Cara menjumlahkan di excel

Cara Menjumlahkan di Excel yang Bisa Dicoba

Cara menjumlahkan di excel nampak menjadi suatu hal yang menyulitkan. Pemahaman tersebut sebenarnya merupakan kesalahan. Itu karena, cara menjumlahkan yang tersedia di excel sendiri sebenarnya bervariasi.

Nantinya Anda perlu menyesuaikan cara yang digunakan dengan kebutuhan pribadi. Perlu diketahui, ini merupakan standar yang wajib dipenuhi ketika ingin bekerja pada posisi administrasi. Memang kebanyakan proses administrasi menggunakan rumus lebih rumit.

Hanya saja rumus penjumlahan ini sifatnya dasar. Anda pasti kesulitan dalam memahami rumus administrasi yang lebih rumit jika rumus dasar ini saja tidak dipahami. Perlu diketahui, cara menjumlahkan di excel sendiri variasinya sangat banyak.

Pada kesempatan kali ini, akan diberikan beberapa opsi menjumlahkan yang bisa dipilih. Nantinya Anda bisa menyesuaikan opsi tersebut dengan kebutuhan. 

Cara Menjumlahkan di Excel Paling Dasar

Hal pertama yang akan dilakukan ada cara menjumlahkan di excel paling dasar. Ini adalah jenis paling mudah karena penjumlahan hanya dilakukan antara angka dengan angka. Untuk melakukannya, berikut beberapa tahap yang perlu dilalui.

  1. Klik Sel

Langkah awal dalam penjumlahan dasar di sini adalah melakukan klik sel. Sel yang perlu diklik adalah sel kosong tempat di mana penjumlahan akan dilakukan. Nantinya hasil penjumlahan juga akan terlihat pada sel tersebut.

  1. Tanda =

Setelah sel diklik, langkah selanjutnya adalah memasukkan tanda =. Ini adalah tanda yang ada pada excel dan berguna untuk menuliskan fungsi. Intinya semua fungsi atau rumus pada excel perlu diawali dengan tanda tersebut.

  1. Ketik Angka

Langkah selanjutnya langsung saja ketikkan angka setelah tanda = tersebut. Nantinya antara angka yang ditambahkan, Anda cukup menambahkan tanda +. Sebagai contoh, Anda bisa menuliskan =9+2 untuk menambahkan angka 9 dan 2.

Ini sebenarnya mirip dengan penjumlahan yang dilakukan pada umumnya. Hanya saja cara menjumlahkan di excel ini menempatkan tanda sama dengan di belakang. Biasanya tanda sama dengan sendiri memang lebih umum ditempatkan di depan.

  1. Enter

Langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah klik enter. Dengan melakukan klik enter, penjumlahan yang sebelumnya dilakukan akan langsung memunculkan hasil. Nantinya rumus yang sebelumnya dibuat tidak akan terlihat lagi.

Jika ingin mengubah penjumlahan tersebut, Anda bisa kembali ke rumus dan klik bagian mana yang ingin diubah.

Baca juga: Cara menguasai rumus hlookup excel

Cara Menjumlahkan di Excel Antar Sel

Cara menjumlahkan berikutnya sedikit lebih rumit. Pada cara ini, penjumlahan dilakukan antar sel. Oleh karena itu, Anda tidak perlu memasukkan angka secara manual seperti yang dijelaskan sebelumnya. Tahapannya sendiri adalah sebagai berikut.

  1. Klik Sel

Langkah awal yang perlu dilakukan adalah melakukan klik sel. Sama seperti sebelumnya, sel yang diklik adalah tempat di mana hasil penjumlahannya ingin terlihat.

  1. Tanda =

Selanjutnya adalah masukkan tanda =. Tanda ini sendiri berfungsi untuk memasukkan fungsi ke dalam kolom tersebut.

  1. Klik Sel

Saat tanda = sudah ditambahkan, langsung klik CTRL dan klik sel mana yang ingin dijumlahkan. Nantinya setelah diklik, sel tersebut akan muncul di sel yang awalnya diklik. Dari sana tambahkan tanda + dan klik sel lain.

  1. Enter

Jika semua sel sudah dimasukkan, Anda tinggal klik enter. Nantinya hasil dari penjumlahan tersebut akan terlihat pada sel tersebut.

Cara Menjumlahkan di Excel Memakai SUM

Cara menjumlahkan terakhir yang akan dijelaskan adalah dengan menggunakan rumus. Rumus yang digunakan sendiri adalah rumus SUM. Ini digunakan untuk menjumlahkan banyak sel sekaligus.

  1. Klik Sel

Pada langkah awal, Anda bisa melakukan klik pada sel kosong terlebih dahulu. Di sini pilih saja sel yang ingin memunculkan hasil penjumlahan.

Baca juga: Cara menguasai rumus vlookup excel

  1. Ketik =SUM

Selanjutnya adalah mengetik =SUM. Pengetikan ini ditujukan sebagai rumus penjumlahan sekaligus. Jangan lupa untuk menambahkan ‘(‘ atau kurang buka setelah rumus tersebut.

  1. Sorot Sel

Nantinya Anda tinggal menyorot semua sel yang ingin ditambahkan. Ketika semua sel sudah disorot, langsung saja tambahkan kurung tutup atau ‘)’ sebagai penutup.

  1. Enter

Pada tahap akhir, Anda tinggal klik enter pada sel tersebut. Nantinya hasil penjumlahan akan otomatis terlihat.

Pastikan untuk tidak asal ketika melakukan penjumlahan. Sesuaikan caranya agar proses penjumlahan tidak membuat Anda merasa kesulitan. Lagipula ada banyak cara menjumlahkan di excel yang bisa dipilih.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Seluruh informasi yang ada pada artikel ini dibuat semata-mata untuk memberikan pengetahuan yang bersifat umum. Dapatkan berbagai informasi terkait melamar pekerjaan agar lamaran kerja Anda sukses diterima perusahaan.

Temukan lowongan kerja yang paling sesuai dengan pengalaman dan skill yang Anda miliki di Pintarnya. Download pintarnya melalui link ini, dan temukan puluhan ribu perusahaan terverifikasi pasang loker gratis tanpa batas di Pintarnya.