Cara Menguasai Rumus Vlookup Excel

Cara Menguasai Rumus Vlookup Excel dengan Mudah

Pada kesempatan kali ini, kita akan bahas bagaimana Cara Menguasai Rumus Vlookup Excel Dengan Mudah. Vlookup (Vertical Lookup) sendiri ialah salah satu rumus Excel yang digunakan penggunanya.

Untuk mencari nilai dari 1 kolom data pada tabel sumber. Lalu mengembalikan nilai dari kolom lain. Misalkan ingin mencari data gaji karyawan berdasarkan NIK atau harga barang menggunakan kode barang.

Caranya sebenarnya tidak rumit, namun ternyata masih banyak pengguna yang belum mengetahui bagaimana cara menggunakan Vlookup. Dan di dalam artikel kali ini kita akan membahasnya.

Cara Menguasai Rumus Vlookup Excel Mudah

Seperti telah dibahas sebelumnya, menggunakan Vlookup ini cukup mudah, hanya banyak orang masih bingung menggunakannya. Di bawah ini beberapa cara menguasai rumus Vloopun, antara lain sebagai berikut :

  1. Belajar Memakai Vlookup Sederhana

Cara Menguasai Rumus Vlookup Excel yang pertama, belajarlah menggunakan Vlookup Sederhana. Kita akan coba mengisi besaran gaji para karyawan berdasarkan golongan mereka menggunakan rumus Vlookup, berikut langkah-langkahnya :

  • Pertama buka Microsoft Excel
  • Ketikkan =VLOOKUP pada kolom Gaji di Tabel B
  • Kemudian klik kolom Golongan karyawan yang nanti akan diisi gajinya dan tambahkan tanda “;”. Sehingga di kolom H2, akan terlihat rumus VLOOKUP menjadi “=VLOOKUP(G2; ”
  • Lalu Blok data pada tabel A
  • Setela itu sisipkan tanda $ pada angka serta nomor kolom agar dapat didrag ke bawah, dan beri tanda “;”. Rumus nanti akan terlihat menjadi =VLOOKUP(G2;$A$2:$C$4;.
  • Berikutnya tambahkan angka 2 dan tanda “;” pada rumus, jadi akan menjadi =VLOOKUP(G2;$A$2:$C$4;2. Ini disebabkan karena yang akan dicari ialah gaji, dan gaji berada di kolom ke 2 pada tabel A
  • Selanjutnya tambahkan FALSE dan tutup rumus dengan tanda ) kemudian tekan enter. Tampilan akhir dari rumus akan menjadi =VLOOKUP(G2;$A$2:$C$4;2;FALSE).

Baca juga: Cara belajar excel untuk pemula

  1. Belajar Memakai Vlookup dengan Sheet yang Berbeda

Cara Menguasai Rumus Vlookup Excel berikutnya, kita akan belajar memakai vlookup dengan sheet yang berbeda. Bisakah menggunakan rumus Vlookup dengan lokasi sheet yang berbeda? Tentunya bisa! 

Simak contoh berikut ini dalam pembuatan nilai rapor. Hal yang berbeda dari kondisi ini ialah Anda perlu mendeklarasikan nama tabel. Simak baik-baik berikut tutorialnya, antara lain :

  • Buka aplikasi Excel lalu buka buku sheet baru atau file yang sebelumnya sudah ada
  • Pada sheet pertama, buat tabel bernamakan Rekap Nilai Rapor yang berisi 6 kolom dengan nama kolom sesuai kebutuhan Anda. Misal bagian kolom horizontal di isi nomor absen, nama dan beberapa mata pelajaran. Dan kolom vertical di isi nomor absennya.
  • Setelah itu pada sheet kedua, ketiga dan seterusnya deklarasikan nama tabelnya. Caranya dengan seleksi data di table, kemudian klik kanan lalu pilih Define New Name.
  • Berikutnya berikan rumus Vlookup pada sheet Rekap Nilai. Pertama-tama di kolom Matematika, masukkan rumus =VLOOKUP(A4;MTK;2;FALSE)
  • Terakhir lakukan ulang langkah-langkah tadi untuk mengisi kolom Nilai mata pelajaran lainnya, seperti Biologi, Fisika dan sebagainya
  1. Belajar Memakai Vlookup Dengan Nilai yang Mendekati

Cara Menguasai Rumus Vlookup Excel selanjutnya, kita akan belajar memakai vlookup dengan nilai yang mendekati. Biasanya hal ini dipakai untuk menentukan kelompok nilai dari besaran angka tertentu. 

Contohnya seperti mencari nilai akhir mahasiswa berdasar poin yang sudah dikumpulkan. Di bawah ini beberapa langkah yang bisa diikuti untuk membuatnya, antara lain sebagai berikut :

  • Ketikkan =VLOOKUP( di kolom Nilai Akhir pada Tabel B.
  • Kemudian klik jumlah poin yang diperoleh mahasiswa tersebut, lalu tambahkan tanda “;”. Tampilan rumus menjadi =VLOOKUP(G2;.
  • Setelah itu blok tabel yang dipakai acuan nilai pada Tabel A.
  • Sisipkan tanda $ di huruf serta angka agar dapat didrag ke bawah. Berikutnya tambahkan tanda “;”. Tampilan rumus menjadi =VLOOKUP(G2;$A$2:$B$5;.
  • Tambahkan angka 2 serta tanda “;” ke dalam rumus. Hal tersebut disebabkan karena nilai berada pada kolom ke 2. Tampilan rumus menjadi =VLOOKUP(G2;$A$2:$B$5;2.
  • Tambahkan TRUE lalu tutup formula VLOOKUP. Tampilan akhir rumus menjadi =VLOOKUP(G2;$A$2:$B$5;2;TRUE).
  • Hasilnya Excel akan otomatis melakukan pembulatan ke kelompok nilai terdekat serta menentukan nilai yang paling sesuai. 
  • Pastikan rentang nilai di dalam tabel pembanding ditulis dari paling kecil ke besar, sebab rumus ini akan mencari nilai paling sesuai dari atas ke bawah.

Baca juga: Rekomendasi kursus digital marketing

  1. Belajar memakai Vlookup dengan File yang Berbeda

Cara Menguasai Rumus Vlookup Excel selanjutnya, kita akan belajar memakai Vlookup dengan File yang Berbeda. Tidak hanya bisa dipakai untuk sumber data di sheet yang berbeda. 

Tetapi rumus Vlookup ini juga bisa dipakai pada sumber data dari file Excel yang berbeda. Berikut ini langkah-langkah yang bisa dipraktikkan, antara lain sebagai berikut :

  • Pertama, tuliskan formula Vlookup seperti biasa hingga poin nilai acuan. Tampilan rumus menjadi =VLOOKUP(A4;.
  • Lalu buka file Excel di mana file tabel pembanding berada dan juga blok data yang akan dipakai. Tampilan rumus nanti menjadi, =VLOOKUP(A4;'[Nilai Matematika Siswa.xlsx]Sheet1′!$B$2:$B$7.
  • Lalu lanjutkan formula dengan parameter 2;FALSE ke dalam rumus tersebut dan tutup formula Vlookup. Maka rumusnya menjadi, =VLOOKUP(A4;'[Nilai Matematika Siswa.xlsx]Sheet1′!$B$2:$B$7; 2;FALSE).
  • Terakhir drag ke bawah untuk bisa memperoleh hasil yang sama pada setiap siswa yang terdapat di dalam tabel. 

Dengan memahami beberapa rumus di atas, kini Anda tidak perlu bingung lagi menggunakan rumus Vlookup. Karena sudah ada beberapa Cara Menguasai Rumus Vlookup Excel yang mudah dikuasai.


Cek Lowongan Kerja Paling Sesuai Untuk Anda di Pintarnya

Cek lowongan kerja yang paling sesuai dengan kualifikasi Anda sekarang juga di Pintarnya. Terdapat ribuan lowongan kerja di Pintarnya mulai dari lowongan kerja untuk lulusan SD, SMP, SMA & SMK hingga lowongan kerja untuk kerja sampingan atau freelance.

Download dan Lamar Kerja di Pintarnya dengan Cara:

1. Cari dan Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai
2. Klik Tombol "Lamar"
3. Pastikan CV Yang Anda Miliki Sudah Direview Kembali
4. Anda juga bisa memperbaharui CV dengan Klik tombol "Review CV dulu"
5. Buat Perekrut/HRD Lebih Tertarik dengan Menjawab Beberapa Pertanyaan
6. Jika Sudah, Lamaran Pekerjaanmu Telah Berhasil dikirimkan ke Rekruter
7. Pantau terus status lamaran pekerjaanmu untuk informasi Selanjutnya

Mudah bukan? Lamar di Pintarnya Sekarang!