contoh application letter

Contoh Application Letter untuk Digunakan Melamar Kerja

Sedang mencari contoh application letter dalam bahasa Inggris untuk digunakan melamar kerja? Jika iya, sebaiknya pahami dahulu apa itu application letter serta bagaimana struktur dan cara membuatnya dengan baik dan benar.

Jika sudah memahami apa itu definisi serta strukturnya, Anda akan bisa membuat sendiri surat aplikasi untuk melamar kerja. Oleh karena itu, contoh surat lamaran lain dari berbagai sumber bisa dijadikan sebagai referensi untuk belajar membuat application letter sendiri.

Semakin baik suratnya, maka semakin besar juga peluang Anda untuk diterima bekerja di sebuah perusahaan. Oleh karena itu, pastikan untuk menulis surat lamaran Anda sebaik mungkin agar peluang dilirik HRD juga semakin besar.

Baca juga: Cara mengirim lamaran lewat pos

Sekilas Tentang Apa Itu Application Letter (Surat Lamaran)

Sebelum menyimak contoh application letter, sebaiknya ketahui dahulu apa definisinya. Pada dasarnya, application letter merupakan surat yang ditulis oleh seseorang yang ingin melamar pekerjaan ke sebuah perusahaan.

Surat ini biasanya ditujukan kepada pihak HRD (Human Resource Development) atau pihak yang bertanggung jawab dalam proses rekrutmen. Biasanya, suratnya disertakan bersama berkas lampiran seperti CV, portofolio, atau dokumen persyaratan lainnya.

Sebagai berkas lamaran, application letter harus ditulis sebaik dan sedetail mungkin. Secara umum, struktur lengkap dari contoh application letter yang baik dan benar adalah sebagai berikut:

  1. Pembuka yang sopan dan menyebutkan target posisi yang dilamar
  2. Penjelasan mengapa seseorang ingin bekerja di perusahaan tersebut dan mengapa ia cocok untuk posisi tersebut
  3. Riwayat pendidikan dan pengalaman kerja relevan dengan target posisi
  4. Penutup menggunakan bahasa sopan dan menyebutkan kontak untuk dihubungi

Baca juga: Cara mengirim lamaran lewat linkedin

Contoh Application Letter Berbahasa Inggris untuk Digunakan Melamar Kerja

Setelah memahami definisinya, Anda bisa berlatih menulis surat lamaran sendiri melalui berbagai contoh dari beragam sumber. Sebagai referensi, berikut ini adalah contoh surat application letter dalam bahasa Inggris beserta artinya untuk Anda pelajari.

  1. Contoh Application Letter Berbahasa Inggris

[Nama HRD/Tim Rekrutmen],

[Posisi]

[Nama perusahaan dan alamatnya]

Dear Mrs. [Nama HRD/Tim Rekrutmen],

I am writing to express my interest in the [Nama Posisi] at [Nama Perusahaan]. I came across the job listing on [Contoh: LinkedIn atau Media Sosial] and I believe that my skills and experience make me an ideal candidate for this role.

I have [Jumlah Lama Waktu Pengalaman Kerja] of experience in [Bidang Pekerjaan] and have developed a strong skill set in [Skill terkait Posisi].

My experience includes working on [Sebutkan Proyek Sebelumnya], where I was able to demonstrate my ability to [Sebutkan Pencapaian]. I am confident that my skills and experience make me a strong candidate for the position.

I am particularly drawn to [Nama Perusahan] because of its reputation for [Alasan Lainnya]. I am excited about the opportunity to work with such a reputable company and contribute to its continued success.

I am available for an interview at your convenience and would welcome the opportunity to discuss my qualifications further. Please feel free to contact me at [Nomor Telepon] or [Alamat Email]. Thank you for considering my application.

Sincerely,

[Nama Anda]

  1. Terjemahan Contoh Application Letter

[Nama HRD/Tim Rekrutmen],

[Posisi]

[Nama perusahaan dan alamatnya]

Untuk Mrs. [Nama HRD/Tim Rekrutmen],

Saya tertarik pada [Nama Posisi] di [Nama Perusahaan]. Saya menemukan info lamaran ini di [Contoh: LinkedIn atau Media Sosial], dan dengan keterampilan dan pengalaman saya, saya percaya bahwa saya adalah kandidat ideal.

Saya memiliki pengalaman selama [Jumlah Lama Waktu Pengalaman Kerja] di bidang [Bidang Pekerjaan] dan sudah memiliki skill yang kuat seperti [Skill terkait Posisi].

Pengalaman saya meliputi [Sebutkan Proyek Sebelumnya], di mana saya berhasil [Sebutkan Pencapaian]. Dengan keterampilan dan pengalaman saya, saya yakin bahwa saya adalah kandidat ideal.

Saya tertarik pada [Nama Perusahan] karena reputasi serta [Alasan Lainnya]. Saya sangat tertarik untuk berkontribusi pada perusahaan ini.

Saya siap mengikuti wawancara sesuai keinginan perusahaan untuk mendiskusikan kualifikasi saya lebih lanjut. Saya dapat dihubungi via [Nomor Telepon] atau [Alamat Email]. Terima kasih atas pertimbangannya

Salam,

[Nama Anda]

Selama surat Anda sudah sesuai dengan format dan struktur application letter, maka surat Anda akan direspon dengan baik oleh perusahaan. Sebagai panduan, contoh Application Letter beserta terjemahannya di atas bisa menjadi referensi.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!