perbedaan barista dan bartender

Perbedaan Barista dan Bartender, Simak Baik-Baik

Masih ada banyak orang yang belum paham tentang perbedaan barista dan bartender. Untuk Anda yang ingin memasuki bisnis coffee shop sepertinya sangat penting untuk mengetahui perbedaan yang ada di antara keduanya.

Jika Dilihat secara sekilas memang profesi bartender dan barista mungkin akan terlihat sama. Akan tetapi sebenarnya kedua profesi tersebut memiliki beberapa perbedaan. Oleh karena itu, anggapan jika kedua profesi tersebut sama adalah salah.

Karena sebenarnya skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang barista dan bartender itu berbeda. Walaupun mungkin, jika dilihat secara sekilas tugasnya sama yaitu membuat minuman untuk para pelanggan.

Baca juga: Berapa gaji seorang barista pemula? Temukan Jawabannya disini!

Beberapa Perbedaan Barista dan Bartender

Anda mungkin saja sudah sering melihat berita atau bartender dan menganggap jika keduanya adalah profesi yang sama. Padahal seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa kedua profesi tersebut berbeda, berikut beberapa perbedaan di antara keduanya.

1. Beda Tempat Kerja

Perbedaan barista dan bartender yang pertama yaitu tempat bekerjanya. Bartender merupakan seseorang yang memiliki keahlian khusus untuk membuat minuman di bar. Biasanya bartender ini memiliki kemampuan untuk menyajikan minuman yang beralkohol dan non alkohol.

Sementara itu, barista merupakan seseorang yang ahli dalam membuat kopi dan tempat kerjanya tentu di coffee shop atau kedai kopi. Seorang barista biasanya memiliki kemampuan yang baik dalam meracik kopi dengan menggunakan mesin.

Biasanya seorang perista ini memiliki kemampuan yang baik atau pengetahuan yang cukup untuk membuat minuman kopi yang nikmat sesuai dengan pesanan. Seorang barista dituntut memiliki kemampuan yang baik dalam memahami berbagai macam jenis kopi.

2. Tanggung Jawab

Menurut Resource Workable Perlu Anda ketahui menjadi seorang bartender itu tanggung jawabnya bukan hanya membuat minuman saja. Jadi seorang bartender ini juga memiliki berbagai macam tanggung jawab lain selain membuat minuman.

Contohnya saja yaitu menjaga kebersihan dan juga ketertiban yang ada di area bar. Selain itu biasanya seorang bartender juga bertugas untuk menemani pelanggan untuk berbincang ketika sedang tidak meracik minuman.

Tanggung jawab tambahan lainnya yaitu mengenai memastikan jika seseorang yang memesan alkohol sudah cukup usianya. Seperti yang Anda ketahui bersama bahwa meminum alkohol ini dilarang jika masih di bawah umur.

Sementara itu tanggung jawab yang membuat perbedaan barista dan bartender, seorang barista mungkin lebih kepada membuat minuman dan juga menjaga mesin-mesin atau alat-alat pembuatan kopi tetap aman. 

Jadi perbedaan antara barista dan bartender yang kedua yaitu tanggung jawab tambahan dari seorang barista ini lebih bersifat teknis jika dibandingkan dengan bartender.

3. Skill yang Dibutuhkan

Perbedaan barista dan bartender yang ketiga yaitu mengenai skill yang dibutuhkan untuk menjalankan profesi tersebut. Skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang bartender yaitu mixing atau meracik minuman sesuai dengan keinginan pelanggan.

Biasanya seorang bartender juga memiliki kemampuan untuk melakukan berbagai macam atraksi ketika meracik minuman. Oleh karena itu, terkadang bartender ini menjadi daya tarik tersendiri bagi orang-orang atau para pengunjung.

Sementara itu seorang barista dituntut untuk memiliki kemampuan dalam memahami berbagai macam jenis kopi dan menggunakan berbagai macam mesin kopi. Selain itu juga harus memiliki pengetahuan yang cukup mengenai metode meracik kopi yang tepat.

Perlu Anda ketahui meracik kopi ini bukan merupakan tugas yang mudah. Karena memang, ada berbagai macam jenis kopi dan juga ada berbagai macam jenis mesin kopi yang tentunya harus disesuaikan supaya bisa menghasilkan minuman kopi yang nikmat.

Baca juga: Cara Membuat CV Untuk Seorang Barista



4. Jam Kerja

Sebagai seseorang yang bekerja di luar biasanya akan mulai bekerja pada sore hari hingga dini hari. Karena sebagian besar baru memang memulai aktivitasnya pada sore hari hingga dini hari. Jadi, apa sebenarnya perbedaan barista dan bartender?

Bagi sebagian besar kedai kopi mungkin buka dari pagi hingga malam hari. Terkadang ada juga kedai kopi yang membuka layanannya selama 24 jam. Biasanya kedai kopi yang seperti itu menggunakan sistem shift untuk para karyawannya.

Gaji yang didapatkan oleh seorang barista dan bartender juga tergolong sedikit berbeda. Walaupun mungkin ini akan sangat bergantung dengan kemampuan yang dimiliki dan tempat bekerjanya.

Walaupun terlihat mirip sebenarnya barista dan bartender merupakan profesi yang berbeda. Ada cukup banyak perbedaan di antara keduanya. Seharusnya sekarang Anda sudah mengetahui perbedaan barista dan bartender.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!