10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

contoh CV beasiswa

Contoh CV Beasiswa, Penjelasan Isi, dan Tips Pembuatannya

Penggunaan CV ternyata tidak hanya untuk melamar pekerjaan saja. Ada contoh CV beasiswa, pendaftaran posisi di suatu bidang akademik, atau keperluan lainnya.

Khususnya dalam dunia perkuliahan terkadang mendapatkan beasiswa menjadi kebutuhan penting sebagai salah satu penunjang pembiayaan studi. Apalagi pelaksanaan program studi sarjana ditempuh dalam waktu tidak sebentar, tentu membutuhkan biaya yang banyak pula.

Dalam pendaftaran beasiswa tentu saja ada beberapa berkas yang harus dikumpul sebagai persyaratan, salah satunya pengumpulan CV.

Pengertian CV Beasiswa dan Isi Secara Umum

Berdasarkan penjelasan di atas, secara umum CV beasiswa adalah sebuah dokumen berisi riwayat hidup yang dibuat khusus untuk pendaftaran beasiswa. Contoh CV beasiswa berisi riwayat hidup yang mencakup riwayat pendidikan, pengalaman kerja, organisasi, atau magang, prestasi akademik, penghargaan dan prestasi, serta keterampilan yang relevan dengan target beasiswanya.

CV ini harus dibuat semenarik mungkin sebagaimana halnya CV lamaran kerja. Isinya harus bisa menonjol dari pendaftar lainnya walaupun disarankan tidak berlebihan. Selain itu diharapkan ditampilkan secara singkat namun spesifik. 

Informasinya juga harus relevan dan sesuai serta memberikan gambaran unik dari diri Anda agar pemberi beasiswa tertarik dengan kapasitas yang dimiliki calon penerima.

Baca juga: 8 Cara Membuat CV di HP dengan Lengkap

Contoh CV Beasiswa dan Informasi di Dalamnya

Agar tidak terlalu berlebihan namun spesifik maka akan kami jelaskan contoh CV beasiswa yang mencakup beberapa informasi penting, yaitu sebagai berikut:

1. Data Pribadi

Pertama tentu saja data pribadi karena ini merupakan informasi utama dalam pembuatan CV untuk tujuan apapun. Data pribadi ini mencakup nama, alamat tinggal, hingga kontak yang dapat dihubungi.

Secara umum berisi mengenai identitas pendaftar. Apabila digunakan untuk pendaftaran beasiswa luar negeri biasanya diminta juga salinan nomor paspor atau akta kelahiran yang telah ditranslasikan dalam bahasa inggris.

2. Riwayat Pendidikan

Karena beasiswa ini bertujuan untuk pemenuhan kebutuhan dalam bidang akademik maka tidak lupa mengisi riwayat pendidikan berupa rincian jenjang studi yang telah ditempuh pelamar.

Pada bagian ini, pelamar dapat menunjukkan kemajuan studi atau prestasi melalui nilai akhir di setiap jenjang pendidikan. Apalagi untuk Anda yang baru melamar di tingkat kedua atau ketiga perkuliahan biasanya diperlukan rincian nilai dari awal semester hingga semester terakhir.

3. Pengalaman Organisasi

Dalam contoh CV beasiswa selanjutnya dibutuhkan pengalaman organisasi. Pengalaman ini bisa menjadi salah satu nilai lebih bagi pelamar. Dengan aktif berorganisasi maka tim penyeleksi dapat menilai bahwa Anda aktif berkontribusi terhadap masyarakat maupun lingkungan sekitar.

4. Ikut Serta Seminar dan Pelatihan

Selain aktif dalam organisasi, Anda juga bisa mengisi keaktifan mengikuti seminar maupun pelatihan-pelatihan. Kemahiran Anda juga dapat dilihat dari bagaimana pelamar belajar di luar kelas, baik melalui seminar skala nasional, maupun pelatihan-pelatihan sesuai bidang studi.

5. Kemampuan atau Skill

Terakhir dalam pembuatan contoh CV beasiswa adalah dengan memasukkan kemampuan atau skill yang Anda miliki. Kemampuan individu yang Anda miliki ini bisa menjadi penunjang selain kecakapan dalam bersosial.

Anda bisa mengisi misalnya berupa kemampuan berbahasa, penguasaan komputer, atau skill lainnya.

Dari kemampuan yang Anda tulis, tim penyeleksi dapat mengetahui individu ketika berada dalam tekanan studi. Selain itu kemampuan-kemampuan di luar studi juga bisa membantu menyeimbangkan emosi seseorang.

Tips Pembuatan Contoh CV Beasiswa

Setelah mengetahui beberapa aspek penting dalam pengisian CV maka selanjutnya Anda perlu tahu tips-tips dalam pembuatannya.

1. Hindari Isi Berlebihan

Dalam pembuatan contoh CV beasiswa, tips pertama adalah hindari isi yang berlebihan. Memang semakin lengkap akan lebih baik namun Anda dapat membuat secara efektif. Misalnya, hanya menuliskan prestasi-prestasi terbaik dalam skala nasional atau bahkan internasional. Atau bisa juga dengan hanya menuliskan riwayat penelitian yang memiliki impact besar.

2. Gunakan Bahasa Inggris

Tips selanjutnya adalah menggunakan bahasa inggris apalagi jika beasiswa ditujukan untuk ke luar negeri. Tetapi apabila hanya mendaftar untuk jangkauan dalam negeri ini juga bisa menjadi salah satu nilai lebih bagi Anda.

Untuk penulisan CV beasiswa luar negeri perlu diperhatikan efisiensi dan gaya bahasa yang formal dapat digunakan sebagai acuan utama. Namun biasanya dari pihak penyelenggara telah menyediakan formulir isian yang harus diisi beserta riwayat hidup pendaftar.

Karena CV ini merupakan riwayat hidup seseorang maka perlu dibuat sejujur mungkin. Contoh CV beasiswa di atas dapat menjadi salah satu acuan untuk Anda buat.

Bagikan Artikel: