10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Gaji Barista Starbucks

Daftar Gaji Barista Starbucks Sesuai Posisi dan Jabatannya

Kami akan bahas gaji barista Starbucks bagi yang berminat untuk mengembangkan karier di kedai kopi terbesar di Indonesia. Hampir semua kalangan baik itu pelajar karyawan ataupun kalangan masyarakat lain tidak jauh dari lingkup makanan cepat saji seperti Starbucks. 

Starbucks dinaungi oleh PT Sari Coffee Indonesia yang merupakan perusahaan publik di bidang ritel makanan cepat saji dan bermarkas di DKI Jakarta. Bekerja di Starbucks merupakan impian generasi milenial saat ini. 

Gaji di Starbucks sejatinya mengikuti UMR yang berlaku tiap kota di Indonesia. Sekarang kedai kopi ini sudah memiliki kurang lebih 326 gerai tersebar di seluruh kota besar Indonesia. Seperti yang Anda tahu, bahwa UMK dari setiap kota tidak sama.

Jobdesk Seorang Barista yang Wajib Diketahui

Hal yang dijelaskan di atas tentu mempengaruhi nominal gaji yang didapatkan di masing-masing kota. Secara rata-rata gaji barista Starbucks berkisar antara Rp2.400.000 hingga Rp15.200.000. Penentuan gaji juga didasarkan pada posisi jabatan yang dimiliki. 

Sebelum membahas gaji, Anda perlu mengetahui jobdesk seorang barista. Secara umum barista adalah orang yang bertugas dalam membuat kopi di Coffee Shop. Namun secara teknis barista adalah seseorang yang sudah terlatih secara profesional dalam membuat Espresso.

Barista juga memiliki keahlian tingkat tinggi untuk meracik kopi dengan berbagai campuran dan rasio yang detail seperti Latte, Macchiato, dan varian lainnya. Jadi tidak hanya secara garis besar membuat kopi seperti pada umumnya.

Saat menjadi barista Anda dituntut untuk menguasai beragam jenis kopi terbaik secara teknik pembuatannya menggunakan mesin khusus atau manual. Banyak juga seorang barista handal belajar meracik kopi secara otodidak, sehingga gaji barista Starbucks memang worth it.

Untuk mendalami profesi ini secara profesional, Anda bisa sekolah sampai mendapatkan sertifikat untuk menunjang karier profesional Anda. Bagi kedai kopi besar seperti Starbucks merekrut barista bersertifikat akan lebih menguntungkan dari segi ilmu.

Sebagai barista, Anda bertugas menyiapkan dan menyajikan kopi sesuai pesanan. Selagi pelanggan memilih, bisa juga berikan referensi menu terbaik dengan pelayanan ramah. Selain itu, kebersihan alat dan kedai juga menjadi tanggung jawab karyawan.

Dikarenakan sistem kerja di perusahaan kopi ini dibagi dalam shift, karyawan harus disiplin dengan waktu. Mengingat pengunjung dalam sehari tidak sedikit, sehingga semua dituntut untuk bisa bekerja sama dalam tim guna lancarnya transaksi secara optimal.

Perkiraan Gaji Barista Starbucks di Indonesia 

Gaji barista di Indonesia sangat bervariasi. Barista di kedai kopi ini memiliki dua posisi yang terbagi menjadi barista full time dan part time. Gaji barista di Starbucks full time disesuaikan dengan upah minimum kota atau kabupaten yakni berkisar 4 juta sampai 4,5 juta. 

Sedangkan gaji part time berkisar 1,5 juta sampai 2,5 juta. Kisaran gaji di atas adalah perkiraan karena setiap daerah kabupaten atau kota memiliki minimum upah berbeda. Upah tersebut belum termasuk insentif.

Kisaran gaji barista Starbucks cukup banyak mengingat jobdesk dan waktu yang diperlukan selama bekerja. Terlebih karyawan juga mendapat tambahan tunjangan dan insentif sesuai dengan posisi jabatan.

Jenjang karier yang ditawarkan perusahaan kopi ini juga menjadi salah satu alasan kenapa banyak orang ingin melamar kerja di sana. Budaya perusahaan yang berkarakter dan manajemen yang baik juga menyebabkan Starbucks begitu diminati banyak orang. 

Starbucks juga dilengkapi dengan fasilitas off day dalam seminggu bagi karyawan yang memiliki kinerja baik sebagai rewards. Terlihat bagaimana perusahaan mengapresiasi karyawan terhadap kinerjanya.

Rincian gaji barista Starbucks part time dihitung berdasarkan jumlah jam kerja tiap shift dan jumlah hari masuk kerja. Dalam satu minggu karyawan akan bekerja selama 4 sampai dengan 8 jam dalam setiap shift selama 4 hari. 

Insentif part time cenderung lebih kecil daripada full time. Hal ini dikarenakan jam kerja yang dilaksanakan juga berbeda. Bagi Anda yang masih mahasiswa Kami menyarankan untuk melamar kerja sebagai barista part time agar kuliah tidak terbengkalai.

Namun, bagi mahasiswa tingkat akhir dalam tahap menyelesaikan skripsi boleh melamar posisi full time di sini. Hanya saja, pembagian waktu antara akademik dan pekerjaan harus dipertimbangkan secara detail dengan tidak merugikan perusahaan. 

Bekerja di perusahaan cepat saji ternama, selain mendapatkan upah juga karyawan bisa mengeksplor pengalaman baru untuk bersosialisasi dengan banyak orang secara sigap dan cepat. Gaji barista Starbucks juga bisa digunakan untuk menunjang kebutuhan mahasiswa. 

Bagikan Artikel: