10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

5 Tips Karir Fresh Graduate Sebelum Masuk Dunia Kerja

Bagi yang baru lulus sekolah atau kuliah perlu memperhatikan beberapa tips karir Fresh Graduate sebelum masuk dunia kerja. Tujuannya supaya ketik berada di tempat tersebut seseorang mendapatkan sesuatu sesuai keinginan atau tujuan karir.

Dalam dunia kerja sering dituntut untuk profesional dalam menjalankan pekerjaannya. Dengan hal itu juga memerlukan skill atau kemampuan untuk berada pada tempat tersebut. Oleh karena itu berikut tipsnya bagi fresh graduate sebelum masuk dunia kerja yang perlu diketahui.

Beberapa Tips Karir untuk Fresh Graduate

Ada beberapa tips perlu dilakukan sebelum masuk dunia kerja. Terlebih bagi Anda yang baru saja lulus sekolah atau kuliah dan sedang merintis karir. Berikut pembahasan tips-tips tersebut.

1. Kenali Potensi Diri

Untuk memulai karir dengan tepat dan sesuai, Anda perlu mengenali potensi diri diri. Dengan mengetahui hal tersebut, kedepannya bisa mengetahui profesi dan bidang industri yang tepat. Dalam hal ini perlu sekali mengetahui tentang minat, keahlian, dan tujuan jangka panjang dalam berkarir.

Dengan hal itu, tips karir fresh graduate selanjutnya Anda perlu mengenali passion yang disukai. Bagi fresh graduate hal tersebut sangat penting dalam memilih pekerjaan. Karena bisa menjadi alasan utama dalam memilih pekerjaan sesuai tujuan karir.

Mengenali potensi diri, Anda bisa menjalani proses rekrutmen dengan lebih percaya diri. Karena ketika memilih lowongan kerja sesuai dengan diri, bisa lebih mudah dalam menguasai hal-hal yang ada di pekerjaan tersebut.

2. Sering Asah Skill

Setiap posisi pekerjaan selalu memerlukan kemampuan atau skill yang relevan dengan bidangnya. Dengan melamar posisi tertentu pada sebuah perusahaan, diperlukan untuk menguasai hal tersebut sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan. Untuk itu tips karir fresh graduate selanjutnya yaitu sering mengasah skill.

Skill ada dua yaitu pertama hard skill kemampuan yang bersifat teknis seperti desain grafis, programming, content writer, dll. Kedua Soft Skill kemampuan tidak berkaitan secara langsung dengan bidang pekerjaan seperti leadership, manajemen waktu, komunikasi, dll. 

3. Buat CV menarik

Sebagian fresh graduate mungkin bingung untuk membuat CV menarik. Jika Anda juga seperti itu, ketika membuatnya pastikan semua informasi penting masuk di dalamnya. Semisal latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, dan skill yang dikuasai.

Perusahaan besar hampir setiap hari menerima ribuan CV dan harus dicek satu persatu. Hal ini membuat perusahaan dalam mengeceknya tersebut memerlukan waktu 6 detik untuk membaca satu CV. Untuk itu tips karir fresh graduate ini perlu memastikan semua informasi penting dan relevan dicantumkan pada CV tersebut.

4. Latihan Interview

Proses rekrutmen setiap perusahaan memiliki tahap berbeda-beda. Akan tetapi, di antaranya proses tersebut akan ada sesi interview yang dilakukan. Tahap tersebut dilakukan untuk mengenal lebih dekat tentang calon pelamar, sehingga perekrut bisa menilai kecocokan dengan posisi di perusahaan.

Saat interview pasti merasa gugup dan cemas. Karena hal tersebut secara tidak langsung sesi tanya jawab tersebut menentukan masa depan. Untuk mengurangi rasa tegang saat itu, latihan interview merupakan tips karir fresh graduate yang perlu Anda siapkan.

Cari informasi di internet tentang pertanyaan-pertanyaan interview. Karena secara garis besar hampir semua perusahaan memiliki pertanyaan yang hampir sama. Setelah itu, Anda jawab dari semua pertanyaan tersebut dan jawab dengan jujur sesuai maksud pertanyaan.

5. Cari Info Tempat Kerja

Tips karir fresh graduate selanjutnya yaitu mengenali perusahaan atau tempat kerja bagi pelamar kerja merupakan nilai plus. HRD petugas interview akan lebih senang bertemu dengan calon pekerja karena mengetahui pekerjaan yang dilamar dan latar belakang perusahaan.

Memahami tentang perusahaan dapat menyelaraskan skill yang dimiliki dan dibutuhkan oleh perusahaan. Hal tersebut memungkinkan Anda untuk lebih dilirik perusahaan dibandingkan kandidat lain. Kemungkinan terpilih juga semakin besar.

Jadi, ada beberapa tips dalam membentuk sebuah karir untuk fresh graduate sebelum masuk dunia kerja. Hal ini bertujuan ketika sudah kerja bisa lebih siap untuk berada di posisi yang diinginkan dan jauh dari sesuatu tidak diinginkan.

Tips tersebut antara lain kenali potensi diri, sering asah skill,buat CV menarik, latihan interview, mencari informasi tentang tempat kerja. Kelima tips karir tersebut bisa dicoba bagi fresh graduate sebelum memasuki dunia kerja.

Bagikan Artikel: