Contoh soal TWK CPNS

Latihan Contoh Soal TWK CPNS untuk Pemula

Contoh soal TWK CPNS dapat membantu Anda untuk mendapatkan kesempatan lolos tes CPNS di tahun ini. Tes CPNS di tahun 2023 sudah diumumkan dan akan segera dilakukan pada bulan Juni 2023. Apabila Anda memutuskan untuk mengikuti tes tersebut, maka membutuhkan persiapan matang sebab banyak Jenis tes yang harus dipahami.

Selain mempersiapkan beberapa berkas dokumen, ternyata peserta tes CPNS juga harus mempersiapkan diri dengan latihan soal. Ada jenis tes SKD atau Seleksi Penerimaan CPNS di tahun 2023. Di dalam tes tersebut ada yang namanya Tes Wawasan Kebangsaan atau TWK.

Tentang Tes TWK di CPNS

Jadi Tes Wawasan Kebangsaan akan diujikan dalam seleksi penerimaan CPNS di tahun 2023. Tas yang satu ini akan menguji tentang pengetahuan Anda terkait kebangsaan dan dihadirkan dalam 30 butir soal.

Jadi tas yang satu ini akan berkaitan dengan pengetahuan umum seputar kebangsaan dan memiliki tujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan dalam beberapa implementasi, seperti berikut;

  • Nasionalisme. Dalam contoh soal TWK CPNS Anda akan tahu bahwa kemampuan nasionalisme memiliki tujuan untuk kepentingan nasional dengan cita-cita dan tujuan sama, serta mampu mempertahankan identitas nasional.
  • Integritas memiliki tujuan untuk menjunjung tinggi kejujuran, ketangguhan komitmen, serta konsistensi peserta tes bagi salah satu sikap untuk bisa mencapai tujuan nasional.
  • Bela negara memiliki tujuan mampu berperan aktif serta mempertahankan eksistensi bangsa dan negara.
  • Di dalam teks tersebut juga akan membahas tentang pilar negara dengan tujuan agar peserta mampu membentuk karakter positif terkait pemahaman dan pengalaman nilai-nilai di dalam Pancasila undang-undang dasar negara Republik Indonesia tahun 1945 serta negara kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika.

Beberapa hal tersebut akan Anda temukan dalam latihan contoh soal TWK CPNS. 

Baca juga: Contoh soal skd cpns

Contoh Soal TWK CPNS untuk Persiapan Peserta

Sebagai calon peserta tes CPNS kalian harus memahami beberapa contoh soal sebagai langkah mempersiapkan diri. Berikut ini contoh soal untuk tes TWK CPNS. Pertama untuk contoh soal TWK CPNS ada tentang sejarah Indonesia, seperti berikut;

  1. VOC berhasil masuk ke Indonesia di tahun….
  1. 1605
  2. 1604
  3. 1603
  4. 1602
  5. 1601

Jawaban yang tepat dari pertanyaan ini adalah 1601 atau E

2. Bel Anda berhasil melakukan Agresi Militer II pada tanggal 19 Desember 1948. Agresi Militer II tersebut menyerbu kota…

  1. Surabaya
  2. Bukit Tinggi
  3. Jakarta
  4. Bandung
  5. Yogyakarta

Jawaban yang benar untuk pertanyaan di atas adalah Yogyakarta atau E

3. KMB atau Konferensi Meja Bundar berhasil dilakukan di kota…..

  1. Delft
  2. Utrecht
  3. Leiden
  4. Denhaag
  5. Lisbon

Jawaban yang tepat untuk soal di atas adalah Denhaag atau D

Baca juga: Contoh soal tiu cpns

4. Pada Konferensi Meja Bundar yang sudah dilaksanakan di 22 Agustus 1949 sampai 29 Oktober 1049 berhasil mendapatkan keputusan sebagai berikut, KECUALI…..

  1. Adanya pemilihan perdana menteri RIS yang baru
  2. Membicarakan tentang masalah Irian Barat dan dibicarakan setahun setelah penyerahan kedaulatan
  3.  Pasukan tentara Bel Anda akan ditarik mundur dan tentara KNIL akan dibubarkan
  4. Antara RIS dan Bel Anda akan diadakan hubungan UNI Indonesia – Bel Anda dan dikepalai oleh Ratu Bel Anda
  5. Bel Anda menyerahkan kedaulatan Republik Indonesia kepada RIS

Jawaban yang tepat adalah “ adanya pemilihan perdana menteri RIS yang baru” atau E.

5. Pada tanggal 16 Agustus, Bung Karno dan Bung Hatta diculik oleh golongan Pemuda kemudian keduanya dibawa ke daerah…..

  1.  Yogyakarta
  2. Cilegon
  3. Rengasdengklok
  4. Cirebon
  5. Bandung

Jawaban yang tepat untuk soal di atas adalah “Rengasdengklok” atau C

6. Bung Karno adalah sosok yang menulis rumusan naskah Proklamasi asli, kemudian naskah tersebut diketik oleh…..

  1.  Sayuti Melik
  2. Muwardi
  3. Soewiryo
  4. Soekarni
  5. Hatta 

Jawaban yang benar adalah “ Sayuti Melik” atau E.

Masih banyak beberapa contoh soal terkait sejarah Indonesia yang bisa kamu pelajari terlebih dahulu sehingga bisa menyelesaikan tes wawasan kebangsaan untuk menyelesaikan seleksi CPNS di tahun 2023.


Pastikan Anda mempersiapkan diri dengan baik, mulai dari berbagai macam persyaratan dokumen yang dibutuhkan, serta kesiapan diri untuk menghadapi berbagai macam tes dengan cara mencari dan melakukan latihan contoh soal TWK CPNS yang terbaru. 


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.