Cara membuat CV untuk barista

Cara Membuat CV untuk Barista yang Menarik

Cara membuat CV untuk barista sangat penting untuk Anda yang mungkin ingin menjalani profesi sebagai seorang barista. Profesi sebagai seorang peristal sendiri merupakan profesi yang cukup menarik perhatian banyak orang.

Karena mungkin tidak sedikit orang yang menganggap jika profesi barista ini cukup menyenangkan dan bisa memberikan penghasilan yang cukup besar. Ketika akan mendaftar pada sebuah kedai kopi atau coffee shop mungkin Anda akan diminta untuk mengirimkan CV.

Tentu saja, Anda harus memiliki CV yang berkualitas supaya nantinya memiliki kemungkinan besar untuk diterima. Perlu Anda ketahui dalam membuat CV yang berkualitas ada berbagai macam aspek yang harus diperhatikan dengan baik.

Baca juga: Cara menjadi seorang Barista untuk pemula!

Beberapa Tips Cara Membuat CV untuk Barista

Walaupun terlihat sederhana ternyata sekarang ini masih ada banyak orang yang masih salah menuliskan keterangan di CV. Pada hal ini merupakan dokumen yang sangat penting ketika ingin melamar sebuah pekerjaan.

Ketika CV yang Anda buat tidak menarik recruiter tentu saja kemungkinan besar Anda akan ditolak. Berikut beberapa tips cara membuat CV untuk seorang barista.

1. Menulis Keterangan Diri yang Singkat, Padat, dan Jelas

Cara membuat CV untuk barista yang pertama yaitu menambahkan keterangan diri dengan kata-kata yang singkat dan juga mudah dipahami. Keterangan diri adalah bagian yang cukup penting di dalam CV.

Pada bagian ini Anda tidak perlu menuliskan banyak kata-kata. Anda hanya cukup menuliskan beberapa kata yang mendeskripsikan diri Anda dan bisa memberikan nilai lebih terhadap diri Anda.

2. Tambahkan Riwayat Pekerjaan yang Relevan

Menurut Spesolution, Salah satu hal yang biasanya sangat diperhatikan oleh recruiter ketika mencari seorang karyawan yaitu adalah pengalaman kerja. Oleh karena itu, ketika Anda sudah memiliki pengalaman kerja alangkah baiknya untuk dicantumkan pada bagian CV.

Ketika Anda memiliki beberapa pengalaman kerja saja mungkin bisa dituliskan semuanya. Akan tetapi, ketika memiliki banyak sekali pengalaman kerja mungkin hanya perlu menuliskan beberapa saja yang paling bagus.

Karena ketika semua riwayat pekerjaan yang Anda lakukan ditulis, mungkin saja akan membuat CV menjadi penuh dan ada informasi-informasi penting yang tidak bisa ditambahkan ke CV.

3. Tuliskan Riwayat Pendidikan

Tips cara membuat CV untuk barista yang menarik selanjutnya yaitu menambahkan riwayat pendidikan. Sebaiknya Anda menambahkan riwayat pendidikan yang relevan jika ada.

Perlu Anda ketahui, tidak semua riwayat pendidikan harus dicantumkan pada CV. Mungkin akan lebih baik ketika menuliskan beberapa riwayat pendidikan terakhir saja supaya lebih menghemat space pada CV.

Baca juga: Segini Gaji Barista Point Cafe Indomaret! Besar lho!



4. Jangan Lupa untuk Memasukkan Data Diri yang Lengkap

Tentu saja Anda tidak boleh melupakan untuk menuliskan data diri yang lengkap. Karena dengan menuliskan data diri yang lengkap nantinya akan membantu para recruiter untuk melihat apa saja yang seharusnya Anda bisa lakukan dengan baik.

Cara membuat CV untuk barista pada bagian data diri pastikan jika memasukkan juga kontak yang mudah untuk dihubungi. Biasanya kontak yang perlu dicantumkan yaitu email dan juga nomor WhatsApp.

Pastikan jika email dan juga nomor WhatsApp yang dicantumkan pada CV sudah terhubung pada perangkat yang digunakan sehari-hari. Dengan begitu, nantinya Anda tidak akan kehilangan atau tidak mendapatkan notifikasi ketika ada panggilan wawancara.

5. Menggunakan Desain CV yang Simple atau Tidak Berlebihan

Cara membuat CV untuk barista berikutnya supaya mudah diterima yaitu menggunakan desain CV yang simple dan tidak berlebihan. Ketika menggunakan desain CV yang terlalu berlebihan mungkin akan membuat tampilannya justru kurang menarik.

Akan lebih baik ketika Anda memilih desain yang simpel dengan perpaduan warna yang enak untuk dipandang oleh mata. Ini akan jauh lebih baik daripada menggunakan desain yang terlalu banyak warna dan terlalu banyak bentuk sehingga tidak fokus ke isinya.

6. Keterampilan

Penting bagi Anda untuk menuliskan berbagai macam keterampilan yang dimiliki. Ketika memiliki keterampilan yang dibutuhkan tentunya akan memberikan penilaian lebih dan akan meningkatkan peluang untuk diterima kerja.

Walaupun membuat CV bagi sebagian orang adalah hal yang sederhana, namun faktanya masih ada cukup banyak orang yang salah dalam membuat CV. Cara membuat CV untuk barista yang menarik dari kami, semoga bisa membantu Anda lebih mudah untuk diterima kerja.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.

 

Pasang Loker Sekarang dan Dapatkan Bonus Credits!