10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Cara membuat CV kreatif

5 Cara Membuat CV Kreatif Lengkap Dijamin Dilirik Rekruter

Cara membuat CV kreatif agar dilirik rekruter sebenarnya mudah apalagi banyak aplikasi penunjang. Dalam membuat sebuah riwayat hidup apalagi untuk melamar pekerjaan pastikan buat semenarik mungkin. 

Ketika melamar pekerjaan, sebenarnya seorang rekruter tidak membaca secara rinci surat lamaran atau bahkan tidak membaca sama sekali apabila kualitas CV dianggap kurang menarik.

Oleh karena itu, sebelum membuat CV, Anda perlu tahu dulu cara tepat dalam pembuatannya agar peluang dilirik rekruter semakin besar.

5 Cara Membuat CV Kreatif

Ada beberapa cara membuat CV kreatif yang tepat untuk dipelajari. Berikut telah kami ringkas hanya untuk Anda.

1. Pahami Isi CV

Pertama dengan memahami isi CV terlebih dahulu. Sebelum membuat CV yang menarik, sebagai fresh graduate ada baiknya pahami dahulu hal apa saja wajib tercantum dalam CV.

Umumnya terdapat beberapa konten yang tertulis dalam CV antara lain, identitas diri, pendidikan, personalitas, keterampilan, projek dan pengalaman kerja, pelatihan terbaru, hingga informasi tambahan lainnya.

Identitas diri mencakup nama lengkap, alamat tinggal, nomor telepon, serta alamat email. Sedangkan pendidikan berisi riwayat Pendidikan terakhir, jurusan, serta IPK. Personalitas berisi gambaran singkat mengenai diri Anda. 

Projek dan pengalaman kerja dapat diisi dengan sesuatu telah Anda selesaikan dalam pekerjaan sebelumnya atau penghargaan-penghargaan yang didapatkan. Pelatihan terbaru dapat Anda tulis dengan rentang 2 hingga 3 tahun terakhir. 

Terakhir mengenai informasi tambahan bisa Anda isi mengenai referensi dari diri Anda sekiranya berhubungan dengan pekerjaan yang akan dilamar.

2. Buat Desain Sederhana Namun Menarik

Setelah memahami isi yang akan dibuat maka cara membuat CV kreatif pertama adalah dengan membuat desain secara sederhana namun tetap menarik. Desain yang simpel namun memuat informasi-informasi penting tentu akan menjadi salah satu daya tarik di mata rekruter.

Terdapat beberapa hal perlu diperhatikan dalam pembuatan CV yaitu salah satunya penggunaan italic, bold, capslock, serta pemilihan jenis huruf. Hindari penggunaan font basic seperti Times New Roman.

Memang desain resume yang bagus adalah eye catching namun tetap terlihat simple. Tetapi juga perlu diketahui bahwa pemilihan desain ini juga harus menyesuaikan dengan industri tempat Anda melamar.

Jika ingin melamar pada industri kreatif seperti agensi periklanan, film, ataupun desain, maka buat CV semenarik dan sekreatif mungkin. Namun jika ingin melamar pada perusahaan di bidang umum maka buat dengan desain menarik dengan komposisi warna serta tulisan yang pas.

Baca juga: Contoh CV Beasiswa, Penjelasan Isi, dan Tips Pembuatannya

3. Masukkan Identitas Seperlunya

Cara membuat CV kreatif selanjutnya adalah dengan memasukkan identitas seperlunya. Identitas yang perlu dicantumkan sebaiknya hanya berupa nama lengkap, serta kontak yang dapat dihubungi berupa email dan nomor handphone. Namun masih banyak orang salah pengertian dari pengisian identitas diri ini dengan mengisi tempat tanggal lahir, golongan darah, agama, hingga hobi.

Tidak kalah penting selain mengisi identitas diri adalah mencatumkan pendidikan. Pada bagian ini juga masih banyak orang salah persepsi. Jika pendidikan terakhir Anda adalah sarjana maka Anda tidak perlu menuliskan riwayat pendidikan sejak sekolah dasar. 

Anda hanya perlu mencantumkan pendidikan terakhir berupa nama universitas, jurusan, tahun awal kuliah hingga tahun lulus, serta IPK.

4. Cantumkan Pengalaman Kerja Secara Jelas

Cara membuat CV kreatif selanjutnya dengan mencantumkan informasi pengalaman kerja secara jelas. Agar lebih menarik maka pengalaman kerja harus dibuat secara runtut dan jelas.

Agar rekruter mengetahui kompetensi Anda maka cantumkan pula tugas serta peran selama menjalani pekerjaan tersebut. Ini menjadi penting apalagi jika pekerjaan terakhir Anda masih berhubungan dengan yang akan dilamar.

Adapun urutan yang runtut adalah pengalaman kerja paling awal diisi di akhir sedangkan pengalaman kerja terbaru diisi pada urutan pertama.

5. Cantumkan Skill

Cara membuat CV kreatif terakhir dengan menambahkan skill setelah pengalaman pekerjaan. Tidak perlu mencantumkan seluruh skill yang dimiliki. Masukkan saja skill sekiranya berhubungan dengan pekerjaan yang akan didaftar.

Hindari kemampuan yang bersifat umum, misalnya pekerja keras, bertanggung jawab, atau jujur. Tapi masukkan poin-poin yang dapat dinilai orang lain. Misalnya kemampuan fotografi, desain web, UI/UX writer, dan lainnya.

Anda juga dapat mencantumkan pelatihan atau kursus terbaru untuk memvalidasi kemampuan yang ditulis.

Ternyata cara membuat CV kreatif sangat mudah hanya dengan berpatokan simple, menarik, namun tetap mencakup informasi lengkap.

Bagikan Artikel: