kontribusi apa yang dapat anda berikan?

10 Jawaban “Kontribusi Apa yang Bisa Anda Berikan untuk Perusahaan” dan Contohnya

Saat Melakukan Interview Kerja, banyak orang yang mengalami kebingungan saat ditanya “Kontribusi apa yang bisa Anda berikan untuk perusahaan?”

Mungkin Anda pun pernah mengalami kebingungan tersebut karena hanya mempersiapkan diri untuk pertanyaan seputar keterampilan dan pengalaman kerja yang pernah Anda capai di pekerjaan sebelumnya.

Padahal menurut rekruiter sendiri, pertanyaan “kontribusi apa yang dapat diberikan” merupakan pertanyaan yang penting guna menilai apakah kandidat memiliki pemahaman yang jelas tentang peran yang mereka lamar.

Selain itu, dengan pertanyaan ini rekruter juga akan memiliki gambaran terkait “apakah kandidat memiliki motivasi dan antusiasme untuk bekerja di perusahaan tersebut?”.

Lantas Bagaimana cara menjawab pertanyaan interview “Kontribusi Apa yang Bisa Anda Berikan untuk Perusahaan?” yang benar? Berikut contoh dan cara terbaik yang bisa Anda lakukan.

Contoh Jawaban Pertanyaan ‘’Kontribusi Apa yang Bisa Anda Berikan untuk Perusahaan?’’

Contoh jawaban terbaik dari pertanyaan interview “Kontribusi Apa yang Bisa Anda Berikan untuk Perusahaan?” pada dasarnya disesuaikan dengan masing-masing individu.

Yang terpenting dalam menjawab pertanyaan tersebut adalah jawaban yang memberikan contoh spesifik tentang bagaimana Anda telah memberikan kontribusi serta fokus pada keterampilan dan pengalaman Anda.

Berikut beberapa contoh jawaban yang terbaik:

1. Komitmen Untuk Bekerja Keras

Jawaban “memberikan komitmen untuk bekerja keras” adalah salah satu jawaban paling diandalkan untuk pertanyaan “Kontribusi apa yang bisa Anda berikan kepada perusahaan?

Pasalnya, Jawaban ini akan menunjukkan jika Anda merupakan seseorang yang memiliki motivasi dan antusiasme untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Selain itu, jawaban ini juga menunjukkan jika Anda merupakan kandidat yang bersedia untuk memberikan upaya ekstra untuk mencapai tujuan perusahaan.

Sebagai Contoh Anda dapat Menjawabnya Dengan:

Saya berkomitmen untuk bekerja keras dan memberikan hasil yang terbaik. Saya memiliki pengalaman dalam bekerja di bawah tekanan dan menyelesaikan tugas tepat waktu. Saya yakin bahwa saya dapat memberikan kontribusi bagi perusahaan Anda dengan memberikan kerja keras dan dedikasi saya.

Atau:

Saya adalah orang yang pekerja keras dan berdedikasi. Saya selalu berusaha untuk memberikan hasil yang terbaik. Saya memiliki pengalaman dalam bekerja di tim dan menyelesaikan proyek dengan sukses. Saya yakin bahwa saya dapat memberikan kontribusi bagi perusahaan Anda dengan bekerja keras dan berkontribusi pada kesuksesan tim.

2. Mengutamakan Integritas dan Kejujuran 

Integritas dan kejujuran adalah nilai-nilai yang penting bagi setiap perusahaan. Dengan jawaban ini, Anda dapat menunjukkan kepada rekruter jika Anda adalah orang yang dapat dipercaya dan dapat diandalkan dalam posisi tersebut.

Untuk dapat menjawabnya, Anda dapat memberikan jawaban:

Saya adalah orang yang jujur dan berintegritas. Saya selalu berusaha untuk melakukan hal yang benar, bahkan ketika itu sulit. Saya yakin bahwa saya dapat memberikan kontribusi bagi perusahaan Anda dengan menjadi karyawan yang dapat dipercaya dan dapat diandalkan.

Atau dengan jawaban seperti ini:

Saya percaya bahwa integritas dan kejujuran adalah nilai-nilai yang penting dalam setiap pekerjaan. Saya selalu berusaha untuk bersikap jujur dan adil dalam semua tindakan saya. Saya yakin bahwa saya dapat memberikan kontribusi bagi perusahaan Anda dengan menjadi karyawan yang dapat dipercaya dan dapat diandalkan.

Baca juga: Apa Tujuan Karir Anda? Ini 7 Jawaban Yang Bisa Anda Berikan Saat Interview

3. Memberikan Inovasi Terbaru Bagi Perusahaan

Banyak perusahaan yang menganggap inovasi adalah kunci untuk kesuksesan dalam bisnis. Karena perusahaan perlu terus berinovasi untuk tetap relevan dan kompetitif dalam suatu industri.

Kontribusi karyawan dalam memberikan inovasi terbaru dapat membantu perusahaan untuk tetap berada jalan yang benar dalam mencapai tujuan bisnisnya.

Jawaban Memberikan Inovasi dalam pertanyaan kontribusi yang bisa diberikan juga akan menunjukkan jika Anda adalah kandidat memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalah.

Selain itu, jawaban ini juga akan menunjukkan jika Anda adalah kandidat memiliki kreativitas dan pemikiran kritis

Untuk dapat menjawab pertanyaan ‘’Kontribusi Apa yang Bisa Anda Berikan untuk Perusahaan?” dengan jawaban berikut, Anda dapat menjawabnya seperti:

Saya adalah orang yang kreatif dan berpikiran kritis. Saya selalu berusaha untuk menemukan cara baru untuk menyelesaikan tugas dan memecahkan masalah. Saya yakin bahwa saya dapat memberikan kontribusi bagi perusahaan Anda dengan memberikan ide-ide baru dan inovatif.

atau dengan jawaban seperti:

Saya memiliki pengalaman dalam mengembangkan produk dan layanan baru. Saya memiliki track record yang sukses dalam menciptakan inovasi yang meningkatkan keuntungan dan kepuasan pelanggan. Saya yakin bahwa saya dapat memberikan kontribusi bagi perusahaan Anda dengan membantu mengembangkan produk dan layanan baru yang inovatif.



4. Beradaptasi Dengan Perkembangan Perusahaan

Jawaban ini juga merupakan jawaban yang bagus untuk pertanyaan “Kontribusi apa yang bisa Anda berikan kepada perusahaan?” Karena dengan menggunakan jawaban ini menunjukkan jika Anda terbuka terhadap perubahan dan bersedia untuk belajar hal-hal baru.

Dengan jawaban ini juga dapat menunjukkan jika Anda merupakan kandidat yang memiliki kemampuan untuk belajar dan berkembang serta bersedia untuk melakukan apa pun yang diperlukan untuk membantu perusahaan mencapai tujuannya.

Untuk Dapat menjawab pertanyaan ini, Anda dapat menjawabnya dengan:

Saya adalah orang yang terbuka terhadap perubahan dan selalu bersedia untuk belajar hal-hal baru. Saya memiliki pengalaman dalam bekerja di industri yang terus berkembang, dan saya telah belajar untuk beradaptasi dengan perubahan dengan cepat. Saya yakin bahwa saya dapat memberikan kontribusi bagi perusahaan Anda dengan kemampuan saya untuk beradaptasi dengan perubahan.

Atau anda juga dapat memberikan jawaban seperti:

Saya memiliki pengalaman dalam bekerja di perusahaan yang mengalami perubahan besar. Saya telah belajar untuk beradaptasi dengan perubahan ini dengan cepat dan efektif. Saya yakin bahwa saya dapat memberikan kontribusi bagi perusahaan Anda dengan kemampuan saya untuk beradaptasi dengan perubahan.

5. Sikap Loyal dan Dedikasi Untuk Perusahaan

Jawaban ini adalah jawaban yang akan menggambarkan Anda sebagai kandidat yang memiliki komitmen untuk perusahaan dan bersedia untuk bekerja keras untuk mencapai tujuannya dalam pertanyaan interview kontribusi.

Untuk itu, jawaban ini dianggap jawaban yang akan membangun kepercayaan antara kandidat dan rekruter.

Untuk jawaban ini, Anda dapat menjawabnya seperti contoh:

Saya adalah orang yang loyal dan berdedikasi. Saya selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik untuk perusahaan tempat saya bekerja. Saya yakin bahwa saya dapat memberikan kontribusi bagi perusahaan Anda dengan sikap loyal dan dedikasi saya.

Atau dengan jawaban:

Saya memiliki pengalaman dalam bekerja di perusahaan selama 5 tahun. Selama waktu itu, saya telah menunjukkan loyalitas dan dedikasi saya dengan selalu memberikan kinerja yang terbaik dan selalu siap membantu rekan kerja. Saya yakin bahwa saya dapat memberikan kontribusi bagi perusahaan Anda dengan sikap loyal dan dedikasi saya.

Aplikasi Produktivitas Diskon Hingga 95%

6. Memiliki Semangat dan Motivasi Tinggi

Jawaban ini akan menunjukkan jika Anda adalah kandidat yag memiliki motivasi dan antusiasme untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Dengan memberikan jawaban ini, rekruter akan menilai Anda sebagai individu yang dapat membantu meningkatkan produktivitas dan moral di tempat kerja.

Selain itu, Kandidat yang bersemangat dan termotivasi lebih cenderung untuk bekerja keras dan memberikan hasil yang terbaik.

Sebagai contoh, Anda dapat menjawabnya dengan:

Saya adalah orang yang selalu bersemangat dan termotivasi. Saya selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik dalam segala hal yang saya lakukan. Saya yakin bahwa saya dapat memberikan kontribusi bagi perusahaan Anda dengan motivasi dan antusiasme saya.

atau dengan:

Saya memiliki pengalaman dalam bekerja di perusahaan selama 5 tahun. Selama waktu itu, saya telah menunjukkan motivasi dan antusiasme saya dengan selalu memberikan kinerja yang terbaik dan selalu siap membantu rekan kerja. Saya yakin bahwa saya dapat memberikan kontribusi bagi perusahaan Anda dengan motivasi dan antusiasme saya.

7. Berusaha Keras Dalam Memajukan Perusahaan

Jawaban ini dianggap sebagai salah satu jawaban terbaik untuk pertanyaan “Kontribusi apa yang bisa Anda berikan kepada perusahaan?”

Karena dengan jawaban ini, Anda dapat menunjukkan jika Anda merupakan kandidat memiliki komitmen untuk membantu perusahaan mencapai tujuannya.

Karyawan yang berkomitmen untuk memajukan perusahaan juga memiliki kecenderung untuk bekerja sama dan saling mendukung.

Untuk menjawabnya, Anda dapat menjawabnya seperti:

Saya adalah orang yang berkomitmen untuk memajukan perusahaan. Saya selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik dan selalu siap membantu rekan kerja. Saya yakin bahwa saya dapat memberikan kontribusi bagi perusahaan Anda dengan komitmen saya untuk memajukan perusahaan.

atau dengan:

Saya memiliki pengalaman dalam bekerja di perusahaan selama 5 tahun. Selama waktu itu, saya telah menunjukkan komitmen saya untuk memajukan perusahaan dengan selalu memberikan kinerja yang terbaik dan selalu siap membantu rekan kerja. Saya yakin bahwa saya dapat memberikan kontribusi bagi perusahaan Anda dengan komitmen saya untuk memajukan perusahaan.

8. Memaksimalkan Kerja Sama Dengan Anggota Tim Lainnya

Kerja sama tim adalah keterampilan yang penting untuk setiap karyawan, dan dapat membantu meningkatkan produktivitas dan efisiensi.

Dengan menjawab pertanyaan “Kontribusi Apa yang Bisa Anda Berikan untuk Perusahaan?” melalui jawaban ini, Perekrut akan menilai anda sebagai pribadi yang dapat bekerja sama dengan baik dan dapat untuk menyelesaikan tugas secara efektif dan tepat waktu.

Untuk itu, Anda dapat menjawabnya seperti:

Saya adalah orang yang mudah bersosialisasi dan bekerja sama dengan orang lain. Saya selalu berusaha untuk berkomunikasi secara efektif dengan rekan kerja dan selalu siap untuk membantu mereka. Saya yakin bahwa saya dapat memberikan kontribusi bagi perusahaan Anda dengan keterampilan kerja sama tim saya.

atau dengan:

Saya memiliki pengalaman dalam bekerja dalam tim selama 5 tahun. Selama waktu itu, saya telah menunjukkan kemampuan kerja sama tim saya dengan selalu berkomunikasi secara efektif dengan rekan kerja dan selalu siap untuk membantu mereka. Saya yakin bahwa saya dapat memberikan kontribusi bagi perusahaan Anda dengan keterampilan kerja sama tim saya.

Baca juga: Ditanya “Apakah Ada Pertanyaan?” saat Interview? Coba Jawab Begini!



9. Selalu Akan Berusaha Untuk Memberikan Pekerjaan yang Terbaik dan Belajar dari Kesalahan

Jawaban ini adalah jawaban yang menunjukkan jika Anda adalah kandidat yang memiliki kemampuan untuk belajar dari kesalahan dan selalu ingin berkembang untuk menjadi lebih baik.

Selain itu, jawaban ini juga dapat menciptakan lingkungan kerja yang positif. Dimana Karyawan yang berkomitmen untuk memberikan hasil yang terbaik dan selalu belajar dari kesalahan lebih cenderung untuk saling mendukung dan saling menghormati antar satu sama lain.

Berikan jawaban seperti:

Saya adalah orang yang selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik dalam segala hal yang saya lakukan. Saya juga selalu berusaha untuk belajar dari kesalahan saya dan tidak mengulanginya lagi. Saya yakin bahwa saya dapat memberikan kontribusi bagi perusahaan Anda dengan komitmen saya untuk memberikan hasil yang terbaik dan selalu belajar dari kesalahan.

atau seperti:

Saya memiliki pengalaman dalam bekerja di perusahaan selama 5 tahun. Selama waktu itu, saya telah menunjukkan komitmen saya untuk memberikan hasil yang terbaik dan selalu belajar dari kesalahan dengan selalu memberikan kinerja yang terbaik dan selalu siap untuk menerima umpan balik dari atasan dan rekan kerja. Saya yakin bahwa saya dapat memberikan kontribusi bagi perusahaan Anda dengan komitmen saya untuk memberikan hasil yang terbaik dan selalu belajar dari kesalahan.

10. Berusaha untuk Memaksimalkan Kemampuan untuk Perusahaan

Jawaban ini adalah jawaban yang menggambarkan jika Anda adalah kandidat yang memiliki komitmen untuk menggunakan keterampilan dan pengalaman mereka untuk membantu perusahaan dalam mencapai tujuannya.

Anda dapat memberikan contoh spesifik seperti:

Saya adalah orang yang selalu berusaha untuk menggunakan keterampilan dan pengalaman saya untuk membantu perusahaan. Saya memiliki keterampilan dalam bidang [bidang], dan saya yakin bahwa saya dapat menggunakan keterampilan ini untuk membantu perusahaan Anda mencapai tujuannya.

atau seperti:

Saya memiliki pengalaman dalam bekerja di perusahaan selama 5 tahun. Selama waktu itu, saya telah menunjukkan komitmen saya untuk menggunakan keterampilan dan pengalaman saya dengan selalu memberikan kinerja yang terbaik dan selalu siap untuk mengambil inisiatif baru. Saya yakin bahwa saya dapat menggunakan keterampilan dan pengalaman saya untuk membantu perusahaan Anda mencapai tujuannya.

Jawaban yang Perlu Dihindari dalam Menjawab Pertanyaan Tentang Kontribusi Anda

  • “Saya belum yakin apa yang bisa saya kontribusikan” Karena akan membuat Anda dianggap sebagai kandidat yang tidak percaya diri dan kurangnya persiapan sebelum wawancara.
  • “Saya hanya ingin bekerja di sini karena gaji yang ditawarkan”. Karena akan membuat anda dianggap sebagai kandidat yang hanya memiliki motivasi terbatas pada uang semata.
  • “Saya tidak tahu, apa yang menurut Anda perlu saya kontribusikan?” karena akan membuat Anda dianggap sebagai kandidat yang kurang inisiatif dan tidak memiliki pemikiran strategis.
  • “Kontribusi saya akan tergantung pada keuntungan dan pertumbuhan perusahaan” Jawaban ini terkesan kurang konkret dan tidak memberikan informasi yang berguna. Alangkah baiknya jika Anda memberikan contoh konkret tentang bagaimana Anda telah berkontribusi dalam pekerjaan sebelumnya.

Baca juga: 20 Cara Menjawab Alasan Resign Saat Interview Kerja Beserta Contohnya!

Tips Memperkuat Jawaban dari Pertanyaan Tentang Kontribusi Anda untuk Perusahaan

Menurut penelitian yang dilakukan oleh CareerBuilder pada tahun 2023, pertanyaan tentang kontribusi untuk perusahaan adalah pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh para perekrut.

Penelitian ini juga menemukan bahwa kandidat yang dapat memberikan jawaban yang kuat dan spesifik untuk pertanyaan ini memiliki peluang yang lebih besar untuk diterima kerja.

Berikut adalah beberapa tips untuk memperkuat jawaban dari pertanyaan tentang kontribusi untuk perusahaan:

  1. Lakukan riset tentang perusahaan.
  2. Gunakan metode STAR.
    • Situation: Jelaskan situasi atau tantangan yang Anda hadapi.
    • Task: Jelaskan tugas atau tanggung jawab yang Anda miliki.
    • Action: Jelaskan tindakan yang Anda ambil untuk mengatasi tantangan tersebut.
    • Result: Jelaskan hasil yang Anda capai.
  3. Fokus pada hasil konkret.
  4. Kaitkan dengan posisi yang dilamar.
  5. Tunjukkan kemampuan berpikir strategis.

Baca juga: Contoh Ucapan Terima kasih Setelah Interview Hingga Tipsnya

Kenapa Banyak Recruiter yang Menanyakan Tentang Rencana Kontribusi Kerja ke Pelamar? 

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Indeed pada tahun 2022 menemukan bahwa 93% rekruter menggunakan pertanyaan “Apa yang dapat Anda kontribusikan untuk perusahaan kami?” selama wawancara kerja. 

Penelitian tersebut pun menemukan bahwa pertanyaan ini adalah salah satu pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh rekruter.

Sejalan dengan penelitian yang dilakukan oleh Indeed, sebuah penelitian yang dilakukan oleh CareerBuilder pada tahun 2021, menemukan bahwa 80% rekruter mengatakan bahwa jawaban pelamar atas pertanyaan ini dapat mempengaruhi keputusan mereka untuk mempekerjakan pelamar tersebut. 

Penelitian ini juga menemukan bahwa pelamar yang dapat memberikan jawaban yang spesifik dan relevan dengan perusahaan memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan.

Referensi:

  • CareerBuilder. 2023 Job Outlook: Top Trends and Insights. Diakses pada 2023.
  • Indeed. 2022 Job Search Trends: What You Need to Know to Get Hired. Diakses pada 2023.
  • CareerBuilder. 2021 Job Outlook: Top Trends and Insights. Diakses pada 2023.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!