Gaji Barista Starbucks

Daftar Gaji Barista Starbucks Sesuai Posisi dan Jabatannya

Kami akan bahas gaji barista Starbucks bagi yang berminat untuk mengembangkan karier di kedai kopi terbesar di Indonesia. Hampir semua kalangan baik itu pelajar karyawan ataupun kalangan masyarakat lain tidak jauh dari lingkup makanan cepat saji seperti Starbucks. 

Starbucks dinaungi oleh PT Sari Coffee Indonesia yang merupakan perusahaan publik di bidang ritel makanan cepat saji dan bermarkas di DKI Jakarta. Bekerja di Starbucks merupakan impian generasi milenial saat ini. 

Gaji di Starbucks sejatinya mengikuti UMR yang berlaku tiap kota di Indonesia. Sekarang kedai kopi ini sudah memiliki kurang lebih 326 gerai tersebar di seluruh kota besar Indonesia. Seperti yang Anda tahu, bahwa UMK dari setiap kota tidak sama.

Jobdesk Seorang Barista yang Wajib Diketahui

Hal yang dijelaskan di atas tentu mempengaruhi nominal gaji yang didapatkan di masing-masing kota. Secara rata-rata gaji barista Starbucks berkisar antara Rp2.400.000 hingga Rp15.200.000. Penentuan gaji juga didasarkan pada posisi jabatan yang dimiliki. 

Sebelum membahas gaji, Anda perlu mengetahui jobdesk seorang barista. Secara umum barista adalah orang yang bertugas dalam membuat kopi di Coffee Shop. Namun secara teknis barista adalah seseorang yang sudah terlatih secara profesional dalam membuat Espresso.

Barista juga memiliki keahlian tingkat tinggi untuk meracik kopi dengan berbagai campuran dan rasio yang detail seperti Latte, Macchiato, dan varian lainnya. Jadi tidak hanya secara garis besar membuat kopi seperti pada umumnya.

Baca juga: Cara Membuat Surat Lamaran Barista yang Menarik

Saat menjadi barista Anda dituntut untuk menguasai beragam jenis kopi terbaik secara teknik pembuatannya menggunakan mesin khusus atau manual. Banyak juga seorang barista handal belajar meracik kopi secara otodidak, sehingga gaji barista Starbucks memang worth it.

Untuk mendalami profesi ini secara profesional, Anda bisa sekolah sampai mendapatkan sertifikat untuk menunjang karier profesional Anda. Bagi kedai kopi besar seperti Starbucks merekrut barista bersertifikat akan lebih menguntungkan dari segi ilmu.

Sebagai barista, Anda bertugas menyiapkan dan menyajikan kopi sesuai pesanan. Selagi pelanggan memilih, bisa juga berikan referensi menu terbaik dengan pelayanan ramah. Selain itu, kebersihan alat dan kedai juga menjadi tanggung jawab karyawan.

Dikarenakan sistem kerja di perusahaan kopi ini dibagi dalam shift, karyawan harus disiplin dengan waktu. Mengingat pengunjung dalam sehari tidak sedikit, sehingga semua dituntut untuk bisa bekerja sama dalam tim guna lancarnya transaksi secara optimal.

Baca juga: Cara Melamar Kerja di Starbucks

Cara Menjadi Barista Starbuck

Starbucks merupakan merek ternama yang tentunya memiliki banyak pelanggan. Untuk itu, demi bisa menjadi seorang barista di starbuck tentunya bukan hal yang mudah. Diperlukan beberapa cara serta menguasai beberapa hal agar menjadi seorang profesional dalam profesi barista khususnya di starbuck, Jika Anda ingin menjadi seorang barista starbuck, berikut beberapa hal yang wajib Anda perhatikan.

1. Mengikuti Pelatihan Barista Baik Dari Starbucks Maupun Dari Luar

Cara pertama untuk menjadi seorang barista starbuck adalah memiliki skill yang tinggi. Demi bisa mendapatkan itu semua, Anda perlu mengikuti pelatihan untuk menjadi seorang barista yang handal, saat ini Anda bisa mengikuti pelatihan menjadi barista profesional. 

Dengan mengikuti beberapa kursus di tempat pelatihan secara online maupun offline, skill yang Anda miliki akan meningkat lebih jauh dibanding sebelumnya. Anda dapat menggunakan Pintarnya siap kerja untuk mendapatkan sertifikat skill barista agar skill Anda diakui oleh banyak pihak.

Selain mengikuti pelatihan barista untuk bisa menjadi seorang barista, Anda juga bisa belajar secara otodidak dengan cara menonton berbagai video di YouTube yang memberikan tutorial Bagaimana menjadi seorang wanita yang baik dan profesional.

2. Memahami Penggunaan Mesin Pengolah Kopi

Cara lainnya untuk dapat menjadi barista starbucks adalah dengan memahami semua penggunaan mesin pengolah kopi. Karena biasanya seorang barista kebanyakan akan menyajikan minuman berupa kopi apalagi jika Anda bekerja di beberapa perusahaan seperti Starbucks yang terkenal dengan kenikmatan kopinya. Tentu penguasaan mesin pengolah kopi menjadi hal mutlak yang wajib Anda kuasai.



3. Mengetahui Beragam Jenis-Jenis Kopi

Selain harus memahami Bagaimana cara mengoperasikan mesin pengolahan kopi untuk menjadi seorang barista Starbuck, Anda juga wajib mengetahui berbagai jenis-jenis kopi yang terdiri dari begitu banyak jenis dan variasi.

Untuk menjadi barista yang profesional Anda harus bisa membedakan jenis kopi yang akan Anda olah agar saat pelanggan memesan kopi Anda tidak salah dalam pembuatannya.

Perkiraan Gaji Barista Starbucks di Indonesia 

Gaji barista di Indonesia sangat bervariasi. Barista di kedai kopi ini memiliki dua posisi yang terbagi menjadi barista full time dan part time. Gaji barista di Starbucks full time disesuaikan dengan upah minimum kota atau kabupaten yakni berkisar 4 juta sampai 4,5 juta. 

Sedangkan gaji part time berkisar 1,5 juta sampai 2,5 juta. Kisaran gaji di atas adalah perkiraan karena setiap daerah kabupaten atau kota memiliki minimum upah berbeda. Upah tersebut belum termasuk insentif.

Kisaran gaji barista Starbucks cukup banyak mengingat jobdesk dan waktu yang diperlukan selama bekerja. Terlebih karyawan juga mendapat tambahan tunjangan dan insentif sesuai dengan posisi jabatan.

Jenjang karier yang ditawarkan perusahaan kopi ini juga menjadi salah satu alasan kenapa banyak orang ingin melamar kerja di sana. Budaya perusahaan yang berkarakter dan manajemen yang baik juga menyebabkan Starbucks begitu diminati banyak orang. 

Starbucks juga dilengkapi dengan fasilitas off day dalam seminggu bagi karyawan yang memiliki kinerja baik sebagai rewards. Terlihat bagaimana perusahaan mengapresiasi karyawan terhadap kinerjanya.

Rincian gaji barista Starbucks part time dihitung berdasarkan jumlah jam kerja tiap shift dan jumlah hari masuk kerja. Dalam satu minggu karyawan akan bekerja selama 4 sampai dengan 8 jam dalam setiap shift selama 4 hari. 

Insentif part time cenderung lebih kecil daripada full time. Hal ini dikarenakan jam kerja yang dilaksanakan juga berbeda. Bagi Anda yang masih mahasiswa Kami menyarankan untuk melamar kerja sebagai barista part time agar kuliah tidak terbengkalai.

Namun, bagi mahasiswa tingkat akhir dalam tahap menyelesaikan skripsi boleh melamar posisi full time di sini. Hanya saja, pembagian waktu antara akademik dan pekerjaan harus dipertimbangkan secara detail dengan tidak merugikan perusahaan. 

Bekerja di perusahaan cepat saji ternama, selain mendapatkan upah juga karyawan bisa mengeksplor pengalaman baru untuk bersosialisasi dengan banyak orang secara sigap dan cepat. Gaji barista Starbucks juga bisa digunakan untuk menunjang kebutuhan mahasiswa. 

Nah, bagi kalian yang berminat bekerja di Starbucks setidaknya harus memenuhi beberapa syarat yakni pria dan wanita berusia 18 hingga 24 tahun.

Beberapa Persyaratan Untuk Menjadi Barista Starbucks

Pendidikan minimal SMA/SMK sederajat. Lulusan D3/S1 diutamakan jurusan perhotelan, pariwisata, dan ilmu sosial. Diperbolehkan untuk lulusan baru/fresh graduate, memiliki semangat dan antusiasme yang tinggi, memiliki kemampuan interpersonal yang tinggi, lalu mampu bekerja dalam tim dan siap bekerja shift (pagi, siang, akhir pekan, dan hari libur)

Sedangkan syarat barista full time yakni lulusan baru, memiliki kemauan untuk belajar dan memiliki kemauan untuk bekerja shift. Sedangkan syarat barista part time yakni mahasiswa minimal sudah berada di tahun ke-2, lalu memiliki motivasi yang tinggi  dan mau bekerja shift

Cek Apakah Starbucks Sedang Membuka Lowongan Kerja Di Pintarnya?

Jika Anda sedang mencari pekerjaan di Starbucks Sebagai Barista, Langsung Cek Lowongan Kerja Yang Tersedia Di Pintarnya sekarang juga untuk memastikan ketersediaan lowongan pekerjaan tersebut. Segera lamar pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi diri Anda agar lamaran dapat segera diterima oleh tim rekrutmen. Anda juga dapat menemukan berbagai lowongan kerja lainnya di Aplikasi Pintarnya yang dapat Anda download melalui Playstore. Download Aplikasi Pintarnya disini sekarang juga!

Hal yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Melamar Pekerjaan di Starbucks melalui Pintarnya!

1. Pastikan Loker Sesuai Dengan Profilmu

2. Pastikan PT. XXX Memiliki tanda AMAN untuk lamar kerja yang terverifikasi

3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Terlihat Profesional

4. Jika Sudah Melamar, pantau terus status lamaran kerja mu

Demikianlah cara melamar kerja sebagai Barista di Pintarnya. Mudah dan tidak ribet, kan? Jika kamu hendak melamar di Starbucks, pastikan kamu sudah memenuhi dokumen yang dibutuhkan. Selain itu, pastikan juga kamu memiliki kemampuan yang sudah sesuai dengan lowongan yang sedang ditawarkan. Selamat melamar!


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.