10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

Contoh CV Lulusan SMA

Contoh CV Lulusan SMA Tanpa Pengalaman Tapi Menarik HRD

Contoh CV Lulusan SMA akhir-akhir ini semakin banyak dicari. Pasalnya, sudah banyak perusahaan yang merekrut pegawainya tidak hanya bersumber dari sarjana. Hal tersebut tentu saja membuka peluang bagi orang-orang yang hanya bisa menyelesaikan masa SMA-nya saja.

Bagi para lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) mungkin akan sedikit bingung dalam membuat Curriculum Vitaenya. Bukan berarti tidak pernah membuatnya pada saat di sekolah. Hanya saja, alumni tersebut akan bingung bagaimana membuatnya Curriculum Vitaenya terlihat menarik.

Maka dari itu, semakin banyak yang mencari contoh CV Lulusan SMA untuk dijadikan referensi. Seperti diketahui, pengalaman kerja sangat berarti dalam membuat Curriculum Vitae. Lalu, bagaimana dengan orang-orang yang baru lulus dari Sekolah Menengah Atas?

Baca juga: Cara menulis riwayat pendidikan di CV

Bagaimana Contoh CV Lulusan SMA?

Kami sangat yakin pelamar dapat menemukan banyak sekali sumber untuk belajar dalam pembuatan CV. Namun, kami juga yakin hanya melihat teori-teori tanpa praktek tidak akan menghasilkan apapun. Setidaknya, menjadikan sebuah contoh sebagai referensi.

  1. Contoh CV Lulusan SMA yang Menarik
(Nama Lengkap)

Saya adalah lulusan SMA yang memiliki keterampilan di bidang akuntansi. Sudah berpengalaman dalam melakukan pembukuan laporan keuangan Sekolah dan selalu dipercaya untuk mengatur dana pentas seni Sekolah setiap tahunnya.

(Alamat Lengkap)

(Alamat E-mail)

(No. Handphone)

Pengalaman Organisasi

– Ketua Osis (periode tahun)

– Bendahara Pentas Seni Sekolah (periode tahun)

Pendidikan 

– (Nama Sekolah)

– Akuntansi (tahun masuk – lulus)

Skill Akademik

– Pembukuan Laporan Keuangan

– Analisis Data

– Microsoft Office Work

Skill Non-Akademik

– Kepemimpinan

– Kerja Sama Tim

– Teliti

– Bijak Dalam Pengambilan Keputusan
  1. Contoh CV Lulusan SMA Tanpa Pengalaman Bekerja
(Nama Lengkap)

Saya adalah lulusan (Nama Sekolah), lulus dengan mendapatkan gelar siswa terbaik seangkatan dan peduli terhadap lingkungan. Saya adalah pribadi yang bertanggung jawab dan suka belajar hal-hal baru.

(No. Handphone)

(Alamat Email)

(Alamat Lengkap) 


Riwayat Pendidikan

– (Nama SD beserta tahunnya)

– (Nama SMP beserta tahunnya)

– (Nama SMA beserta tahunnya)

Pengalaman Organisasi

Kemampuan atau Skill

Microsoft Office
Photoshop
Canva

Tips Agar Curriculum Vitae Menarik Meski Tanpa Pengalaman Kerja

Mungkin bagi lulusan Sekolah Menengah Atas tidak begitu mengerti tentang CV. Apalagi tanpa memiliki pengalaman kerja apapun. Namun, bukan berarti Anda tidak dapat membuat Curriculum Vitae yang menarik perhatian tim rekrutmen.

Setelah mencari contoh CV Lulusan SMA, Anda juga harus memahami tentang tips-tips berikut. Agar setidaknya Anda akan mendapatkan sedikit gambaran mengenai Curriculum Vitae fresh graduate Sekolah Menengah Atas.

Baca juga: Contoh CV untuk seorang programer

  1. Tuliskan Data Diri dengan Jelas

Tentu saja yang paling penting untuk dimasukkan dalam CV fresh graduate SMA adalah data pribadinya. Misalnya nama lengkap, nomor HP, alamat email, dan tentunya alamat rumah. 

Apabila memiliki sosial media, khususnya Linkedin, cantumkan juga pada Curriculum Vitae Anda. Pastikan semua data Anda sudah benar. Pastikan juga nomor HP selalu aktif dan alamat email sudah benar, agar memudahkan HRD menghubungi Anda.

  1. Deskripsikan Diri Anda Sebaik Mungkin

Ceritakan tentang diri Anda dalam satu paragraf singkat. Pada bagian ini, tim rekrutmen akan mengenal pelamar sesuai dengan cara Anda mendeskripsikan diri. Maka dari itu, buatlah deskripsi diri yang mudah dipahami dan relevan dengan posisi yang dibutuhkan.

  1. Menonjolkan Skill

Bagian satu ini sangat penting bagi fresh graduate Sekolah Menengah Atas. Pasalnya, lulusan SMA tentu saja belum memiliki pengalaman kerja, jadi skill Anda akan sangat membantu. Anda dapat mencantumkan hard skill maupun soft skill.

  1. Memasukkan Hobi

Banyak pelamar yang menganggap mencantumkan hobi tidaklah penting. Padahal, hobi sebenarnya dapat dijadikan nilai tambah yang penting bagi para perekrut untuk lebih mengenal kepribadian pelamar. Apalagi bagi pelamar tanpa pengalaman kerja.

Baca juga:

  1. Menggunakan Pengalaman Organisasi maupun Kepanitiaan

Pengalaman-pengalaman saat masih dibangku sekolah, seperti bergabung dalam suatu organisasi maupun terlibat di suatu kepanitiaan merupakan salah satu hal yang dicari oleh tim rekrutmen. Mungkin Anda bertanya bagaimana bisa seperti itu?

Pada kenyataannya, dengan mengikuti organisasi Anda dapat mempelajari banyak keterampilan yang berkaitan dengan dunia kerja dan menunjukkan bahwa Anda mampu bekerja dalam tim. Maka dari itu, bagian satu ini harus ada dalam CV lulusan SMA.

Di era saat ini, lulusan SMA juga sudah banyak yang mencari pekerjaan. Alasannya cukup beragam, ada yang memang tidak ingin melanjutkan kuliah dan ada juga yang tidak mempunyai biaya untuk lanjut studi. Maka tidak heran banyak yang mencari contoh CV Lulusan SMA.

Bagikan Artikel: