10,000+ Loker Terbaru untuk Lulusan SD hingga S1

cara membuat CV programer

Cara Membuat CV Programer Menarik Perhatian Perusahaan

Tutorial dan cara membuat CV programer menjadi hal yang mulai banyak dibutuhkan masyarakat. Hal ini disebabkan karena lowongan kerja sebagai programer semakin besar. Apalagi disebabkan oleh perkembangan teknologi.

Setiap perusahaan kebanyakan membutuhkan posisi tersebut untuk melengkapi jabatan krusial. Sayangnya walau punya kemampuan web developer baik, tapi sulit membuat CV. Mungkin disebabkan juga sedikit pengalaman melamar kerja.

Pada dasarnya selalu ada persaingan ketat disertai dengan persyaratan yang rumit. Wajar apabila perusahaan berusaha mencari orang terbaik dalam posisi tersebut. Agar diterima dengan baik, harus profesional apabila membuatnya.

Curriculum Vitae bagi programer maupun posisi lainnya sebenarnya kurang lebih sama. Meski begitu tetap ada penawaran sekaligus kelengkapan harus dilengkapi dulu. Tujuannya agar lolos tahap pertama sampai bisa diterima kerja.

Cara Membuat CV Programer Dijamin Menarik Bagi Perusahaan

Jika Anda tidak pernah membuat CV bagi programer, jangan merasa mengalami kesulitan. Melainkan terdapat cara dan trik khusus bisa diikuti dengan baik. Pastikan selalu menarik dan mudah diterima pada perusahaan.

  1. Menambahkan Data Diri dan Kontak

Cara membuat CV programer pertama yakni selalu menambahkan data diri dan kontak. Pastinya Anda harus memasukkan nama, kontak sekaligus pernyataan personal. Hal ini dipakai sebagai gambaran diri sekaligus tujuan melamar.

Tidak ketinggalan perlu ada keterampilan, pendidikan dan pengalaman yang bersifat detail. Umumnya akan tambah baik apabila punya sertifikat programer profesional. Sertifikat ini bisa menunjukkan kalau Anda memang ahlinya.

  1. Menuliskan Keterampilan dan Pengalaman Kerja

Kewajiban untuk menuliskan keterampilan dan pengalaman kerja termasuk sebagai panduan krusial. Harus diketahui kalau perekrut selalu memilih kandidat dalam jumlah kecil. Tujuannya untuk dijadikan sebagai calon pengisi posisinya.

Dalam cara membuat CV programer, pastikan apabila bisa mendorong perekrut yakin. Anda harus menambahkan informasi setiap pencapaian dari pengalaman yang dimiliki. Rekruiter akan lebih tertarik jika Anda ahli dalam bekerja.

  1. Menambahkan Kepribadian

Pastikan supaya Anda bisa menambahkan kepribadian terutama gambaran yang bersifat positif. Perekrut tentunya menyukai pekerja dengan kepribadian yang paling menonjol. Pengalaman profesional baik tapi kepribadian harus baik.

Pada cara membuat CV programer, tentunya mampu menarik perhatian. Jangan hanya mengandalkan pengalaman pekerjaan belaka pada lamaran tersebut. Anda bisa memberi informasi mengenai hobi dan hal pribadi lainnya tapi secukupnya.

  1. Mencatat Hal yang Dibanggakan

Sebagai seorang pelamar kerja, perlu agar selalu mencatat hal yang dibanggakan diri sendiri. Kebanggaan seorang programer tentu disebabkan pengalaman dalam industri tersebut. Harus menambah keunggulan sehingga dipilih perusahaan.

Tentunya poin semacam ini perlu dimasukkan supaya memberi informasi bagi rekruiter. Tidak lain supaya lebih memahami bagaimana kemampuan Anda. Jadi, perekut akan meloloskan sehingga mudah untuk diterima dalam perusahaan.

  1. Harus Spesifik

Ketetapan supaya harus spesifik menjadi salah satu cara membuat CV programer paling akurat. Tentunya penting ada kewajiban agar penulisannya jelas dan spesifik. Pastikan menunjukkan peran saat melakukan posisi sebelumnya. 

Jangan lupa agar selalu memberikan beragam contoh pengalaman yang dimiliki. Selain itu harus memastikan dilakukan sangat spesifik sekaligus tidak membuat bingung. Jadi, pihak yang membaca curriculum vitae Anda bisa berhasil.

  1. Menulis Secara Logis dan Kronologis

Salah satu cara membuat CV programer terpenting lainnya yakni menulis logis dan kronologis. Informasi yang disebutkan pada bagian pertama sampai akhir harus benar. Hal ini dimaksudkan supaya perjalanan lebih logis.

Anda juga harus mengingat kalau perlu mencantumkan pengalaman sebaik mungkin. Tidak perlu menuliskan semuanya melainkan harus urut sehingga mudah dipahami rekruiter. Cantumkan juga secara relevan berdasarkan dengan posisi lamaran.

  1. Satu Lembar Cukup

Terakhir, perlu diingat membuat satu lembar sudah cukup. Panjang atau tidaknya cara membuat CV programer tergantung dengan pengalaman yang sudah dimiliki. Kalau baru sekitar 1-3 tahunan, tidak masalah hanya selembar.

Persaingan programer pemula dan berpengalaman pada dasarnya masih termasuk ketat. Terlebih walaupun sudah kuat pengalamannya, bukan berarti otomatis diterima kerja. Melainkan skill dan CV menarik harus dijadikan keutamaan.

Anda hanya membutuhkan selarik halaman Curriculum Vitae saja apabila ingin diterima. Kualitas dan isinya harus bagus sekaligus menarik perhatian bagi rekruiter. Penting memasukkan setiap jenis bagian terpenting di dalamnya.

Tentunya perlu ada informasi kontak, ringkasan, pengalaman kerja, pendidikan, skill dan sebagainya. Harus diingat kalau menjadi penentu kelolosan tahap pertama. Jadi, cara membuat CV programer membantu menuju tahapan selanjutnya.

Bagikan Artikel: