10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Cara Mengetahui Pekerjaan yang Cocok untuk Kita

Cara mengetahui pekerjaan yang cocok untuk kita perlu diketahui agar saat mendapatkan pekerjaan dapat bekerja dengan maksimal dan dapat membantu perusahaan tempat Anda bekerja. Tidak bisa dipungkiri, sulit untuk mengetahui sebuah pekerjaan cocok atau tidak.

Perlu ada cara tepat untuk menemukan jawabannya. Terdapat berbagai hal perlu dipertimbangkan saat sedang mencari kerja. Karena terkadang kualifikasi dari perusahaan berlawanan dengan kemampuan dan latar belakang studi Anda.

Tips dan Cara Mengetahui Pekerjaan yang Cocok untuk Kita

Pekerjaan baik bukan hanya pekerjaan yang dapat memberikan penghasilan besar, namun juga nyaman untuk dilakukan. Setiap orang harus menemukan bidang kerja tepat dan cocok untuk dirinya sendiri sesuai dengan bakat serta kemampuan.

Orang tepat untuk posisi tepat sudah pasti dapat memajukan perusahaan. Namun dalam praktiknya tidak selalu seperti itu. Berikut beberapa cara dapat dilakukan untuk mengetahui apakah sebuah job cocok untuk Anda atau tidak. 

1. Cari Pekerjaan yang Sesuai dengan Bakat dan Keahlian

Meski Anda belum mengetahui secara pasti apa detail dari suatu pekerjaan, hal tersebut bukan berarti tidak mengetahui keahlian yang dimiliki. Cara mengetahui pekerjaan yang cocok untuk kita adalah dengan membuat daftar ilmu serta keahlian.

Lihat kembali apa saja sertifikat keahlian Anda dan pendidikan apa yang telah diambil. Lihat kembali nilainya memuaskan atau tidak. Jika tidak memuaskan sebaiknya tidak mengambil profesi berhubungan dengan pendidikan tersebut.

Sebaliknya jika nilai memuaskan, dapat fokus ke bidang pekerjaan yang sesuai dengan kelas tersebut. Contoh jika Anda menyukai kelas public speaking, dapat mencari kerja impian pada bidang komunikasi atau berhubungan dengan orang lain.

2. Lihat Visi dan Misi Perusahaan

Cara mengetahui pekerjaan yang cocok untuk kita atau tidak dapat dilihat dari visi dan misi perusahaan. Jika tujuan perusahaan bertolak belakang dengan nilai-nilai yang Anda pegang, pada saat bekerja pasti akan sangat terasa berat.

Selain visi dan misi, mengetahui budaya dari suatu perusahaan juga dapat dilakukan. Contoh sederhana adalah dengan melihat seperti apa orang-orang yang bekerja di perusahaan tersebut. Jika melihat kesamaan, maka besar kemungkinan Anda cocok bekerja di perusahaan tersebut.

3. Perhatikan Besar Gaji dan Kompensasi

Saat sedang menelusuri karir, perlu juga memperhatikan besar gaji dan kompensasi. Suatu pekerjaan menarik akan terlihat mengecewakan jika tawaran gaji rendah. Hal lain yang perlu dilihat oleh pencari kerja adalah tawaran kompensasi.

Kompensasi seperti tunjangan hari raya, upah lembur dan lain-lain banyak dilupakan saat sedang mencari kerja. Oleh karena itu cara mengetahui pekerjaan yang cocok untuk kita adalah memastikan kompensasi dari perusahaan.

4. Perhatikan Detail Pekerjaan

Agar mengetahui suatu bidang kerja cocok dengan passion atau tidak juga dapat dilihat dari deskripsi pekerjaan tersebut. Karena kepuasan terhadap karir akan ditentukan oleh ketertarikan dengan pekerjaan sehari-hari.

Jika terus memaksakan diri dengan tugas yang tidak sesuai dengan passion, tentu Anda tidak akan menikmati saat bekerja. Oleh karena itu cara mengetahui pekerjaan yang cocok untuk kita adalah dengan selalu periksa deskripsi job saat sedang mencari peluang karir.

5. Lihat Jenjang Karir yang akan Di raih

Dalam memilih kerja, Anda perlu memikirkan jenjang karir. Saat ini terdapat banyak perusahaan membagi jenjang karir karyawan menjadi beberapa tingkat. Jenjang karir ini biasanya ditentukan oleh durasi waktu serta kinerja di perusahaan.

Ketika telah lama bekerja dan memiliki kinerja bagus, maka jenjang karir bisa dinaikkan oleh pimpinan. Jenis perusahaan seperti ini perlu dipilih saat akan mengajukan lamaran kerja dan pasti akan cocok bagi Anda yang ingin terus berkembang.

6. Cari Pekerjaan yang Sesuai dengan Karakter Pribadi

Pilih pekerjaan sesuai dengan karakter pribadi, karena memilih pekerjaan sesuai dengan karakter pribadi itu sangat diperlukan. Hal tersebut akan membuat Anda dapat bekerja semaksimal mungkin serta tidak merasa tertekan.

Contohnya adalah jika Anda merupakan seorang pendiam, maka tidak cocok bekerja menjadi jurnalis atau kerja di bidang sosial. Bidang pekerjaan yang cocok adalah dengan bekerja rumahan atau dengan membuka usaha sendiri.

7. Terus Berusaha Mendaftarkan Diri ke Berbagai Lamaran Kerja

Cara mengetahui pekerjaan yang cocok untuk kita berikutnya dan merupakan langkah cukup efektif adalah terus berusaha. Selama sedang berada di job market, Hal yang harus dilakukan adalah untuk selalu terus berusaha. 

Ketika sedang merasa bingung mengenai kecocokan dari suatu pekerjaan, penting untuk Anda agar terus mendaftarkan diri pada berbagai lamaran kerja yang tersedia. Karena dengan mendaftarkan diri merupakan cara terbaik untuk menyadari kecocokan tersebut.

Selain memeriksa aspek-aspek dari sebuah pekerjaan, wajib bagi Anda untuk selalu berusaha dan tidak menyerah. Karena cara mengetahui pekerjaan yang cocok untuk kita adalah dengan berani untuk terus mendaftarkan diri.

Bagikan Artikel: