa kopi yang berbeda.

1. Menyiapkan Kopi Sesuai Selera Pelanggan

Seorang barista harus mampu memadukan kopi dengan berbagai bahan, rasa, dan memenuhi preferensi pelanggan. Hal ini menyiratkan bahwa barista bekerja dengan lebih dari satu jenis seni kopi dan latte.

Pelanggan terkadang memiliki permintaan khusus, dan barista harus mengakomodirnya selama masih wajar. Inilah mengapa terkadang gaji barista pemula juga masih sering menjadi pertanyaan.

Oleh karena itu, barista perlu menguasai berbagai jenis kopi serta cara membuat dan menyajikannya. Silakan mencobanya jika Anda belum pernah bekerja sebagai barista sebelumnya; butuh waktu untuk berlatih dan belajar untuk mendapatkan keahlian tingkat tinggi.

2. Membuat Kopi dengan Sentuhan Latte-Art

Seni latte adalah praktik menghiasi minuman espresso dengan komponen penting dari cappuccino atau latte. Menjadi seorang barista setidaknya membutuhkan minat pada seni, dan melukis di atas cangkir adalah keterampilan yang sulit dikuasai.

Namun, bagi Anda yang tidak memiliki bakat seni, menyajikan kopi dengan embellishment cantik di lapisan atas busa masih bisa dilakukan selama Anda mau berusaha dan tidak pernah berhenti belajar.

3. Menyeduh Kopi dengan Skill Tingkat Dewa

Seorang barista akan bekerja dengan penggiling kopi dan berbagai jenis kopi, mulai dari Arabica, Robusta, Liberika, dan Varietas lainnya. Sementara itu, barista biasanya menyiapkan kopi espresso atau kopi yang dicampur dengan susu yang dapat menghasilkan buih tipis di atasnya. 

Kopi ini bisa disandingkan dengan cappuccino, latte, atau kombinasi keduanya. Pekerjaan barista sedikit lebih rumit daripada menyajikan kopi seperti di angkringan. Tidak heran jika gaji barista Point Café Indomaret cukup tinggi. 

Namun ada juga jenis kopi yang disajikan di kafe yang perlu pelatihan lebih, seperti espresso. Sebelum latte art ditambahkan agar terlihat ideal, seorang barista harus mengetahui apakah susu harus di-forth, steam, atau difoam.

4. Membuat dan Menyajikan Makanan Pelanggan

Tidak menutup kemungkinan barista di kafe, Indomaret, dan Alfamart juga menjual minuman dan makanan ringan lainnya selain kopi. Melayani pelanggan makanan dan minuman adalah tugas lain dari seorang barista.

Anda hanya perlu terbiasa dan telaten dengan pekerjaan jenis ini. Tugas barista yang tidak mudah ini membuat gaji barista pemula maupun berpengalaman cukup menjanjikan, seperti yang sudah kami infokan sebelumnya.

Bagikan Artikel: