10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

contoh CV programmer

Contoh CV Programmer Beserta Tips Membuatnya

Bila Anda ingin melamar kerja, ada beberapa contoh CV programmer yang dapat dijadikan referensi. Seperti kita ketahui, apabila kita ingin melamar sebuah pekerjaan, tentunya dibutuhkan CV.

Tujuannya tentu saja agar pihak HRD dapat mengetahui profil para calon pegawainya. Membuat CV bisa dibilang cukup mudah, namun dalam membuatnya Anda tidak boleh sembarangan.

Sebab CV itulah salah satu alasan yang membuat Anda diterima atau tidaknya di perusahaan tersebut. Apabila CV Anda menarik, pastinya pihak HRD akan langsung memanggil Anda.

Beberapa Tips Membuat CV Programer

Agar CV Anda dilirik oleh perusahaan, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam membuat CV. Di bawah ini beberapa tips yang harus diperhatikan, antara lain sebagai berikut :

  1. Tambahkan portofolio

Sebelum kita membahas tentang beberapa contoh CV programmer, kita perlu membahas dulu beberapa tips dalam membuatnya. Tips pertama dalam membuat CV, Anda perlu menambahkan portofolio.

Pada umumnya, seorang programmer mempunyai proyek personal untuk mencoba serta mengaplikasikan pengetahuannya di dunia coding. Contohnya seperti membuat aplikasi sendiri atau webpage. Publikasikan karya Anda di internet untuk mendapatkan recognition. 

  1. Pilihlah format CV Programer yang tepat

Perlu diketahui, untuk melamar kerja terdapat 3 format lamaran kerja. Umumnya, CV lamaran kerja menggunakan format kronologi, di mana pengalaman terakhir ditempatkan pada kolom bagian atas.

Tetapi untuk seorang programmer bisa menggunakan format CV fungsional yang lebih menonjolkan skill. Serta kemampuan yang dimiliki software engineer di CV. Maka dari itu, jangan salah dalam memilih format CV. 

  1. Cantumkan sertifikat pembelajaran 

Tips berikutnya yang perlu Anda ketahui sebelum membahas contoh CV programmer. Anda perlu mencantumkan sertifikat pembelajaran di dalam CV Anda. Bila Anda pernah mengambil online course.

Yang berhubungan dengan bahasa pemrograman, machine learning maupun analisis data, tambahkan kolom sertifikat dalam CV Anda. Hal tersebut dapat menjadi nilai plus serta bisa membuktikan kemampuan coding Anda.

  1. Gunakan desain serta layout CV yang cocok

Selain format, Anda juga harus memilih desain dan juga layout yang cocok untuk CV Anda. Ketika membuat CV, gunakan desain yang sederhana dan simpel, jangan gunakan warna mencolok.

Karena bila Anda menggunakan warna yang mencolok, akan dapat mengalihkan perhatian recruiter. Jangan lupa simpan atau download CV dalam bentuk PDF, sehingga bisa dibaca mesin ATS.

  1. Mengikuti internship atau hackathon

Hackthon merupakan acara yang mengumpulkan para software engineers, para programmer dan UI Desainer. Untuk mengembangkan kemampuan programing mereka. Hackthon ini berfokus pada pemecahan masalah, kolaborasi serta bekerja sama.

Selain itu, mencari pekerja magang sebagai seorang programmer juga bisa membantu Anda menerapkan serta mengasah kemampuan coding Anda. Dengan adanya pengalaman magang, mencari kerja menjadi seorang programmer akan lebih mudah. 

Berikut Ini Contoh CV Programmer

Tadi kita telah membahas tentang beberapa tips membuat CV programmer, kini kita akan membahas contohnya. Berikut ini beberapa contoh CV yang bisa dijadikan referensi, antara lain seperti :

  1. Contoh CV Software developer (java)

Contoh CV programmer yang pertama adalah sebagai software developer (java). Paling atas tulis nama “Maya Rahma” di sebelahnya ditulis “senior java programmer”. Tepat di bawahnya, tulis profil singkat Anda.

“Maya merupakan seorang programer handal yang sudah berpengalaman 9 tahun lebih menggunakan Java untuk mengamati aplikasi software perusahaan. Maya bahkan telah membuat 5 aplikasi lebih.”

Di bawah profil, tulis kontak yang bisa dihubungi “085666777889988”, “mayarahma.fb.com”. Setelah itu di bawahnya sertakan pengalaman kerja Anda. Kemudian riwayat pendidikan, tech stack, hard dan soft skill.

  1. Contoh CV Software engineer (full stack developer)

Contoh CV programmer yang berikutnya ialah sebagai full stack developer. Sama seperti tadi, namun bila ingin terlihat lebih interaktif, Anda dapat menambahkan foto diri Anda.

Paling atas tulis nama “Meta Melinda” di sebelahnya ditulis ” full stack developer “. Tepat di bawahnya ditulis alamat Anda serta kontak yang dapat dihubungi. “Malang, Indonesia”, “085666777889988”, “metamelindaaa.fb.com”.

Baru kemudian profil singkat atau kelebihan Anda. “saya adalah lulusan universitas ternama, mempunyai keahlian di bidang full stack developer, selain itu saya juga mengajar coding di waktu luang.”

Kemudian di bawahnya, sertakan skill, pengalaman kerja, proyek yang telah dikerjakan dan pendidikan. Untuk foto diri Anda, bisa diletakkan di bagian kanan atas. Jangan lupa gunakan foto berpakaian resmi.

Jadi bila Anda seorang programmer yang ingin melamar kerja, kini tidak perlu bingung lagi membuat CV. Sebab sudah ada beberapa contoh CV programmer yang bisa dijadikan referensi.

Bagikan Artikel: