Cara menguasai rumus hlookup excel

Cara Menguasai Rumus Hlookup Excel Paling Cepat

Cara menguasai rumus hlookup excel sekarang sudah seperti kebutuhan. Banyak orang di luar sana yang mencoba mempelajarinya karena berbagai kebutuhan. Salah satu kebutuhan yang paling berhubungan dengan hal ini berkaitan dengan pekerjaan.

Menguasai rumus hlookup ini sudah seperti syarat wajib untuk mereka yang ingin bekerja di bidang admin. Biasanya syarat menguasai rumus hlookup ini diberikan bersamaan dengan syarat harus menguasai rumus vlookup. 

Kedua rumus tersebut sebenarnya tidak terlalu rumit. Hanya saja keberadaannya cukup vital ketika ingin melakukan pendataan. Apabila belum mengetahuinya, sulit untuk membuat sheet excel yang benar-benar efektif dalam pendataan.

Cara Menguasai Rumus Hlookup Excel Mudah

Rumus hlookup excel sebenarnya tidak berbeda jauh dengan rumus vlookup. Keduanya sangat mirip sehingga Anda yang sudah menguasai vlookup pasti tidak akan kesulitan ketika ingin menguasai hlookup. 

Perbedaan keduanya hanya terlihat pada pemilihan nilai dalam tabel. Jika vlookup mencari nilai dengan disesuaikan pada baris tabel, hlookup mencari nilai dengan disesuaikan pada kolom tabel. 

H pada hlookup sendiri merupakan kepanjangan dari horizontal sehingga wajar jika keberadaannya mengacu pada kolom. Dengan perbedaan yang minim tersebut, wajar jika cara menguasai rumus hlookup excel tidak akan sulit bagi yang sudah menguasai vlookup.

Untuk menguasai rumus ini, ada beberapa langkah yang perlu dilalui. Langkahnya sendiri akan dijelaskan secara rinci pada kesempatan kali ini. Oleh karena itu, langsung saja berikut ulasannya secara lengkap.

  1. Pahami Rumus

Hal pertama yang wajib dilakukan saat membahas cara menguasai rumus hlookup excel berkaitan dengan sintaks fungsi atau rumusnya. Anda perlu memahami rumus tersebut terlebih dahulu karena rumusnya nanti akan digunakan untuk mencari data.

Secara mudah, rumus hlookup adalah sebagai berikut : HLOOKUP(A;B;C;D). Keempat bagian yang dibagi dengan A, B, C, dan D tidak bisa dipisahkan antara satu sama lain. 

Baca juga: Cara menguasai rumus vlookup excel

  1. Apa Itu A?

A di sini mengacu pada nilai yang dicari dalam tabel. Normalnya nilai ini yang akan menjadi acuan ketika melakukan pengecekan terhadap baris tabel. 

Namun nilai di sini perlu diisi dengan kolom di mana nilai tersebut akan diulang. Nantinya saat pengulangan dilakukan, kedua nilai tersebut akan terhubung.

  1. Apa Itu B?

B sendiri adalah nilai untuk tabel referensi. Tabel referensi ini mengacu pada tabel mana yang akan digunakan untuk mencari nilai. 

Dalam cara menguasai rumus hlookup excel, Anda bisa bebas memilih tabel yang mana saja. Tidak ada patokan khusus di mana tabel tersebut harus berada pada satu sheet. Itu karena, Anda bisa saja menggunakan tabel di sheet lain. 

  1. Apa Itu C?

C nantinya mengacu pada nomor kolom dari tabel. Nantinya ini hanya diisi dengan angka apakah nilai yang diinginkan berada pada kolom 1, 2, 3, dan seterusnya. Pemilihan nomor kolom sendiri tidak mengikuti angka yang diperlihatkan oleh kolom excel.

Nantinya ini murni mengikuti angka dari tabel sehingga bagian paling atas tabel merupakan kolom nomor satu. 

  1. Apa Itu D?

Untuk D sendiri nantinya diisi dengan TRUE atau FALSE. TRUE di sini mengacu pada kecocokan yang paling mendekati.

Sedangkan untuk false, ini mengacu pada kecocokan yang mutlak. Nantinya hasil akan eror apabila kecocokan tidak ditemukan.

  1. Coba Sendiri

Langkah berikutnya dalam cara menguasai rumus hlookup excel berkaitan dengan proses percobaan. Rumus di atas pasti akan membingungkan jika Anda belum pernah mencobanya langsung.

Oleh karena itu, penting untuk mencobanya sendiri dalam suatu keperluan. Coba saja gunakan rumus tersebut untuk menghubungkan data dari satu kolom ke kolom yang lain.

Ada banyak orang yang menjalankan cara menguasai rumus hlookup excel dan kesulitan pada percobaan pertama karena mengalami error. Jika itu terjadi, langsung saja lanjutkan ke tahap berikutnya.

Baca juga: Cara belajar excel untuk pemula

  1. Yang Perlu Dilakukan Jika Error

Kondisi error bisa saja terjadi ketika mencoba menguasai rumus hlookup excel. Normalnya error ini berkaitan dengan pengisian poin D.

Dalam cara menguasai rumus hlookup excel, poin D yang diisi FALSE akan membuat hasilnya mutlak. Jika data pada tabel tidak ada yang sama persis dengan nilai pada kolom, kondisi error tersebut akan muncul.

Oleh karena itu, penting untuk memastikan kalau keberadaan datanya tersedia. Lakukan saja pengecekan ulang jika error terjadi atau ubah poin D menjadi TRUE agar mencari data yang mendekati.

Pastikan untuk serius dalam mempelajari rumus hlookup. Jika tidak serius, cara menguasai rumus hlookup excel di atas tidak akan membuahkan hasil seperti harapan.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!