contoh soal SKD CPNS

Contoh Soal SKD CPNS untuk Persiapan Calon PNS

Contoh soal SKD CPNS bisa dipelajari terlebih dahulu sebelum mengetahui kapan tes seleksi CPNS 2023 dilakukan. Di tahun 2023 ujian seleksi CPNS akan dilakukan dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test atau CAT. 

Bagi beberapa calon peserta yang mengikuti tes CPNS pertama kali mungkin masih merasa bingung dengan berbagai macam bentuk-bentuk soal tes nanti. Maka dari itu, disarankan untuk melakukan latihan dengan menggunakan contoh soal, sehingga bisa membantu mempermudah proses pengisian tes CPNS.

Memahami Tentang Tes SKD CPNS

Bagi beberapa peserta baru yang akan mengikuti tes CPNS di tahun 2023, mungkin kalian masih belum memahami tahapan tes CPNS. Maka dari itu, disarankan untuk mengikuti latihan contoh soal SKD CPNS. Dalam tes CPNS ada yang namanya tes SKD CPNS. Berdasarkan hasil yang dirilis oleh Kementerian PANRB, terkait Soal Kompetensi Dasar untuk CPNS dan pppk telah diterima oleh Panselnas.

Jadi SKD merupakan Ujian pertama yang harus dilakukan oleh calon peserta yang mengikuti seleksi CPNS dan tes ini dilakukan untuk mendapatkan tiga nilai kesesuaian terkait kompetensi peserta dan standar kompetensi dasar PNS.

SKD memiliki 3 materi soal, yaitu tes wawasan kebangsaan atau TWK, kemudian tes intelegensi umum atau TIU, dan tes karakteristik pribadi atau TKP. Jumlah soal dalam skd tersebut terdiri atas 110 butir yang dikerjakan dengan kurun waktu 10 menit.

Karena pihak Kementerian PANRB sudah menyerahkan soal SKD, maka sudah saatnya untuk mempelajari tes tersebut dan memahami Bagaimana karakteristik tes SKD. Untuk menjaga kerahasiaan dan kebocoran soal, naskah tersebut ditentukan dalam dokumen digital dan telah di endscript.

Dengan diserahkan soal tersebut, selanjutnya tim Panselnas akan melakukan proses pemasukan ke dalam sistem CAT oleh Badan Kepegawaian Negara dan nanti bisa digunakan untuk proses seleksi CPNS di tahun 2023. 

Belum adanya pengumuman seleksi tes CPNS di tahun 2023, di sarankan kamu untuk meningkatkan kemampuan dan pemahaman keterkaitan tes tersebut melalui contoh soal SKD CPNS, dengan begitu peluang untuk lolos ujian CPNS bisa didapatkan jauh lebih besar.

Baca juga: Contoh soal tiu cpns

Mengetahui Contoh Soal SKD CPNS

Pendaftaran CPNS sudah semakin dekat, sejauh ini ada berbagai macam persiapan yang harus dilakukan dan salah satunya adalah mengerjakan beberapa contoh soal. Berikut ini beberapa contoh soal dari tes SKD CPNS.

1. Contoh Soal Tes SKD CPNS TIU

Yang pertama ada contoh soal tes SKD CPNS TIU, merupakan salah satu tes untuk menguji kemampuan secara verbal, logika, numerik, serta analisis. Ada beberapa contoh soal dari tes CPNS TIU yang bisa dicoba.

Pada tes numerik, peserta bisa mendapatkan acuan ketika mengerjakan soal matematika CPNS nanti. Berikut ini beberapa klasifikasi contoh soal matematika tes pada contoh soal SKD CPNS yang sering muncul, seperti berikut;

  • Bilangan bulat
  • Persamaan kuadrat
  • Bilangan pecahan
  • Pangkat dan akar
  • Skala
  • Bangun ruang
  • Bangun datar
  • Deret dan baris
  • Aritmatika sosial
  • Statistik
  • Jarak, kecepatan, waktu
  • Peluang

Berikut ini contoh soal matematika CPNS;

SOAL 1

Tika dan Tina memiliki sebuah pekerjaan. Waktu yang dibutuhkan oleh Tika untuk menghasilkan uang adalah 21 menit. Sedangkan Ratih membutuhkan waktu 42 menit. Apabila Tika dan Tina bekerja sama untuk menghasilkan uang, maka waktu yang dibutuhkan adalah;

  1. 35 menit
  2. 28 menit
  3. 21 menit
  4. 14 menit

2. Contoh Soal SKD CPNS TKP

Selanjutnya ada tes karakteristik kepribadian atau TKP yang digunakan untuk menguji karakteristik. Ada serangkaian soal yang diharuskan untuk dijawab dan kamu harus memilih tidak akan tertentu. 

Tidak ada jawaban salah dan benar dalam soal TKP, tetapi dari hasil tersebut bisa menunjukkan apa kelebihan dan kekurangan yang anda miliki untuk pertimbangan.

SOAL 1

Ketika ada pemilihan kepala desa yang sedang berlangsung di tempat tinggal Anda, kemudian Ibu anda mempunyai hak pilih dalam pemilihan kepala desa, tetapi pada saat pencoblosan justru Ibu anda dirawat di rumah sakit, apa yang akan anda lakukan?

  1. Melaporkan Keadaan ibu kepada panitia pencoblosan kepala desa
  2. Melaporkan dan menginformasikan kondisi ibu kepada panitia pemungutan suara sehingga bisa diwakilkan oleh anda menggunakan hak pilih.
  3. Melaporkan Keadaan ibu kepada panitia untuk menentukan langkah yang harus didapatkan
  4. Melaporkan Keadaan ibu kepada panitia pemungutan suara sehingga bisa minta tolong orang lain menggunakan hak pilihnya
  5. Membiarkan hak suara ibu hamil

Sebenarnya masih banyak contoh soal yang harus dipelajari untuk menghadapi tes CPNS. Pastikan mempersiapkan diri dan sering melakukan latihan contoh soal SKD CPNS. 


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.