dimana tempat belajar menjadi barista?

Dimana Tempat Belajar Menjadi Barista? Lakukan Tanpa Sekolah

Banyak para generasi milenial yang ingin menjadi ahli peracik kopi akan menanyakan dimana tempat belajar menjadi barista? Sebenarnya untuk menjadi seorang barista yang profesional tidaklah harus mengikuti kelas kursus atau sekolah barista berbayar. 

Hal ini dibuktikan dengan sudah banyak para ahli barista yang justru belajar secara gratisan atau otodidak. Sehingga siapapun bisa menjadi seorang barista profesional tanpa harus mengikuti sekolah atau kursus barista.

Sekarang ini banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk menjadi seorang barista. Hanya saja bagi pemula, mengikuti sekolah barista lebih direkomendasikan daripada belajar secara otodidak.

Baca juga: Dimana kita bisa mencari lowongan kerja barista? Temukan disini!

Dimana Tempat Belajar Menjadi Barista? Simak Ini

Agar dapat menyajikan secangkir kopi yang sempurna, bukan hanya mengandalkan biji kopi dan mesin espresso saja. Melainkan terdapat beragam ilmu didalamnya yang harus dipelajari. 

Dimana tempat belajar menjadi barista? Ini akan dibutuhkan terutama bagi Anda yang ingin belajar secara otodidak, dapat mengikuti pelatihan secara online melalui berbagai situs gratis.

Terdapat beberapa link portal yang menyajikan ilmu barista dan dapat dijadikan sebagai referensi kalau ingin mempelajari berbagai macam teknik dalam menyajikan kopi.

1. Whole Latte Love TV

Dimana tempat belajar menjadi barista? Tempat pertama yaitu di Whole Latte Love TV yang merupakan salah satu channel YouTube yang dapat membantu untuk menemukan mesin espresso terbaik sesuai kebutuhan. 

Saluran ini juga berisi beragam review yang berhubungan dengan resep kopi, mesin espresso, cara menggunakan berbagai jenis mesin espresso disertai dengan tips perawatannya, dan lainnya. 

2. Majalah Kopi Otten

Otten menjadi salah satu situs berbahasa Indonesia ini berisi tentang berbagai metode serta tips dalam membuat bir, termasuk juga memuat profil dari puluhan barista baik dalam maupun luar negeri. Kelebihan lainnya dari situs ini adalah memuat beragam cerita dan pengalaman.

Seperti pengalaman minum kopi dari kafe-kafe yang ada di dunia, sehingga Anda dapat belajar dari mereka. Ditambah lagi Anda dapat belajar menjadi barista lewat berbagai video-video yang diunggah pada channel YouTube mereka.

3. Chefsteps

Dimana tempat belajar menjadi barista? Terutama secara otodidak yang lainnya adalah pada situs Chefsteps. Pada situs ini, memberikan kesempatan untuk dapat kursus barista secara online. 

Materi yang diberikannya juga berisi pengantar mengenai teori dasar dalam membuat latte art, espresso, steaming milk, dan juga berbagai resep pembuatannya. 

Situs ini juga berisi tentang informasi lainnya yang berhubungan dengan kopi. seperti sejarah kopi, mesin penggilingan, timbangan, cara memilih biji kopi dan terdapat diskusi seputar espresso.

Baca juga: Cara Membuat CV ntuk Barista



Perbedaan Racikan Kopi Barista dengan Mesin

Sebelumnya, Anda mungin ingin mengetahui dimana tempat belajar menjadi barista? Kemudian setelahnya yang perlu diketahui adalah teknik dalam menyajikan secangkir kopi yang nikmat.

Terdapat dua teknik yang digunakan dalam menyeduh kopi atau brewing, yaitu secara manual atau manual manual brewing dan dengan menggunakan mesin atau machine espresso.

Pembuatan kopi secara manual memerlukan waktu yang cukup lama. Karena membutuhkan proses yang panjang dalam membuat dua atau tiga cangkir dalam sekali proses. Selain itu, memiliki risiko kegagalan yang cukup tinggi.

Di mana disebabkan oleh kesalahan dalam meracik kopi yang dapat mempengaruhi cita rasa kopi tersebut. Tetapi di sisi lain menjadikan daya tarik tersendiri, karena pengunjung dapat melihat secara langsung keahlian serta kelihaian para baristanya dalam menyajikan kopi.

Serta kepiawaiannya dalam seni membuat latte art. Dimana tempat belajar menjadi barista? Sebelum itu, Anda harus tahu teknik selanjutnya. Teknik selanjutnya yang perlu diketahui setelah tahu hal ini adalah pembuatan kopi dengan menggunakan mesin kopi.

Mesin kopi dapat melayani pengunjung dengan cepat, selain itu tidak memerlukan waktu lama dalam melatih seorang barista baru. Dengan takarannya yang sudah diatur mesin, membuat kegagalan dalam menyajikan kopi juga menjadi sangat kecil. 

Namun bagi para penikmat kopi, secanggih apapun mesin pembuat kopi tidak bisa mengalahkan karya kopi yang dibuat secara langsung oleh barista andal. Sehingga banyak sekali orang yang ingin mempelajari beragam seni dalam penyajian kopi. 

Sampai-sampai sekarang ini banyak berdirinya sekolah-sekolah untuk menjadi seorang barista yang andal. Berbagai cara dapat dilakukan untuk menjadi seorang barista baik secara otodidak melalui berbagai situs online.

Maupun melalui berbagai kursus dan pelatihan. Namun, jika Anda ingin mempelajari ilmu barista secara lebih mendalam lagi, dimana tempat belajar menjadi barista? Jawabannya adalah di sekolah barista.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.