contoh CV beasiswa

Contoh CV Beasiswa, Format Penulisan Dan Cara Pembuatannya

Penggunaan CV ternyata tidak hanya untuk melamar pekerjaan saja. Ada contoh CV beasiswa, pendaftaran posisi di suatu bidang akademik, atau keperluan lainnya.

Khususnya dalam dunia perkuliahan terkadang mendapatkan beasiswa menjadi kebutuhan penting sebagai salah satu penunjang pembiayaan studi. Apalagi pelaksanaan program studi sarjana ditempuh dalam waktu tidak sebentar, tentu membutuhkan biaya yang banyak pula.

Dalam pendaftaran beasiswa tentu saja ada beberapa berkas yang harus dikumpul sebagai persyaratan, salah satunya pengumpulan CV.

Sekilas Tentang CV Beasiswa

Dilansir dari ujione, menurut Murniasih (2009), beasiswa adalah bentuk penghargaan yang diberikan kepada individu agar dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Penghargaan dapat berbentuk akses tertentu pada suatu instansi atau penghargaan berupa bantuan keuangan.

Secara umum, CV beasiswa merupakan sebuah dokumen berisi riwayat hidup yang dibuat khusus untuk pendaftaran beasiswa. Contoh CV beasiswa berisi riwayat hidup yang mencakup riwayat pendidikan, pengalaman kerja, organisasi, atau magang, prestasi akademik, penghargaan dan prestasi, serta keterampilan yang relevan dengan target beasiswanya.

CV ini harus dibuat semenarik mungkin sebagaimana halnya CV lamaran kerja. Isinya harus bisa menonjol dari pendaftar lainnya walaupun disarankan tidak berlebihan. Selain itu diharapkan ditampilkan secara singkat namun spesifik. 

Informasinya juga harus relevan dan sesuai serta memberikan gambaran unik dari diri Anda agar pemberi beasiswa tertarik dengan kapasitas yang dimiliki calon penerima.

Baca juga: 8 Cara Membuat CV di HP dengan Lengkap

Format CV Beasiswa dan Informasi di Dalamnya

Agar tidak terlalu berlebihan namun spesifik maka akan kami jelaskan contoh CV beasiswa yang mencakup beberapa informasi penting, yaitu sebagai berikut:

1. Data Pribadi

Pertama tentu saja data pribadi karena ini merupakan informasi utama dalam pembuatan CV untuk tujuan apapun. Data pribadi ini mencakup nama, alamat tinggal, hingga kontak yang dapat dihubungi.

Secara umum berisi mengenai identitas pendaftar. Apabila digunakan untuk pendaftaran beasiswa luar negeri biasanya diminta juga salinan nomor paspor atau akta kelahiran yang telah ditranslasikan dalam bahasa inggris.

2. Riwayat Pendidikan

Karena beasiswa ini bertujuan untuk pemenuhan kebutuhan dalam bidang akademik maka tidak lupa mengisi riwayat pendidikan berupa rincian jenjang studi yang telah ditempuh pelamar.

Pada bagian ini, pelamar dapat menunjukkan kemajuan studi atau prestasi melalui nilai akhir di setiap jenjang pendidikan. Apalagi untuk Anda yang baru melamar di tingkat kedua atau ketiga perkuliahan biasanya diperlukan rincian nilai dari awal semester hingga semester terakhir.



3. Pengalaman Organisasi

Dalam contoh CV beasiswa selanjutnya dibutuhkan pengalaman organisasi. Pengalaman ini bisa menjadi salah satu nilai lebih bagi pelamar. Dengan aktif berorganisasi maka tim penyeleksi dapat menilai bahwa Anda aktif berkontribusi terhadap masyarakat maupun lingkungan sekitar.

4. Ikut Serta Seminar dan Pelatihan

Selain aktif dalam organisasi, Anda juga bisa mengisi keaktifan mengikuti seminar maupun pelatihan-pelatihan. Kemahiran Anda juga dapat dilihat dari bagaimana pelamar belajar di luar kelas, baik melalui seminar skala nasional, maupun pelatihan-pelatihan sesuai bidang studi.

5. Kemampuan atau Skill

Terakhir dalam pembuatan contoh CV beasiswa adalah dengan memasukkan kemampuan atau skill yang Anda miliki. Kemampuan individu yang Anda miliki ini bisa menjadi penunjang selain kecakapan dalam bersosial.

Anda bisa mengisi misalnya berupa kemampuan berbahasa, penguasaan komputer, atau skill lainnya.

Dari kemampuan yang Anda tulis, tim penyeleksi dapat mengetahui individu ketika berada dalam tekanan studi. Selain itu kemampuan-kemampuan di luar studi juga bisa membantu menyeimbangkan emosi seseorang.

Baca juga: 5 Cara Mendapatkan Pekerjaan Part Time bagi Mahasiswa

Cara Membuat CV Beasiswa Dengan Baik

1. Desain CV Berpengaruh Terhadap penilaian

Anda wajib menentukan desain CV yang menarik untuk beasiswa, Anda begitu banyak contoh yang bisa dilihat dan di jadikan sebagai referensi di internet.



2. Jangan lupa Untuk Mencantumkan Data Pribadi

Salah satu hal terpenting dalam membuat CV beasiswa adalah dengan mencantumkan berbagai data pribadi yang dibutuhkan secara lengkap. Data pribadi yang dibutuhkan dalam CV beasiswa antara lain, nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat rumah, nomor kontak, hingga email.

3. Riwayat Pendidikan Menjadi Hal lain yang tidak boleh terlewatkan

Tuliskan beberapa riwayat pendidikan yang pernah Anda jalani dengan lengkap. Anda wajib menuliskannya secara detail dengan menyertakan tahun lulus dan nilai akhir dalam CV yang Anda buat, namun sebaiknya cantumkan pendidikan SMA dan universitas saja agar CV Anda tidak terlihat begitu penuh.

4. Pengalaman Hal Yang Paling Berharga dalam CV

Dalam membuat CV, Mencantumkan pengalaman menjadi hal yang tidak boleh terlewatkan. berbagai pengalaman dapat Anda cantumkan seperti pengalaman magang, organisasi yang relevan, hingga proyek yang sudah kamu ikuti selama berkuliah atau bersekolah. Hal ini akan membuat CV beasiswa yang Anda buat memiliki nilai lebih.

5. Lengkapi Isi CV dengan Pelatihan atau Seminar yang Pernah Anda Ikuti

Anda dapat memasukkan segala jenis pelatihan atau seminar apapun yang pernah diikuti. Hal ini sangat berguna untuk memperkaya isi CV beasiswa yang Anda buat, namun ingat sebaiknya tulis pelatihan atau seminar yang harus relevan dengan bidang yang tengah Anda jalani.

6. Kemampuan Bahasa Juga Tak Kalah Penting dalam CV Beasiswa

Apabila Anda memiliki kemampuan bahasa selain bahasa Indonesia, Jangan lupa untuk masukkan kemampuan yang kamu miliki tersebut untuk memperkaya isi CV dan membuat nilai CV Anda semakin menarik dimata recruiter. Mulai dari bahasa atau ilmu komputer, dan lainnya.

Baca juga: Contoh Surat Keterangan Magang dari Perusahaan dan Universitas

Tips Pembuatan Contoh CV Beasiswa

Setelah mengetahui beberapa aspek penting dalam pengisian CV maka selanjutnya Anda perlu tahu tips-tips dalam pembuatannya.

1. Hindari Isi Berlebihan

Dalam pembuatan contoh CV beasiswa, tips pertama adalah hindari isi yang berlebihan. Memang semakin lengkap akan lebih baik namun Anda dapat membuat secara efektif. Misalnya, hanya menuliskan prestasi-prestasi terbaik dalam skala nasional atau bahkan internasional. Atau bisa juga dengan hanya menuliskan riwayat penelitian yang memiliki impact besar.

2. Gunakan Bahasa Inggris

Tips selanjutnya adalah menggunakan bahasa inggris apalagi jika beasiswa ditujukan untuk ke luar negeri. Tetapi apabila hanya mendaftar untuk jangkauan dalam negeri ini juga bisa menjadi salah satu nilai lebih bagi Anda.

Untuk penulisan CV beasiswa luar negeri perlu diperhatikan efisiensi dan gaya bahasa yang formal dapat digunakan sebagai acuan utama. Namun biasanya dari pihak penyelenggara telah menyediakan formulir isian yang harus diisi beserta riwayat hidup pendaftar.

Karena CV ini merupakan riwayat hidup seseorang maka perlu dibuat sejujur mungkin. Contoh CV beasiswa di atas dapat menjadi salah satu acuan untuk Anda buat. 

3. Riwayat Pendidikan Terbaru

Dalam membuat CV untuk beasiswa, Riwayat pendidikan menjadi salah satu kunci paling utama dalam menentukan lolos atau tidaknya seleksi beasiswa yang Anda jalani. Tidak perlu mencantumkan semua jenjang pendidikan yang pernah Anda tempuh. Anda cukup mencantumkan riwayat pendidikan terkini dan terakhir untuk dapat Anda tampilkan di CV yang Anda buat. Jangan lupa juga untuk menuliskan tahun masuk, tahun lulus, dan nilai akhir yang Anda raih.

4. Buat CV Anda Tetap Padat Dan Singkat Ingat dengan KISS (Keep It Short and Simple)

Dalam membuat CV terdapat istilah yang wajib dipegang oleh siapapun pembuat CV. Istilah tersebut adalah Keep It Short and Simple. Bukan sembarang istilah, dengan mengacu pada kalimat tersebut, Anda dapat membuat CV tetap terjaga dari segi isi maupun desain. Pasalnya CV yang baik dimata recruiter adalah CV yang dapat menjelaskan segala skill dan kelebihan yang Anda miliki hanya dengan beberapa kalimat dan mudah dimengerti oleh siapapun yang membacanya.

5. Jangan Pernah Berbohong Pada Isi Dalam CV 

Banyak orang yang ingin membuat isi CV menjadi menarik dengan mengarang beberapa kemampuan yang dimiliki. Mengarang pada dasarnya bukan hal yang dilarang saat Anda membuat CV. namun mengarang yang dimaksud adalah membuat kalimat akan skill yang Anda miliki menjadi lebih berkualitas di mata recruiter dengan tetap bertanggung jawab pada skill dan kemampuan yang Anda cantumkan.

6. Gunakan Font yang Mudah Dibaca

Font yang mudah dibaca akan membantu recruiter dalam membaca dan memahami isi dari CV yang Anda miliki. Gunakan font CV yang standar yang umum digunakan agar recruiter tidak mengalami kesulitan dalam membaca dan memahami isi CV tersebut. Hindari penggunaan berlebihan pada element seperti italic, Bold dan Underline yang dapat membuat pembaca menjadi tidak nyaman. 

7. Foto Yang Dicantumkan Juga menentukan Keberhasilan CV Lho!

Foto menjadi salah satu elemen yang paling menentukan dalam keberhasilan CV beasiswa yang Anda kirimkan.  Untuk itu, dalam pemilihan foto yang akan Anda cantumkan di CV Anda harus mempersiapkan dengan baik. Jangan terlihat kaku dengan menampilkan muka close up dan juga jangan terlihat terlalu casual karena akan membuat Anda tidak terlihat profesional.

8. Periksa Kembali CV yang Anda buat untuk Memastikan Tidak Ada Kesalahan!

Langkah terakhir ini juga tidak kalah penting untuk Anda perhatikan. Setelah semua langkah sudah Anda lakukan, Anda perlu untuk memeriksa kembali secara detail CV yang telah Anda buat. Tujuannya adalah untuk memastikan tidak ada kesalahan penulisan dan isi yang tertinggal pada CV Tersebut.

Baca juga: 20 Contoh Deskripsi Diri Mahasiswa​ Untuk Persiapan Magang & Kerja

Contoh CV Beasiswa yang Baik dan Benar

Contoh CV Beasiswa Bahasa Indonesia

Contoh CV Beasiswa Bahasa Indonesia

Contoh CV Beasiswa Bahasa Inggris

Contoh CV Beasiswa Bahasa Inggris

Itu tadi beberapa contoh CV Beasiswa yang bisa Anda jadikan sebagai referensi saat membutuhkan. Cari Lowongan kerja terpercaya dan jauh dari loker hoax hanya di Pintarnya. Pintarnya dapat menjadi aplikasi pencarian kerja paling diandalkan untuk Anda yang tengah mencari kerja.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.