gaji barista Point Café Indomaret

Gaji Barista Point Café Indomaret dan Tugasnya

Anda tentu sudah familier dengan Poin Café yang ada di Indomaret, pernahkah Anda penasaran berapa gaji barista Point Café Indomaret? Seorang barista bertugas melayani pelanggan dan menyiapkan minuman, khususnya kopi (coffee), dengan bakat kreatif.

Benar sekali, mesin pembuat kopi ini dikenal sebagai “barista”, dan biasanya Anda dapat menemukannya di kedai kopi, kafe, Starbucks, bahkan di Alfamart dan Indomaret. Kadang-kadang, ada juga kedai kopi khusus.

Berapa Gaji Barista Point Café Indomaret?

Apakah barista sama dengan penjual kopi di warkop? Bisa jadi iya. Seni menyajikan kopi berdasarkan espresso dan latte inilah yang oleh sebagian orang dianggap sebagai definisi barista, sehingga tidak bisa disamakan.

Mengapa seni? Karena kopi yang disajikan bukan sembarang kopi, dan juga tidak sembarangan dituangkan. Seorang barista kafe harus bisa meracik kopi dengan takaran yang pas, rasa yang nikmat, dan tampilan yang enak dipandang.

Menjadi barista di kafe-kafe ternama, khususnya di Point Café Indomearet cukup sulit; selain memiliki keterampilan yang diperlukan untuk menuangkan kopi, Anda juga harus memiliki jiwa seni.

Karena gayanya mirip manual brewing atau latte art. Gaji barista Point Café Indomaret dan café lainnya sangat menjanjikan karena pekerjaannya tidak sederhana. Terutama di kafe-kafe ternama seperti Starbucks, Upnormal, dan kafe di pusat perbelanjaan.

Gaji Barista Point Cafe Indomaret Full Time

Seorang barista yang baru memulai dapat menghasilkan antara Rp2 dan 3 juta per bulan, tetapi mereka yang berpengalaman dan bekerja lembur bisa mendapatkan penghasilan antara Rp5 dan 10 juta per tahun dan banyak lagi.

Gaji Barista Point Cafe Indomaret Part Time

Tak hanya mempekerjakan barista full time, Point cafe Indomaret juga mempekerjakan banyak barista yang berstatus part time. Kebanyakan dari mereka yang menjadikan pekerjaan tersebut sebagai part time karena masih memiliki kesibukan lainnya seperti berkuliah yang tidak bisa ditinggalkan namun tetap mendapatkan penghasilan tambahan. Untuk besaran gajinya sendiri, Barista Part time point cafe Indomaret dapat mengantongi pemasukan setidaknya 1 juta rupiah hingga 1,5 Juta rupiah disetiap bulannya.

Baca juga: Perbedaan barista dan bartender yang wajib Anda ketahui!

Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Barista

Pekerjaan barista tidak sesederhana yang kita bayangkan; mereka bertanggung jawab untuk meracik kopi dengan prosedur dan komposisi yang tepat. Kesalahan kecil dalam komposisi atau prosedur produksi dapat menyebabkan rasa kopi yang berbeda Menurut Betterteam, berikut merupakan beberapa tugas dan tanggung jawab seorang barista yang mesti diketahui.



1. Menyeduh Kopi dengan Skill Tingkat Dewa

Seorang barista akan bekerja dengan penggiling kopi dan berbagai jenis kopi, mulai dari Arabica, Robusta, Liberika, dan Varietas lainnya. Inilah mengapa gaji barista Point Café Indomaret juga kadang dipertanyakan.

Sementara itu, barista biasanya menyiapkan kopi espresso atau kopi yang dicampur dengan susu yang dapat menghasilkan buih tipis di atasnya. Kopi ini bisa disandingkan dengan cappuccino, latte, atau kombinasi keduanya.

Pekerjaan barista sedikit lebih rumit daripada menyajikan kopi seperti di angkringan. Tak heran jika gaji barista Point Café Indomaret cukup tinggi. Namun ada juga jenis kopi yang disajikan di kafe yang perlu pelatihan lebih, seperti espresso. 

Sebelum latte art ditambahkan agar terlihat ideal, seorang barista harus mengetahui apakah susu harus di-forth, steam, atau difoam.

2. Membuat Kopi dengan Sentuhan Latte-Art

Seni latte adalah praktik menghiasi minuman espresso dengan komponen penting dari cappuccino atau latte. Menjadi seorang barista setidaknya membutuhkan minat pada seni, dan melukis di atas cangkir adalah keterampilan yang sulit dikuasai.

Namun, bagi Anda yang tidak memiliki bakat seni, menyajikan kopi dengan embellishment cantik di lapisan atas busa masih bisa dilakukan selama Anda mau berusaha dan tidak pernah berhenti belajar.

3. Menyiapkan Kopi Sesuai Selera Pelanggan

Seorang barista harus mampu memadukan kopi dengan berbagai bahan, rasa, dan memenuhi preferensi pelanggan. Hal ini menyiratkan bahwa barista bekerja dengan lebih dari satu jenis seni kopi dan latte.

Pelanggan terkadang memiliki permintaan khusus, dan barista harus mengakomodirnya selama masih wajar. Mengenai gaji barista Point Café Indomaret, tentunya hal tersebu sudah dikaitkan dengan job desknya.

Oleh karena itu, barista perlu menguasai berbagai jenis kopi serta cara membuat dan menyajikannya. Silakan mencobanya jika Anda belum pernah bekerja sebagai barista sebelumnya; butuh waktu untuk berlatih dan belajar untuk mendapatkan keahlian tingkat tinggi.

Baca juga: Cara menjadi seorang barista untuk pemula

4. Membuat dan Menyajikan Makanan Pelanggan

Tugas barista yang tidak mudah ini membuat gaji barista Point Café Indomaret cukup menjanjikan, seperti yang sudah kami infokan sebelumnya. Anda hanya perlu terbiasa dan telaten dengan pekerjaan jenis ini. 

Tidak menutup kemungkinan barista di kafe, Indomaret, dan Alfamart juga menjual minuman dan makanan ringan lainnya selain kopi. Melayani pelanggan makanan dan minuman adalah tugas lain dari seorang barista.

Anda tahu penikmat kopi di Indonesia cukup banyak bukan? Seorang barista terkenal sering diminta untuk berbicara program tentang kopi. Selain mendapat gaji barista Point Café Indomaret yang cukup tinggi, Anda juga bisa menjadi terkenal.

5. Menawarkan Segala Bentuk Promosi Yang Tengah Berlangsung

Tugas barista point cafe Indomaret lainnya adalah menawarkan semua promosi yang tengah berlangsung di Indomaret point cafe saat itu. Bukan hanya untuk meningkatkan penjualan, promo yang dijelaskan secara detail kepada konsumen juga akan membuat pelanggan lebih tertarik untuk melakukan pembelian berkala.



6. Menjaga Kebersihan Sitting Area dan Tempat Kerja

Sebagai barista, Tugas menjaga kebersihan sitting area atau tempat kerja merupakan sebuah kewajiban untuk dilakukan baik saat kedai sedang buka atau sebelum kedai tersebut tutup. Maka tak heran banyak yang beragapan jika barista juga merangkap sebagai “tukang bersih bersih”. 

Hal ini kerap terjadi dan menjadi salah satu tanggung jawab barista karena dengan menjaga kebersihan tempat duduk pelanggan (sitting area) maka akan membuat kenyamanan pelanggan tetap terjaga dan dengan menjaga kebersihan tempat kerja akan membuat kualitas kopi dan minuman yang dihasilkan tidak terpengaruh karena lingkungan yang kurang bersih.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.