contoh soal TIU CPNS

Contoh Soal TIU CPNS Sering Keluar dan Tips Mengerjakannya

Banyak orang yang sering browsing tentang contoh soal TIU CPNS di internet. sebenarnya kenapa begitu banyak orang membutuhkan informasi semacam ini? Tentu, alasan utamanya adalah agar bisa menjadi pegawai negeri sipil.

PNS atau pegawai negeri sipil masih menjadi salah satu profesi idaman bagi Sebagian besar orang di Indonesia. beban kerja yang relative rendah, gaji tinggi, minim resiko dan mendapatkan pensiunan, itu adalah beberapa alasannya.

Menurut Kementrian Keuangan,  PNS adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, diangkat sebagai Pegawai ASN secara tetap oleh pejabat pembina kepegawaian untuk menduduki jabatan pemerintahan.

Pada proses seleksi CPNS, para pelamar harus melalui berbagai macam tahapan seleksi. Salah satunya adalah tes kemampuan yakni mengerjakan soal-soal TIU. Berikut akan kami jelaskan apa itu TIU, tips pengerjaan dan contoh soalnya.

Apa Sebenarnya Tes TIU CPNS Itu?

Tes TIU merupakan tes yang wajib diikuti oleh para calon pelamar CPNS atau Calon Pegawai Negeri Sipil di Indonesia. TIU sendiri merupakan singkatan dari Tes Intelegensi Umum yang bertujuan untuk mengukur kemampuan kognitif dan penalaran.

Tes TIU ini sangat penting dalam seleksi CPNS karena menjadi salah satu penilaian yang sangat berpengaruh dalam menentukan kelulusan calon pelamar. jika Anda bingung seperti apa TIU itu, kami akan berikan contoh soal TIU CPNS di pembahasan berikutnya.

Tes ini sangat penting dan Jika Anda tidak lulus pada tes TIU, maka tidak bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya dalam seleksi CPNS. Tahapan berikutnya ialah seperti TWK, TKP, serta tes kesehatan dan tes psikologi.

Oleh karena itu, penting bagi para calon pelamar untuk mempersiapkan diri dengan baik dalam menghadapi tes TIU agar bisa meraih kelulusan dan lolos seleksi CPNS. Salah satunya adalah dengan mempelajari contoh soal TIU CPNS.

Tips Mengerjakan Soal TIU Saat Mengikuti Seleksi CPNS

Harapan Anda sebagai pelamar kerja CPNS pastinya adalah bisa lolos TIU dan lanjut sampai ke tahapan akhir sampai bisa diangkat menjadi pegawai negeri sipil atau PNS. Untuk itu, kami memiliki beberapa tips agar lebih mudah lolos tes TIU.

1. Pahami Format Soal

Sebelum mengerjakan soal TIU, penting untuk memahami format soal yang akan dihadapi. Hal ini dapat membantu Anda dalam mempersiapkan diri secara lebih baik serta mengurangi rasa cemas atau panik saat menghadapi soal.

2. Membaca Soal dengan Cermat

Saat mengerjakan soal, pastikan untuk membaca soal dengan cermat dan teliti. Dengan membaca soal dengan cermat, Anda dapat memahami pertanyaan dengan baik sehingga dapat menjawab dengan benar.



3. Membuat Sketsa atau Diagram

Dalam mengerjakan contoh soal TIU CPNS, seringkali dibutuhkan kemampuan dalam memvisualisasikan informasi yang terdapat pada soal. Oleh karena itu, membuat sketsa atau diagram dapat menjadi solusi agar mampu memahami soal serta menjawab dengan tepat.

4. Mengelola Waktu dengan Baik

Waktu yang tersedia dalam seleksi CPNS terbatas. Oleh karena itu, penting bagi peserta untuk dapat mengelola waktu dengan baik. Usahakan untuk mengerjakan soal TIU dengan cepat namun tetap teliti.

Dengan mengikuti tips di atas, tentu Anda dapat mengerjakan soal TIU dengan baik pada seleksi CPNS dan memperoleh nilai yang memuaskan. Selain itu, tentu Anda juga butuh persiapan seperti misal melakukan latihan soal-soal.

Baca juga: Apa itu performance appraisal

Aplikasi Produktivitas Diskon Hingga 95%

Beberapa Contoh Beserta Jawaban Soal TIU CPNS yang Sering Keluar

Mungkin masih ada beberapa dari Anda yang belum punya gambaran tentang soal TIU CPNS. berikut adalah 2 contoh soal TIU CPNS yang sering keluar dalam seleksi CPNS.

Soal 1

Koperasi Budi Makmur memiliki 450 anggota, terdiri dari 200 laki-laki dan 250 perempuan. Jika dalam rapat koperasi diambil keputusan untuk memilih 5 anggota sebagai pengurus baru, minimal berapa banyak anggota perempuan yang harus terpilih?

a. 2

b. 3

c. 4

d. 5

Jawaban : A

Jika dalam rapat koperasi diambil keputusan untuk memilih 5 anggota sebagai pengurus baru, dan minimal harus ada 2 anggota perempuan (sesuai peraturan atau kebijakan kesetaraan gender), maka minimal 2 anggota perempuan harus terpilih.

Soal 2

Jika sebuah bis melakukan perjalanan dari kota A ke kota B dengan kecepatan rata-rata 60 km/jam, dan melakukan perjalanan kembali dari kota B ke kota A dengan kecepatan rata-rata 40 km/jam, berapa rata-rata kecepatan perjalanan bis tersebut?

a. 45 km/jam

b. 48 km/jam

c. 50 km/jam

d. 52 km/jam

Jawaban : B

Rata-rata kecepatan perjalanan bisa dihitung dengan mengambil rata-rata harmonik dari kecepatan-kecepatan tersebut.

Rata-rata harmonik = 2 * (kecepatan A * kecepatan B) / (kecepatan A + kecepatan B)

Dalam kasus ini: Kecepatan A = 60 km/jam (perjalanan dari A ke B) Kecepatan B = 40 km/jam (perjalanan dari B ke A)

Rata-rata kecepatan = 2 * (60 * 40) / (60 + 40) = 4800 / 100 = 48 km/jam

Jadi, rata-rata kecepatan perjalanan bis tersebut adalah 48 km/jam



Soal 3

Jika 12 + 8 = 96 dan 6 + 4 = 60, maka 10 + 7 = ?

a. 100

b. 102

c. 105

d. 150

Jawaban : C

Soal 4

Jika 4 + 6 = 40, 7 + 2 = 63, maka 8 + 5 = ?

a. 111

b. 112

c. 113

d. 114

Jawaban : B

Soal 5

Jika ANDI diubah menjadi BMDJ, maka BOSS akan diubah menjadi?

a. CCPT

b. ADAW

c. PPTRS

d. CPPT

Jawaban : D

Soal 6

Urutan angka-angka berikut adalah 8, 6, 14, 10, 22, … . Angka berikutnya dalam urutan ini adalah?

a. 15

b. 16

c. 17

d. 18

Jawaban : D

Soal 7

Jika 8 + 5 = 13, 3 + 7 = 24, maka 6 + 9 = ?

a. 500

b. 505

c. 510

d. 550

Jawaban : C

510 (6 + 9 = 15; 6 x 9 = 54; 15 + 54 = 510)

Soal 8

Jika 6 orang dapat membangun 6 rumah dalam waktu 6 hari, berapa waktu yang diperlukan untuk membangun 4 rumah jika setiap orang bekerja dengan kecepatan yang sama?

a. 1 hari

b. 2 hari

c. 3 hari

d. 4 hari

Jawaban : D

itu adalah beberapa contoh soal TIU yang seringkali keluar pada tes seleksi CPNS. tentu, Anda bisa mendapatkan contoh soal TIU CPNS lebih lengkap dari buku atau sumber lainnya sebagai salah satu persiapan agar peluang diterima semakin besar.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!