10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Contoh passion yang bisa diterapkan dalam dunia kerja

Contoh Passion yang Bisa Diterapkan dalam Dunia Kerja

Contoh passion yang bisa diterapkan dalam dunia kerja sangat penting untuk diketahui untuk sukses di masa depan. Orang yang mempunyai passion merupakan orang berdedikasi dan menjalani dengan sepenuh hati.

Tidak peduli seberapa keras proses atau pekerjaan yang dilakukan, jika passion kuat maka Anda akan mampu mengatasinya. Dengan kata lain, passion adalah dorongan untuk terus maju dan pantang menyerah.

Oleh karena itu, para pebisnis atau pelaku usaha sukses biasanya memiliki keinginan yang kuat terhadap bisnis digeluti. Dengan begitu, seseorang seakan-akan tidak bekerja tetapi sedang menjalani hobi.

Baca juga: Cara Menemukan Passion Hidup dalam Karir dengan Ini

Contoh Passion yang Bisa Diterapkan dalam Dunia Kerja di Bidang Seni

Jika Anda menyenangi hal-hal yang berhubungan dengan seni seperti menggambar, melukis, akting, menari dan musik Anda dapat mengembangkannya menjadi passion kerja. Ada beberapa cara dapat Anda lakukan, misalnya mengambil kelas atau kursus.

Tentunya yang memiliki hubungan dengan bidang seni yang Anda minati. Anda kemudian dapat mengikuti kompetisi untuk ditambahkan ke portofolio tersebut dan membuat sampel atau proyek demo untuk diri sendiri.

Orang dengan ketertarikan dalam dunia seni akan memiliki imajinasi serta kreativitas tinggi. Orang dengan ketertarikan dimiliki bisa memanfaatkan hal tersebut guna mendapatkan penghasilan dari kreativitas.

Contoh passion yang bisa diterapkan dalam dunia kerja pada bidang seni ini dapat dimanfaatkan dengan cara menjual sebuah karya dalam bentuk hasil print. Ada banyak cara yang bisa dipakai dan tentunya income Anda akan naik.

Contoh ini membuat orang tersebut menyukai sebuah karya memiliki kesempatan untuk mendapatkannya. Tidak hanya fotografer, seniman lain dengan passion dimiliki juga akan mendapatkan peluang lebih besar dalam dunia kerja.

Melalui passion juga membuat seseorang dalam bidang seni ini bisa mengadakan sebuah workshop atau loka karya dalam bidang tersebut. Bekerja di bidang ini membuat Anda lebih memaksimalkan workshop tersebut.

Contoh lainnya dalam hal passion dalam bidang seni adalah menuliskan sebuah buku terkait proses kreatif serta panduan untuk berkarya. Anda bisa menjadikan ketertarikan ini sebagai suatu pekerjaan.

Contoh Passion Dunia Kerja pada Bidang Teknologi

Saat ini teknologi semakin berkembang, sehingga banyak perusahaan yang membutuhkan profesional IT untuk mengelola suatu bisnis. Jika memiliki ketertarikan dalam bidang tersebut, bisa menjadi peluang menguntungkan.

Contoh passion yang bisa diterapkan dalam dunia kerja pada bidang teknologi ini seperti jika Anda menyukai sebuah game, coding, angka, serta mengerti tentang computer. Maka mungkin saja menjadi suatu ketertarikan. 

Saat ini sudah banyak akademi atau institusi juga menawarkan pelatihan, webinar, dan workshop untuk mengembangkan hard skill di bidang ini. 

Ini akan membuat Anda lebih mudah dan memberi sebuah kesempatan besar untuk memperdalam passion Anda. Apalagi sekarang seseorang mudah mendapatkan banyak tawaran pekerjaan sebagai profesional IT seperti pengembang perangkat lunak.

Seseorang yang memiliki ketertarikan dalam dunia teknologi informasi bisa menjadi seorang Software Engineer atau Teknisi Perangkat Lunak. Di mana seseorang memiliki pekerjaan untuk menganalisis, merancang, membuat, menyusun sebuah sistem, dan lainnya.

Contoh passion yang bisa diterapkan dalam dunia kerja teknisi perangkat lunak juga akan merancang suatu sistem pada komputer sesuai dengan kebutuhan dari penggunanya.  Hal ini akan mengasah skill yang dimiliki seperti memahami bahasa pemrograman.

Kemudian melakukan analisis, menambah pengetahuan bahasa asing, dan keahlian lainnya. Tidak hanya itu, menekuni passion dalam bidang tersebut membuat sebuah peluang untuk bisa bekerja di perusahaan e-commerce dan start-up.

Contoh Passion Dunia Kerja pada Bidang Pendidikan

Membaca dan menulis bisa menjadi hobi, dengan minat ini Anda dapat bekerja di bidang pendidikan jika serius menekuninya. Misalnya, Anda suka membaca dan mengoleksi buku di rumah. 

Contoh passion yang bisa diterapkan dalam dunia kerja bidang pendidikan adalah dapat memilih karir sebagai pustakawan. Bekerja di dunia pendidikan tidak hanya menjadi staf pengajar, tetapi juga menjadi seorang jurnalis.

Bidang pendidikan adalah menciptakan peluang bisnis seperti membuka layanan bimbingan online. Apabila membuka layanan secara offline maka perlu membutuhkan tempat atau biaya supaya bisnisnya berjalan lancar.

Sebain bimbingan online, Anda juga yang memiliki ketertarikan pada bidang pendidikan bisa menjadi seorang konten kreator edukatif. Konten pendidikan banyak dicari oleh pengguna internet. 

Usaha lain yang dikapitalisasi internet adalah menjadi pemilik situs web pendidikan. Nantinya, situs ini bisa digunakan untuk berbagi berbagai pengetahuan menarik seputar dunia pendidikan. Mirip dengan pembuat konten, hanya bisa dibuat lebih fleksibel nanti, terutama dalam pembuatan konten. contoh passion yang bisa diterapkan dalam dunia kerja tidak hanya sebatas video tetapi juga bervariasi.

Bagikan Artikel: