Ratusan HRD sering online dan aktif mencari pegawai!

Contoh motivation letter untuk organisasi

Contoh Motivation Letter untuk Organisasi yang Benar

Contoh motivation letter untuk organisasi saat ini memang harus diketahui. Apabila Anda ingin mengajukan beasiswa atau melamar kuliah di kampus tertentu, maka disuruh untuk membuat motivation letter.

Hal ini sebagai salah satu bentuk persyaratan. Namun sayangnya, banyak di antara pelamar yang tidak lolos seleksi karena motivation letter tidak tepat. 

Baca juga: Contoh cv waitress

Contoh Motivation Letter untuk Organisasi

Motivation letter dikenal sebagai salah satu jenis surat yang bercerita tentang deskripsi diri sendiri. Motivation letter ini menjelaskan mengapa diri Anda merupakan kandidat yang sesuai di bidang tertentu. 

Di dalamnya Anda berhak menulis prestasi, organisasi yang diikuti, bahkan potensi di bidang tertentu. Selain itu, contoh motivation letter untuk organisasi juga berisi beberapa data diri.

Misalnya saja pendidikan, tujuan hidup, latar belakang kehidupan, dan kontribusi diri. Apabila masih bingung tenang saja, saat ini ada beberapa contoh motivation letter untuk organisasi yang baik dan benar.

Motivation letter ini harusnya ditulis dengan percaya diri. Hal ini karena di dalamnya sudah bertujuan untuk bisa mempromosikan diri. 

Sehingga sebisa mungkin contoh motivation letter untuk organisasi ini ditulis dengan cara yang lebih unik dan menarik. Meskipun begitu, penulisannya harus lebih memperhatikan prosedur penulisan yang benar.

Selain itu, juga ditulis dalam bahasa yang singkat, jelas, serta padat. Perlu diketahui bahwa motivation letter ini bukanlah curriculum vitae yang akan diceritakan dalam bentuk paragraf. 

Oleh sebab itu, tidak perlu menceritakan seluruh prestasi dan kegiatan yang sudah dilakukan. Melainkan tulislah motivasi dan minat yang Anda miliki di dalamnya. 

Adapun tips dan trik yang bisa digunakan untuk menulis motivation letter baik akan dijelaskan beberapa hal. Di bawah ini sudah ada beberapa contoh motivation letter untuk organisasi, antara lain:

  1. Buat alur cerita yang baik agar bisa memberikan kesan baik dan mudah dipahami oleh pembaca.
  2. Mengisi motivation letter menceritakan secara singkat terkait latar belakang kehidupan dan pendidikan.
  3. Fokus terhadap satu aspek terbaik yang dimiliki atau cerita dalam hidup. Sehingga pembaca akan benar-benar bisa mengenal Anda melalui motivation letter yang telah dibuat. 
  4. Di dalamnya penting sekali untuk diketahui bahwa pembaca tahu topik yang ingin diangkat oleh penulis. Sehingga sebisa mungkin, alur dari isi motivation letter akan dibuat runtut dari awal sampai akhir.
  5. Buat lebih hidup dengan menulisnya semenarik mungkin untuk dibaca.
  6. Tidak hanya bisa bercerita di dalam motivation letter, namun juga perlihatkan.
  7. Contoh motivation letter untuk organisasi ditulis secara jujur dan terbuka. Berceritalah di dalamnya agar seolah-olah sedang berhadapan dengan panitia/dewan juri. Akan tetapi, ritme harus diatur dengan baik agar tulisan mengalir secara alami dan tidak terkesan dibuat-buat.
  8. Memaksimalkan jumlah kata yang sesuai dengan syarat sudah ditentukan.
Contoh motivation letter untuk organisasi

Cara Buat Motivation Letter Terbaik 

Sebelum Anda memulai menulis motivation letter, sebaiknya menyediakan waktu terlebih dahulu untuk melakukan brainstorming ide. Bahkan, Anda perlu membuat konsep tulisan. 

Berikut ini sudah ada beberapa daftar topik yang dapat dijadikan sebagai arahan yang tepat. Hal ini tentunya untuk menulis motivation letter, antara lain:

  1. Pencapaian terbaik yang pernah didapatkan dan alasan mengapa pencapaian tersebut harus dibuat. Pencapaian di sini mempunyai arti yang lebih luas. 
  2. Tidak hanya pencapaian yang memperoleh penghargaan saja, melainkan yang sangat berpengaruh terhadap kehidupan Anda.
  3. Keterampilan dan kompetensi yang dimiliki sangat berbeda dengan orang lain, dan upaya ini dilakukan untuk bisa mengembangkan hal tersebut.
  4. Identifikasilah film, buku-buku, atau karya seni yang menjadi favorit Anda dan alasan memilihnya menjadi favorit.
  5. Peristiwa sulit yang pernah Anda alami dan cara melewatinya.
  6. Peristiwa yang harus membuat Anda berjuang keras. Hal ini tentunya untuk mencapai satu tujuan dan akhirnya berhasil.
  7. Kegagalan yang pernah dialami setelah bekerja keras dan alasan mengapa kegagalan itu dapat terjadi.
  8. Impian di masa depan yang ingin sekali dicapai.

Terakhir, Anda bisa menyunting motivation letter yang dibuat sebelum menyerahkannya. Anda juga bisa meminta bantuan orang lain untuk menyunting.

Hal ini karena orang lain terkadang lebih jeli dalam menangkap kesalahan kecil yang dibuat. Contoh motivation letter untuk organisasi ini lebih praktis dan sederhana.

Bagikan Artikel: