10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

contoh deskripsi diri untuk CV

Contoh Deskripsi Diri Dalam CV Agar Lolos Rekruitmen Kerja

Menggunakan contoh deskripsi diri untuk CV terbilang penting bagi pelamar. Terlebih dijadikan sebagai senjata agar menarik perhatian recruiter dari perusahaan. Tapi karena penting, tidak semua orang telah menguasainya.

Bagian deskripsi pelamar menjadi hal yang kesulitan diisi secara maksimal. Tentu adanya tuntutan dibuat dengan baik menjadikannya kesulitan dimasukkan. Apalagi dengan banyaknya poin penting menjelaskan keterampilan atau skill.

Selain itu pengalaman kerja akan dijadikan sebagai poin krusial dalam curriculum vitae. Kalau belum berpengalaman membuatnya, jangan takut untuk mencoba. Tentunya ada tips sekaligus contoh bisa ditiru dengan mudah. Tidak ketinggalan contoh deskripsi diri untuk CV masuk sebagai bagian penting. 

Apa itu Deskripsi Diri Dalam CV?

Deskripsi diri adalah bagian dalam CV yang Isinya yakni mengenai profil dan berupa satu atau dua kalimat singkat. Kehadirannya sebagai penggambar diri sendiri yang harus baik.

Anda dapat menemukannya berisi mengenai pengalaman dan keterampilan yang telah dimiliki. Pastikan agar selalu menambahkan beragam fitur terbaik. Tapi harus memastikan apabila selalu relevan dan posisi atau profesi lamaran.

Hal paling utama yang perlu diperhatikan yakni mengenai keyakinan para rekruiter. Mereka bukan hanya tertarik pada tahap pertama melainkan pada wawancara lanjutan. Tawaran pada perusahaan akan dijadikan nilai lebih.

Baca juga: Contoh CV Lamaran Kerja Untuk Lulusan SMK

Alasan Pentingnya Deskripsi Diri Dalam CV

Setelah tahun dam paham akan definisi dari deskripsi diri dalam cv, tentu Anda juga wajib tahu mengapa deskripsi diri di dalam CV menjadi bagian super penting yang tak boleh dilewatkan. Ini dia daftar alasan mengapa deskripsi diri dalam CV itu penting untuk diperhatikan.

1. Memudahkan Recruiter Karena CV Memiliki Rangkuman Pada Deskripsi Diri.

Alasan pentingnya deskripsi diri yang pertama adalah memungkinkan CV Anda mudah dibaca oleh recruiter karena secara tidak langsung CV Anda memiliki rangkuman. Menurut Ekrut, deskripsi diri adalah sarana paling tepat untuk menggambarkan diri lebih jauh secara profesional. Dimana dalam deskripsi diri dalam CV Anda dapat mencantumkan beberapa hal seperti pendidikan, pengalaman, bakat keterampilan, minat, hingga tujuan karir kedepannya. 

Saat merancang deskripsi diri, kamu juga melatih kemampuan berbahasa kamu sebab harus menulis informasi yang luas dalam kalimat yang sangat ringkas.

2. Meningkatkan Point Pada Sistem CV ATS

Dilansir oleh Zety, CV ATS akan menilai lebih banyak dan efektif pada bagian deskripsi diri. Deskripsi diri yang mengandung kata kunci yang sesuai dengan lowongan pekerjaan yang dilamar akan memiliki point yang cukup besar pada sistem ATS dan memungkinkan CV Anda berada di urutan calon kandidat teratas.

Untuk itu, dalam melamar pekerjaan yang menggunakan format CV ATS, tak ada salahnya untuk Anda memaksimalkan point Deskripsi diri dalam CV yang Anda buat. Sesuaikan deskripsi diri tersebut dengan pengalaman dan skill yang dibutuhkan dalam pekerjaan yang Anda lamar.

3. Deskripsi Diri Menjadi Hal Pertama Yang dilihat Perekrut

Seperti yang diketahui bersama, deskripsi diri merupakan hal pertama yang dibaca oleh seorang recruiter saat hendak menyeleksi banyak CV. Di pembahasan sebelumnya bahkan pintarnya telah menyebutkan jika seorang recruiter akan sangat senang jika terdapat deskripsi diri dalam CV tersebut karena akan menjadi rangkuman garis besar dari CV yang dibaca. 

Jika anda berhasil membuat recruiter tertarik saat membaca deskripsi diri dalam CV Anda, bukan tidak mungkin recruiter akan membaca keseluruhan CV yang Anda miliki.

4. Menjadi Tolak Ukur Sejauh Mana Pengalaman Yang Kamu Miliki

Deskripsi diri juga akan membantu recruiter dalam menilai sejauh mana pengalaman yang Anda miliki dalam bidang tersebut. Untuk itu, Dalam deskripsi diri yang Anda cantumkan, wajib hukumnya untuk mencantumkan jumlah tahun yang Pernah Anda lalui sebagai seorang profesional dibidang yang terkait dengan pekerjaan yang Anda lamar.

Baca juga: Contoh CV Untuk Mahasiswa

Tips Menuliskan Deskripsi Diri Pada CV Agar Lolos Rekruitmen

Meloloskan diri dari proses rekuitmen bisa disebabkan oleh melengkapi dokumen dengan baik. Tapi isinya seperti deskripsi pribadi pelamar harus lengkap. Tentu perlu melengkapi dengan baik karena mengikuti suatu tips terbaik.

1. Fokus Dalam Prestasi dan Keterampilan

Apabila ingin membuat deskripsi pribadi berkualitas, fokus dalam prestasi dan keterampilan menjadi kunci. Pastinya hal yang ditambahkan disini harus ada dampak tersendiri. Walaupun terbilang singkat tapi pengaruhnya harus besar.

Dalam contoh deskripsi diri untuk CV umumnya dibuat dalam bentuk ringkasan. Jangan menuliskan semua keterampilan dan prestasi melainkan yang paling membuat bangga. Jika singkat tapi padat menjadi informasi berkualitas.

2. Selektif Menambahkan Informasi

Pastikan supaya Anda selalu selektif menambahkan informasi melainkan hanya perlu relevan. Tentunya berkaitan langsung dengan pekerjaan dan lowongan. Ketahui dulu mana saja keterampilan yang menguntungkan lolosnya wawancara.

Pada contoh deskripsi diri untuk CV, perhatikan juga mengenai setiap kata-katanya. Terutama supaya jangan terlalu kaku karena dinilai kurang baik. Tetap menggunakan kata-kata bersahabat tapi jangan terlalu santai.

3. Pakai Angka dan Simbol

Penting bagi setiap pelamar supaya bisa memakai angka dan simbol dengan baik. Sebenarnya telah dijadikan sebagai tips penting untuk dimiliki. Fungsinya tentu membantu agar rekruiter semakin terbantu memahami setiap isinya.

Selain itu deskripsi yang dibuat nantinya terkesan lebih detail dan menarik. Pencapaian yang dijelaskan memakai angka bisa dalam bentuk presentase. Tentu apabila dibaca dan dilihat oleh rekruiter, berpeluang di lirik.

4. Menekankan Pencapaian

Jika kita melihat contoh deskripsi diri untuk CV berkualitas, selalu menekankan pencapaian. Anda harus dapat menyebutkan setiap pencapaian dari pekerjaan sebelumnya. Kalau memang relevan pada lowongan, pasti diterima.

Kebanyakan pelamar dengan ketentuan semacam ini sering dijadikan sebagai kandidat utama. Tapi pastikan juga apabila menambahkan pemakaian angka serta data. Hasilnya lebih menarik terbaca sekaligus masuk daftar untuk diterima.

Contoh Deskripsi Diri untuk CV Terbaik Sebagai Acuan

Apabila ingin membuat contoh deskripsi diri untuk CV, tentunya dibutuhkan suatu acuan. Terutama supaya deskripsi yang ingin dibuat semakin tertata. Terlebih jika contoh sudah pernah meloloskan dan menerimakan kerja pelamar.

1. Contoh Deskripsi Diri Dalam CV Video Editor

“Saya video editor berpengalaman dengan rekam jejak 4 tahun secara profesional. Setelah 12 bulan bekerja, membantu meningkatkan traffic sampai 40%. Saya juga punya kreativitas, leadership dan kemampuan mencari solusi.”

Contoh Deskripsi Diri Dalam CV Video Editor

2. Contoh Deskripsi Diri Dalam Customer Servis

“Saya merupakan spesialis dalam posisi sebagai Customer Service. Kemampuan problem solving berkualitas membuat customer loyalty meningkat 30%. Saya ingin menjadi CS supervisor untuk mengembangkan ke bidang manajemen.”

Contoh Deskripsi Diri Dalam Customer Servis

3. Contoh Deskripsi Diri Dalam Manajer Produksi

“Pengalaman saya untuk posisi Manajer produksi selama 5 tahun dan ahli menyelesaikan setiap proyek. Bahkan membantu perusahaan meningkatkan pendapatan hingga 40%. Sekarang menjadi Manager senior terbaik.”

Contoh Deskripsi Diri Dalam Manajer Produksi

5. Contoh Deskripsi Diri Dalam CV fresh graduate

“Saya merupakan lulusan S1 UI jurusan pemasaran digital mempunyai pengalaman di partnership, public speaking, dan sedikit kemampuan sosial media. Saya juga pernah Mengikuti beberapa organisasi dan kepanitiaan di kampus. Untuk itu saya sangat tertarik di bidang Business Development dan Sales, mengikuti perkembangan industri dan role sales, dan mengikuti courses tentang sales.”

Contoh Deskripsi Diri Dalam CV fresh graduate

5. Contoh Deskripsi Diri Dalam CV untuk Sales

“Saya merupakan seorang sales profesional yang memiliki pengalaman kerja selama 2 tahun di bidang tersebut.Dimana sesuai dengan bidang profesional tersebut saya memiliki spesialisasi dalam bidang manajemen penjualan dan marketing. Selain itu saya juga unggul dalam hal negosiasi, pencapaian target yang optimal serta kemampuan leadership. Saya juga antusias untuk selalu up to date terhadap software-software penjualan terbaru.”

Contoh Deskripsi Diri Dalam CV untuk Sales

6. Contoh Deskripsi diri Dalam CV bahasa Inggris

“My name is Anna Belle. I am twenty-one years old. I have a background in Accounting Diploma III at one of the Universities in Jakarta, graduating this April. In 2015, I participated in training for accountants in Depok. I have read from your advertisement on Glints’ website that your company is looking for accountants. With my educational background, I am confident that my qualification and skills could make significant contributions to the company. I am a person who can work well as part of a team and on my own. I am also hardworking, and eager to learn.”

Contoh Deskripsi diri Dalam CV bahasa Inggris

7. Contoh deskripsi diri dalam CV pindah jalur karier

“Saya merupakan seorang Profesional marketing yang memiliki pengalaman selama 4 tahun. Keinginan saya untuk membawa pengalaman kerja marketing yang pernah saya jalani ke ranah sales. Saya ingin memperluas karir saya sebagai sales karena saya memiliki keterampilan dalam layanan pelanggan yang baik serta dapat bekerja dengan klien untuk memenuhi kebutuhan perusahaan. Selain itu saya juga memiliki skil komunikasi yang mumpuni dan mampu bekerja di bawah tekanan. Prestasi yang telah saya raih membuat rekam jejak saya unggul dalam bidang penjualan.”

Contoh deskripsi diri dalam CV pindah jalur karier

8. Contoh deskripsi diri HRD

“Saya merupakan seorang HR Generalist yang memiliki  pengalaman lebih dari 5 tahun dalam membentuk, membangun dan mengelola karyawan, benefit, perekrutan, orientasi karyawan, proses manajemen kinerja, pelacakan lisensi, dan pendataan SDM. Saya juga memiliki keterampilan dalam hal komunikasi, membangun hubungan dengan karyawan di semua tingkat, HRIS, applicant tracking, dan benefit management.”

Contoh deskripsi diri HRD

9. Contoh Deskripsi Diri Internship

Saya adalah mahasiswa semester 7 jurusan Teknik Industri Universitas Gadjah Mada. Memiliki pengalaman magang di salah satu perusahaan manufaktur ternama Indonesia dimana saya menaikan performa teknik manufaktur LEAN. Mahir menggunakan AutoCAD, VBA, dan SolidWorks.

Contoh Deskripsi Diri Internship

10. Contoh Deksripsi Diri pada CV Guru

Saya merupakan seorang guru yang telah mengajar lebih dari 12tahun. Saya selalu mengedepankan perasaan dan rasa empati untuk mengajar. Saya memiliki kelebihan mengajar dimana saya senang mendengar keluh-kesah dari murid untuk menciptakan suasana belajar yang efektif dan sesuai dengan setiap kebutuhan dan kemampuan anak-anak.

Temukan pekerjaan yang sesuai dengan bakat dan kemampuan Anda dengan mudah lewat Pintarnya, Ada begitu banyak lowongan kerja yang tersedia untuk Anda yang telah melalui proses vefirikasi sehingga dipastikan Aman dan bukan penipuan. Tunggu apalagi? Mulai karirmu segera dengan download Aplikasi pintarnya Atau Kunjungi Website Pintarnya.

Bagikan Artikel: