cara membuat surat lamaran barista

Cara Membuat Surat Lamaran Barista yang Menarik

Cara membuat surat lamaran barista yang menarik harus diperhatikan bagi Anda yang ingin menjadi barista di sebuah kedai kopi. Kenikmatan secangkir kopi dan dilengkapi dengan suasana nyaman yang ditawarkan oleh sebuah kedai kopi.

Ini tidak hanya dapat memikat konsumen saja. Nuansa dari kedai kopi tersebut juga mampu menarik orang-orang untuk bekerja di kedai kopi, khususnya sebagai peracik minuman atau barista.

Menjadi seorang barista, tidak hanya harus menguasai keterampilan dalam menyeduh kopi saja, namun juga harus memahami cara melayani pelanggan, cara pengelolaan kafe atau kedai kopi, serta menjaga kebersihannya.

Baca juga: Cara Membuat CV Untuk Barista

Tahapan dalam Cara Membuat Surat Lamaran Barista

Untuk menjadi barista pada sebuah kedai kopi yang pertama harus dilakukan adalah membuat surat lamaran. Sebelumnya, tentu harus memahami cara membuat surat lamaran kerja barista. Sebenarnya pada beberapa kedai kopi tidak memerlukan pengalaman bekerja. 

Salah satu yang menjadi faktor pertimbangannya adalah surat lamaran kerjanya. Sehingga dengan mengetahui cara membuat surat lamaran barista yang benar dan menarik menjadikan Anda berkesempatan besar untuk dapat diterima pada kedai kopi tersebut.

Terdapat berbagai macam informasi diri yang harus tercantum dalam surat lamaran.

1. Tempat dan Tanggal Pembuatan Surat Lamaran

Tempat serta tanggal pembuatan surat lamaran merupakan hal pertama yang harus ditulis saat membuat surat lamaran. Contoh penulisan tanggal pada surat lamaran barista adalah sebagai berikut.

  • Penulisan tanggal menggunakan bahasa Indonesia: 11 Maret 2021 (tanggal, bulan, tahun)
  • Penulisan tanggal menggunakan bahasa Inggris: March 11, 2021 (bulan, tanggal, tahun)

2. Tujuan Surat

Tahapan selanjutnya cara membuat surat lamaran barista adalah menuliskan tujuan dari dibuatnya surat lamaran tersebut. Contoh penulisan tujuan surat lamaran barista adalah:

Perihal: Lamaran Pekerjaan

Baca juga: Dimana tempat belajar menjadi barista? Wajib Tahu!

3. Salam Pembuka

Sapalah perekrut secara formal dengan menyebutkan namanya. Anda bisa mendapatkan informasi nama perekrutnya dari iklan lowongan pekerjaan tersebut. Contoh salam pembuka surat lamaran barista Starbucks:

Kepada Yth. 

Bapak Andi Fahrizal

Manajer Starbucks Kuningan

Dengan hormat,



4. Isi Surat Lamaran Barista

Bagian ini merupakan salah satu bagian terpenting cara membuat surat lamaran barista pada cafe atau kedai kopi. Pada bagian ini, Anda harus mengisi:

  • Menjelaskan Maksud dan Motivasi Melamar Barista. 

Pada bagian ini tulislah informasi darimana Anda mengetahui lowongan tersebut serta posisi yang akan dilamar, seperti barista. Contoh dalam menjelaskan maksud dan motivasi sebagai berikut. Berikut beberapa contoh jawaban dari motivasi melamar sebagai barista menurut Rencanamu.

“… Sehubungan dengan iklan lowongan kerja di …, saya ingin melamar menjadi barista di Cafe atau kedai kopi XX…”

  • Memperkenalkan Diri 

Perkenalkanlah diri Anda secara formal dengan menuliskan berbagai informasi diri secara singkat. Informasi diri pada surat lamaran barista berisi tentang nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat, nomor telpon, serta alamat email aktif.

5. Lampirkan Dokumen Lengkap

Cara membuat surat lamaran barista selanjutnya adalah memperkenalkan berbagai kemampuan yang dimiliki dan mengapa Anda adalah orang yang pantas untuk bekerja di kedai kopi tersebut. Jelaskan secara singkat dan jelas. 

kemudian, tuliskan berbagai dokumen pribadi yang dilampirkan pada surat lamaran kerja yang sesuai dengan persyaratan melamar kerja di kedai kopi tersebut. Contoh lampiran pada surat lamaran kerja barista:

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi Ijazah Terakhir
  • Daftar Riwayat Hidup
  • Fotokopi Sertifikat Training Barista
  • Fotokopi Surat Keterangan Kerja di Cafe
  • Fotokopi SKCK

Aplikasi Produktivitas Diskon Hingga 95%

6. Penutup

Setelah menuliskan segala kelengkapan berbagai dokumen pribadi serta mempromosikan diri sebagai kandidat yang tepat untuk bekerja di kedai kopi tersebut. 

Cara menulis surat lamaran barista selanjutnya adalah menuliskan dua hal terpenting pada bagian penutup surat lamaran, yaitu kata terima kasih dan ekspektasi Anda. 

  • Ucapkan harapan Anda untuk dapat melanjutkan proses perekrutan ke tahap selanjutnya seperti panggilan wawancara kerja. 
  • Terakhir, ungkapkan rasa terima kasih Anda untuk waktu dan perhatian yang telah diberikan manajer dalam membaca surat lamaran kerja Anda.

7. Salam Penutup

Bagian yang paling akhir dari surat lamaran kerja barista adalah salam penutup. Salam penutup pada surat lamaran yang biasa digunakan adalah “Hormat saya” yang diikuti dengan tanda tangan dan nama lengkap.

Pekerjaan ini sudah tersebar di mana-mana. Untuk dapat memberikan banyak peluang diterima dalam melamar kerja sebagai barista salah satu faktor terpentingnya adalah cara membuat surat lamaran barista.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!